5 Tugas Admin Marketplace dan Skill yang Dibutuhkan

by Fanny
tugas admin marketplace

Pernah nggak ingin membeli suatu produk di marketplace dan Sobat MEA ingin menanyakan detail produk kepada penjual? Nah, ketika Sobat MEA mengirimkan pesan kepada penjual, yang menjawab segala pertanyaan tersebut belum tentu penjual aslinya, loh. Namun pertanyaan kamu pasti akan dijawab oleh seorang admin marketplace.

Tentunya Sobat MEA akan merasa senang dan terbantu dengan jawaban jelas yang diberikan oleh admin marketplace tersebut, bukan? Itulah mengapa sebagian besar orang menganggap bahwa tugas admin marketplace hanya menjawab pertanyaan dan membalas pesan saja. Padahal pekerjaan admin marketplace lebih dari itu.

Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membagikan apa saja tugas admin marketplace dan apa saja keahlian yang diperlukan untuk menjadi seorang admin. Yuk simak!

Table of Contents

5 Tugas Admin Marketplace

Mau tau tips jualan online sampai berhasil closing?
Gabung ke komunitasnya sekarang dan dapatkan ilmu dari Coach berpengalaman di sini. Gratis!

Pada dasarnya, admin marketplace adalah seseorang yang memberikan pelayanan terkait produk kepada konsumen di platform e-commerce. Jadi, tugas admin marketplace memang berhubungan langsung dengan konsumen dan menyampaikan kebutuhannya kepada perusahaan. 

Seorang admin marketplace dapat disebut jembatan antara konsumen dan perusahaan. Selain menjadi jembatan, berikut adalah tugas-tugas admin marketplace yang lainnya:

1. Memberikan Informasi Terkait Produk

2. Cek Ketersediaan Barang

perbedaan marketplace dan ecommerce

Tugas admin marketplace berikutnya adalah mengatur pesanan masuk yang berkaitan juga dengan ketersediaan barang. Contohnya, ketika Sobat MEA berbelanja di marketplace, pasti akan ada informasi ketersediaan produk, bukan? 

Nah admin marketplace harus selalu memastikan update perubahan stok produk yang ada. Dengan begitu, Sobat MEA tidak akan bingung ketika konsumen ingin membeli suatu produk namun ternyata stoknya sudah habis.

Admin marketplace juga harus memantau barang yang masuk. Seperti misalnya ada barang yang datang dari produsen atau distributor, maka admin marketplace perlu menyortir dan menghitungnya untuk kemudian dapat melakukan update stok produk di toko.

3. Merekap Pesanan yang Masuk

tugas admin marketplace

Karena Sobat MEA perlu melakukan pembaruan terhadap stok produk, maka tugas admin marketplace berikutnya adalah perlu melakukan rekap pesanan yang masuk. Dengan begitu, Sobat MEA sebagai admin marketplace akan mengetahui jumlah barang yang keluar-masuk, omzet dalam satu bulan, dan memastikan produk yang dipesan oleh konsumen sudah benar atau belum.

4. Mengorganisir Tampilan Produk di Marketplace

Pekerjaan admin marketplace berikutnya adalah mengorganisir feeds atau tampilan produk yang ada di marketplace. Tugas ini bertujuan untuk menarik perhatian pembeli karena hal pertama yang dilihat pembeli dari suatu barang adalah foto produknya. Jadi Sobat MEA bisa memilih foto produk yang paling jelas dan menarik.

5. Mengunggah Foto dan Informasi Produk

Tugas admin marketplace berikutnya adalah Sobat MEA perlu mengunggah foto produk dan informasi lengkap mengenai produk tersebut. Seperti misalnya saja ada update mengenai varian atau ukuran tambahan. Sobat MEA juga bertugas untuk mengunggah setiap produk baru yang diluncurkan ke marketplace.

5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Admin Marketplace

tugas admin marketplace

1. Keterampilan Mengoperasikan Ms Office

Karena menjadi admin marketplace akan berkerja dengan data produk, maka Sobat MEA harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan Ms Office dasar seperti Ms Excel dan Ms Word. Dengan begitu, rekapan data yang dibuat akan lebih mudah untuk dibaca dan diperiksa kembali.

2. Kemampuan Komunikasi yang Baik

tugas admin marketplace

Sobat MEA juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik mengingat Sobat MEA adalah jembatan antara konsumen dengan perusahaan. Dengan kemampuan berbicara dan menulis yang baik, informasi yang Sobat MEA berikan akan dipahami dengan lebih mudah. Pastikan juga Sobat MEA selalu melayani konsumen dengan ramah untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan konsumen.

3. Jujur dan Teliti

Sebagai admin marketplace yang berurusan dengan jumlah keluar-masuk barang, maka Sobat MEA juga perlu menjadi pribadi yang teliti dan jujur. Dengan begitu Sobat MEA tidak akan kesulitan mengerjakan laporan dan update produk dalam menjalankan tugas admin marketplace.

4. Menguasai Transaksi Online

tugas admin marketplace

Pertanyaan yang datang dari konsumen tidak hanya mengenai produk saja, namun juga terkait pembayaran. Tentunya bukan hal yang mengejutkan ketika konsumen mengalami masalah atau kendala dalam bertransaksi. 

Untuk itu sebagai admin marketplace, Sobat MEA perlu menguasai berbagai jenis transaksi online agar dapat membantu konsumen dan mencegah perusahaan dari kerugian.

5. Memiliki Kecerdasan Emosional

Tugas admin marketplace yang beragam dan perlu menghadapi berbagai jenis konsumen akan terasa cukup melelahkan. Hal ini bisa mempengaruhi mood Sobat MEA sebagai admin marketplace. Oleh karena itu, Sobat MEA perlu memiliki kecerdasan emosional agar tetap bisa memberikan pelayanan yang terbaik.

You may also like

Leave a Comment