Apa itu Marketing Campaign? Ini Penjelasan, Tujuan, Hingga Strategi Jitunya!

by Viki
apa itu marketing campaign

Sobat MEA tentu kerap menemukan brand apa yang menempel di dalam pikiran untuk suatu produk. Seperti Rinso saat mencari produk detergen, Indomie untuk produk mie instan, dan Aqua untuk air mineral. Nah, artinya merek-merek tersebut telah berhasil melakukan marketing campaign secara optimal. Memangnya apa itu marketing campaign?

Singkatnya, marketing campaign adalah usaha pemasaran yang dilakukan melalui berbagai media, baik itu media konvensional maupun media online. Tujuannya agar produk dikenal oleh masyarakat secara luas. 

Biasanya, marketing campaign ini dilakukan dengan konten kreatif dan berbagai strategi lainnya. Penasaran dengan apa itu marketing campaign dan bagaimana cara melakukannya? Untuk informasi selengkapnya, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Marketing Campaign?

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Marketing campaign adalah suatu tindakan pemasaran yang terorganisir dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, brand awareness, mengenalkan produk baru, hingga mendapatkan feedback dari pelanggan. 

Biasanya, marketing campaign dikemas secara kreatif dengan memanfaatkan banyak media. Ada 2 media yang biasa digunakan untuk marketing campaign. Pertama, media konvensional yang meliputi televisi, radio dan media cetak. Lalu ada media online yang meliputi media sosial, email, pay per click, dan website.

Apa Tujuan Marketing Campaign?

Menurut laman Glints, marketing campaign dapat menjadi kunci kesuksesan untuk mempromosikan suatu brand atau produk. Itulah mengapa banyak pebisnis yang menggunakan marketing campaign sebagai strategi digital marketing untuk mendapatkan tujuan bisnis yang telah mereka atur sebelumnya. Nah berikut adalah beberapa tujuan umum dalam marketing campaign:

Pada praktiknya, Sobat MEA boleh menentukan satu atau lebih tujuan dari kegiatan marketing campaign. Tapi sebelumnya, Sobat MEA perlu beberapa media yang bisa menemukan kampanye pemasaran yang paling cocok untuk bisnis yang dijalankan. 

4 Manfaat Marketing Campaign Untuk Bisnis

Saatnya belajar digital marketing dari 0 agar usaha makin pol!
Yuk gabung di Komunitas Bisnis Online MEA sekarang juga. GRATIS!

Selain karena tujuan yang beragam, marketing campaign juga penting dilakukan untuk berbagai alasan lainnya. 

Itulah mengapa marketing campaign diperlukan untuk membangun suatu brand image pada konsumen dan memenuhi marketing funnel. Berikut alasan lain mengapa marketing campaign perlu Sobat MEA buat pada pemasaran bisnismu:

1. Brand Image

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, marketing campaign dapat bertujhuan untuk menciptakan suatu brand image untuk produk yang dijual. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu merek dagang yang familiar di mata konsumen. .

Nah, dengan marketing campaign, Sobat MEA dapat memudahkan brand dikenal luas oleh konsumen.

Bahkan marketing campaign yang baik juga dapat menciptakan  brand recognition, brand equity, hingga brand loyalty.

2. Customer Leads

Marketing campaign yang menarik juga dapat membantumu meyakinkan konsumen untuk mengenal produkmu lebih dalam. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu membuat konten marketing yang sesuai dengan media yang digunakan. 

Misalnya, Sobat MEA ingin melakukan pemasaran melalui website, maka Sobat MEA perlu membuat marketing campaign yang mencakup berbagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen seperti video, foto dan artikel yang informatif. Pastikan setiap konten yang Sobat MEA tampilkan di website dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

3. Sales Conversion

Konten marketing yang baik berpotensi mengarahkan audiens untuk melakukan pembelian. Dengan begitu, artinya marketing campaign dapat mempengaruhi kenaikan sales penjualan

4. Customer Loyalty

Marketing campaign yang menarik juga dapat meningkatkan customer loyalty. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan prospek jangka panjang untuk customer journey dan membuat marketing campaign yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian ulang. 

Tentunya hal ini akan menjadi tantangan tersendiri di mana mempertahankan loyalitas pelanggan akan lebih sulit. Tapi Sobat MEA harus memastikan mereka akan ketagihan untuk membeli produkmu secara terus menerus dan memberikan keuntungan. 

Inilah pentingnya marketing campaign, suatu program yang yang berefek jangka panjang pada konsumen. Dalam hal ini, Sobat MEA perlu membuat program yang unik dan menarik agar konsumen tetap loyal terhadap merek yang Sobat MEA miliki. 

5 Strategi Marketing Campaign Untuk Bisnis

Marketing campaign memang penting untuk berbagai tujuan bisnis mulai dari untuk menciptakan citra brand hingga meningkatkan sale penjualan

Tapi mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat, marketing campaign tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, berikut beberapa strategi marketing campaign yang perlu Sobat MEA lakukan:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Seperti namanya, SEO (Search Engine Optimization) memiliki tujuan untuk menjadikan blog atau website berada di bagin teratas pada mesin pencari Google. Dengan begitu, SEO dapat memudahkanmu dalam meningkatkan traffic pada website. 

Tapi Sobat MEA perlu memahami beberapa elemen untuk mengaplikasikan SEO sebagai strategi kampanye pemasaran seperti backlinkkeywords, dan lain sebagainya.

2. SEM (Search Engine Marketing)

Hampir sama seperti SEO, SEM (Search Engine Marketing) juga bertujuan untuk menempatkan suatu produk muncul di halaman utama pada mesin pencari Google atau lainnya. 

3. Social Media Marketing

Sobat MEA tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai media sosial yang menjamur, bukan? Sudah banyak brand yang berhasil melakukan marketing campaign pada media sosial, lho! Mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, hingga WhatsApp for Business

Dengan pengguna yang melimpah, social media marketing dinilai lebih mudah untuk menjangkau target pasar yang diinginkan. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang sesuai dengan target pasar. Sehingga mereka akan tertarik untuk mengenal produk dan menjadi pelanggan setia.

Pastikan juga Sobat MEA membuat kampanye pemasaran yang terintegrasi dengan website maupun media konvensional agar pemasaran menjadi terarah.

4. Email Marketing

Singkatnya, email marketing adalah suatu kegiatan mengirim email yang berisi informasi produk, penawaran produk, promo, dan lain sebagainya.

Email ini diperuntukkan sejumlah calon pelanggan potensial maupun pelanggan setia. Dengan email marketing, Sobat MEA dapat meningkatkan penjualan dari pelanggan baru maupun pelanggan lama dengan lebih mudah. 

5. Inbound Marketing

Ya, strategi ini juga diperlukan dalam kampanye pemasaran, terutama saat media konvensional tidak dapat mencapai tujuan bisnis secara maksimal. Melalui strategi ini, Sobat MEA melakukan strategi digital marketing yang efektif untuk membuat konsumen tertarik dengan produkmu. 

Misalnya, Coca Cola pernah membuat kampanye yang mengintegrasikan outbound dan inbound bertajuk Share a Coke. Dalam iklan ini, Coca Cola menggabungkan antara iklan konvensional dengan Inbound Marketing. 

Di dalamnya, konsumen diajak untuk aktif mengikuti pesan yang disampaikan dalam kampanye pemasaranya. Nah, jika konten dikemas secara menarik, marketing campaign dapat menjadi kunci keberhasilan dari bisnis yang Sobat MEA jalankan. 

Demikian informasi mengenai apa itu marketing campaign hingga tujuan, alasan penting, serta strategi jitunya. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA lakukan dengan ketelitian, kesabaran, dan konsistensi untuk mendapatkan tujuan secara maksimal. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment