3 Cara Menggunakan Facebook Ad Library Untuk Intip Kompetitor

cara mengembalikan Facebook yang hilang

Memasang iklan adalah salah satu strategi pemasaran yang perlu Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Salah satu platform yang efektif untuk beriklan adalah dengan menggunakan Facebook Ads.

Dalam memasang iklan di Facebook, Sobat MEA wajib untuk tahu bagaimana cara menggunakan Facebook Ad Library. Bukan untuk memasang iklan semata, Facebook Ad Library ini juga berguna untuk mengintip iklan kompetitor, mencari referensi iklan, dan membuat strategi iklan yang tepat agar tidak kena banned

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai cara menggunakan Facebook Ad Library. Dari pada berlama-lama lagi, yuk simak penjelasan dan cara selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Facebook Ad Library?

Mau belajar jualan online di Facebook dengan lebih efektif?
Saatnya buat gabung di Komunitas Seller Sosmed sekarang juga. GRATIS!

Sebelum membagikan cara menggunakan Facebook Ad Library, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dan cara kerjanya secara singkat. Menurut laman resmi Facebook, pada dasarnya, Facebook Ad Library adalah salah satu layanan gratis dari Meta yang memuat berbagai jenis iklan yang sudah ditayangkan.

Sobat MEA juga akan mendapatkan informasi lengkap mengenai iklan seperti identitas perusahan yang membuat iklan, sejak kapan iklan ditayangkan, tampilan isi iklan berupa foto mau pun video, copywriting iklan secara lengkap, dan di mana iklan tersebut ditayangkan.

Dengan adanya data lengkap itu, Sobat MEA akan mendapatkan informasi mengenai iklan yang sedang berjalan dan lebih mudah untuk melihat iklan yang ditayangkan oleh kompetitor. Sobat MEA juga akan lebih mudah untuk mencari inspirasi iklan yang dapat bertahan lama sehingga bisa menurunkan biaya iklan.

3 Manfaat Facebook Ad Library

cara menggunakan facebook ad library

Tidak hanya sebagai penyedia informasi lengkap mengenai iklan saja, Sobat MEA akan mendapatkan banyak manfaat dari mengikuti cara menggunakan Facebook Ad Library dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat dari fitur ini untuk bisnis online:

1. Mendapatkan Inspirasi untuk Konten Iklan

Membuat konten iklan original memang perlu agar sesuai dengan branding. Namun terkadang konten iklan yang dibuat tidak memiliki performa yang tinggi. Untuk itu, tidak ada salahnya memanfaatkan cara menggunakan Facebook Ad Library untuk mencari inspirasi konten iklan.

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, Sobat MEA bisa melihat berapa lama sebuah iklan ditayangkan. Semakin lama konten tersebut tayang, maka semakin bagus juga tingkat performanya. Hal ini juga menandakan bahwa iklan yang dibuat sudah sesuai dengan target pasar yang dituju.

Dengan melihat iklan dari kompetitor, Sobat MEA jadi memiliki gambaran jenis iklan apa yang sesuai dengan target pasar. Jadi Sobat MEA bisa membuat iklan yang akan menghasilkan performa tinggi.

2. Memudahkan Pembuatan Strategi Bisnis

program jadi jawara

Manfaat dari cara menggunakan Facebook Ad Library berikutnya adalah Sobat MEA jadi lebih mudah untuk menyusun strategi bisnis. Seperti misalnya Sobat MEA melihat campaign kompetitor yang berhasil, maka Sobat MEA bisa menjadikannya sebagai referensi iklan. Begitu juga sebaliknya, ketika Sobat MEA melihat campaign kompetitor yang gagal, maka Sobat MEA bisa membuat strategi lain agar iklan lebih cuan.

3. Memenangkan Persaingan Bisnis

Tujuan dari menggunakan Facebook Ad Library sebagai referensi iklan adalah agar Sobat MEA bisa membuat campaign yang efektif dengan biaya seminimal mungkin. Itulah mengapa Sobat MEA perlu melakukan riset mendalam dan memperhatikan hal penting dalam kampanye iklan seperti:

  • Pilih iklan yang masih aktif

Pastikan iklan yang Sobat MEA jadikan sebagai referensi adalah iklan yang masih aktif atau masih berjalan. Hal ini menunjukkan bahwa iklan yang ditayangkan masih menghasilkan konversi yang baik.

  • Perhatikan tanggal penayangan iklan

Cara memenangkan persaingan bisnis berikutnya adalah dengan melihat tanggal iklan ditayangkan. Seperti misalnya saja Sobat MEA ingin membuat campaign diskon produk, namun ternyata kompetitor juga sedang membuat campaign yang sama. Maka sebaiknya Sobat MEA mengundur tanggal diskon produk agar tidak memecah konsumen ke 2 promosi.

  • Jenis iklan

Iklan ada berbagai macam jenisnya. Mulai dari foto, video, hingga carousel. Untuk setiap jenis iklan akan berbeda tingkat efektivitasnya. Seperti contohnya iklan berupa carousel sendiri akan lebih efektif jika ditampilkan Instagram. Jadi pertimbangkan hal ini juga, ya.

  • Visual iklan

Hal pertama yang dilihat dari iklan adalah visualnya. Sobat MEA bisa melihat bagaimana kompetitor membuat tampilan iklan mereka. Jika dirasa kurang menarik, maka Sobat MEA bisa membuat tampilan iklan yang lebih unik dan elegan sesuai dengan brand produk.

  • Copywriting

Memperhatikan copywriting iklan juga perlu karena tulisan inilah yang turut membantu kemunculan iklan di pencarian. Tidak hanya itu, Sobat MEA juga harus bisa menyusun headline, body copy, dan CTA yang persuasif agar audiens melakukan apa yang diminta oleh iklan.

3 Cara Menggunakan Facebook Ad Library

cara menggunakan facebook ad library

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, sekarang kami akan membagikan bagaimana sih langkah-langkah cara menggunakan Facebook Ad Library. Nah berikut ini adalah tutorial yang bisa langsung diikuti:

1. Masuk Ke Halaman Facebook Ad Library

Langkah pertama dari cara menggunakan Facebook Ad Library adalah Sobat MEA perlu masuk ke halaman website Facebook Ad Library terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Sobat MEA hanya perlu mengetikkan “Facebook Ad Library” di kolom pencarian Google pada ponsel maupun laptop atau komputer yang digunakan.

2. Tentukan Jenis Iklan

cara menggunakan facebook ad library

Selanjutnya akan muncul halaman seperti di atas. Sobat MEA perlu menentukan negara dan jenis iklan yang ingin ditampilkan. “All Ads” akan menampilkan semua jenis iklan kecuali yang berhubungan dengan isu sosial, pemilu, atau politik. Sedangkan untuk kategori “Issues, Elections, or Politics” akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan sosial, pemilu, atau politik.

Jika sudah, Sobat MEA bisa mengetikkan jenis iklan yang ingin dicari pada kolom yang tersedia. Seperti misalnya Sobat MEA ingin mencari iklan produk berupa “alat pancing”, maka Sobat MEA bisa menggunakan kata kunci tersebut di kolom pencarian.

3. Gunakan Filter

cara menggunakan facebook ad library

Di sebelah kanan atas, ada fitur “Filter” yang bisa Sobat MEA gunakan untuk menyaring jenis iklan yang akan ditampilkan. Sobat MEA bisa menentukan bahasa, iklan, platform, tipe media, hingga status keaktifan iklan. Dalam menggunakan Facebook Ad Gallery ini, Sobat MEA juga bisa memasukkan tanggal penayangan iklan yang ingin ditampilkan.

Sekian pembahasan lengkap mengenai cara menggunakan Facebook Ad Library. Sangat mudah dan membantu sekali untuk dicoba, bukan? Selamat mencoba dan salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.