4 Langkah Cara Menonaktifkan Terakhir Dilihat di IG. Wajib Tahu!

by Bagus Alhadi
cara menonaktifkan terakhir dilihat di ig

Cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG ini sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan pengguna Instagram. Mungkin Sobat MEA  juga merasakan bahwa ranah privasi di sosial media itu penting untuk didapat. Karena itu, fitur terakhir dilihat di Instagram ini cukup mengganggu privasi pengguna.

Walaupun Instagram dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antar-pengguna, namun sebagian pengguna merasa perlu menjaga privasi mereka. Solusinya, beberapa orang memilih untuk menyembunyikan status aktivitasnya dengan cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG atau biasa disebut dengan fitur Last Seen.

Untuk sebagian pengguna, keberadaan fitur Last Seen mungkin bermanfaat dalam melacak waktu terakhir seseorang online. Namun, ada beberapa pengguna lainnya yang enggan membagikan informasi tersebut kepada orang lain karena dianggap sebagai bagian dari hak privasinya.

Maka dari itu, di artikel ini Sobat MEA akan disuguhkan informasi mengenai cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG dengan pembahasan yang singkat dan mudah dimengerti. Simak artikelnya sampai bawah ya.

Table of Contents

Mengenal Fitur Last Seen Instagram

Mau belajar jadi content creator sukses di Instagram?
Saatnya gabung di Komunitas Content Creator MEA sekarang juga. GRATIS!

Sebelum kita membahas tentang cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG, alangkah baiknya kita mengenal dulu fitur Last Seen ini.

Adanya fitur ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Terutama karena Instagram sering digunakan untuk keperluan bisnis. Biasanya, pelanggan berharap mendapat respon cepat dari akun bisnis yang mereka hubungi.

Perlu diingat bahwa jika mematikan fitur ini, Sobat MEA juga tidak akan dapat melihat kapan orang lain terakhir kali aktif. Sebelumnya, status di bawah pesan langsung hanya menunjukkan apakah pesan terakhir sudah dilihat atau belum.

4 Langkah Cara Menonaktifkan Terakhir Dilihat di IG

Mau dapat cuan dari Instagram lewat Shopee Affiliate?
Dapatkan komisi up to 30% dengan gabung ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui apa itu fitur Last Seen di Instagram, sekarnag saatnya kita membahas cara menonaktifkannya. Berikut adalah cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG dengan mudah yang wajib Sobat MEA tahu:

1. Buka Aplikasi Instagram dan Navigasi ke Profil

Pertama, masuk ke aplikasi Instagram dan arahkan ke menu Profil atau akun milik Sobat MEA.

2. Akses Pengaturan dan Privasi

Selanjutnya, ketuk ikon Tiga Garis yang terletak di pojok kanan atas menu Profil. Pilih opsi Pengaturan dan Privasi dari daftar yang muncul.

3. Pilih Pesan dan Balasan Cerita > Tampilkan Status Aktivitas

Langkah berikutnya, geser layar ke bawah hingga Sobat MEA menemukan opsi Pesan dan Balasan Cerita. Ketuk, dan kemudian pilih Tampilkan Status Aktivitas.

4. Nonaktifkan Last Seen Instagram

Terakhir, perhatikan tombol Tampilkan Status Aktivitas. Jika tombol ini menyala atau berwarna biru, itu berarti fitur Last Seen sedang aktif. Ketuk tombol tersebut untuk mematikannya dan menonaktifkan Last Seen di Instagram.

Perlukah Menjaga Status Aktivitas di Instagram?

cara menonaktifkan terakhir dilihat di ig

Sementara itu, mematikan status aktivitas memberi Sobat MEA keleluasaan untuk menggunakan Instagram tanpa diketahui orang. Dengan begitu, Sobat MEA dapat merespons pesan langsung hanya saat waktu luang, tanpa merasa diawasi selama penggunaan aplikasi.

Dengan cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG, tentunya Sobat MEA tidak akan bisa lagi melihat status aktivitas orang lain di akun Sobat MEA itu sendiri.

Tetap Jaga Privasi di Sosial Media

cara menonaktifkan terakhir dilihat di ig

Melindungi privasi di media sosial bisa merupakan hal yang sangat penting, kecuali jika Sobat MEA memutuskan untuk membuat akun yang minim aktivitas atau dikunci untuk akses publik, hanya dapat diakses oleh teman-teman.

Jika Sobat MEA sudah mengirim pesan kepada teman dan ingin menghindari agar aktivitas status tidak terlihat oleh orang lain, Sobat MEA dapat mematikan Last Seen melalui pengaturan akun. Dengan cara menonaktifkan terkahir dilihat di IG ini, Sobat MEA bisa menikmati privasi saat menggunakan aplikasi Instagram dengan tenang

Nah itulah cara menonaktifkan terakhir dilihat di IG, setelah menonaktifkan pengaturan tersebut, Sobat MEA dapat menggunakan Instagram tanpa diketahui oleh teman-teman dan followers pada akun Sobat MEA. 

Namun, jika suatu saat Sobat MEA ingin mengubah keputusan atau menyesuaikannya dengan kebutuhan, Sobat MEA tetap bisa mengaktifkan kembali fitur tersebut. Akhir kata, semoga artikel ini membantu dan jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment