
Sobat MEA pernah dengar istilah email marketing? Tujuan email marketing adalah promosi barang atau jasa melalui surat elektronik. Dengan ini kamu akan lebih mudah memberikan informasi bagi pelanggan lama mengenai produk terbaru. Selain itu, masih banyak lagi manfaat email marketing lainnya bisa kamu dapatkan untuk bisnismu.
Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum memahami email marketing. Padahal penting banget untuk dimanfaatkan oleh para pebisnis. Apalagi jika kamu ingin menjadi internet marketer atau pebisnis online. Email marketing akan sangat membantu kamu dalam menjalani bisnis online.
Apa itu Email Marketing?
Email marketing adalah metode promosi langsung yang berupa pesan komersial kepada orang-orang tertentu melalui surat elektronik atau email. Singkatnya, email marketing adalah email yang dikirimkan kepada konsumen potensial. Biasanya berupa iklan, proposal bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis untuk membangun loyalitas, kepercayaan dan pengenalan produk.

Bagaimana Cara Kerja Email Marketing?
Untuk mengetahui cara kerja email marketing, salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah membuat list email yang kamu dapatkan dari orang-orang yang mendaftarkan diri secara sukarela melalui form yang kamu bagikan di media online (website atau sosial media) maupun media cetak.
Lalu list tersebut akan terus dikembangkan dengan jumlah peserta yang semakin banyak. Biasanya akan dikumpulkan secara spesifik, tentunya berisi orang-orang yang memiliki minat dan kebutuhan yang sama.
Lalu list akan dipisahkan berdasarkan minat agar tidak membuatmu keliru saat mengirimkan pesan. Setiap email yang tidak relevan akan mengurangi jumlah list secara otomatis.
Pada umumnya, email marketing dijalankan oleh jasa pihak ketiga atau perusahaan online yang menyediakan tools bermanfaat dan perlengkapan untuk menjalankan email marketing. Dengan begitu, seluruh pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan lebih mudah.
Selain itu, apa lagi sih manfaat dari email marketing? Simak artikel ini sampai habis untuk penjelasan lengkapnya!
Rahasia Branding Rapi, Hati Jadi Happy
5 Manfaat Email Marketing yang Perlu Diketahui
Setelah mengetahui apa itu email marketing beserta cara kerjanya, saatnya Sobat MEA mengetahui seluruh manfaat atau keuntungan email marketing untuk bisnis online. Manfaat email marketing merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui sebagai pebisnis. Mengingat saat ini kebutuhan bisnis bisa di lakukan secara digital.
Daripada berbasa-basi lagi, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan email marketing dalam bisnismu, antara lain:
Menghemat Biaya
Sebagaimana telah kita ketahui, mengirim surat lewat email jauh lebih praktis daripada mengirim surat lewat pos atau metode fisik lainnya. Tingkat responsif dari pelanggan juga lebih tinggi saat menggunakan email.
Karena itu, email marketing tentunya sangat bermanfaat untuk efektivitas pemasaran. Hal inilah yang membuat email marketing kemudian menjadi metode promosi yang paling digemari oleh para brand besar.
Menjaga Hubungan Baik dengan Customer
Dengan sifatnya yang personal, email sangat efektif untuk memudahkan pendekatan mu dengan pelanggan secara langsung. Pastikan menggunakan kalimat yang baik agar pesan tersampaikan dengan baik. Maka konsumen lebih mengenal produk yang kamu jual.
Lebih Bersifat Personal
Email marketing juga bersifat personal atau pribadi. Tentunya hal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar kepada pelanggan lama maupun calon pelanggan.
Saat mereka merasa nyaman dengan email yang kamu kirim, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk mengirim email promosi kepada mereka lewat email marketing. Kemudian tidak menutup kemungkinan akan membuat pelanggan lebih loyal untuk membeli produk yang kamu tawarkan dan bersedia menjadi pelanggan setia.
Buat Pelanggan Nyaman dengan Copywriting yang Berkesan
Promosi Dapat Diukur
Email marketing juga bermanfaat untuk evaluasi bisnis. Konten email marketing mampu mengukur efektivitas setiap waktunya dan dapat menilai serta mengevaluasi berapa email yang terkirim pada pelanggan sekaligus respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menganalisa untuk mengetahui berapa kekurangan yang harus kamu perbaiki.
Promosi Sesuai Target
Dengan email marketing dan memiliki list email pelanggan potensial, maka promosi yang kamu lakukan tidak akan percuma. Kamu juga bisa membuat kategori sesuai dengan ketertarikan pelanggan sehingga penerima email akan langsung memberikan respon mengenai strategi digital marketing yang kamu lakukan ini.
Nah bagaimana? Tertarik untuk mulai memanfaatkan email dan merasakan manfaat email marketing untuk kesuksesan bisnis kamu? Kalau menurut MiMe sih, email marketing patut kamu pertimbangkan untuk memberi kemudahan pada bisnismu sendiri. Tapi sesuaikan lagi dengan kebutuhan bisnis kamu ya, Sobat MEA.
Dan jangan lupa untuk terus mengembangkan branding secara berkala. Kalau masih kebingungan, MEA punya kelas khusus lho yang bisa menunjang kesuksesan branding bisnis online di sosial media.
Dalam kelas ini, kamu akan dibimbing oleh para mentor expert dan membagikan ilmu-ilmu daging seputar branding ala pebisnis besar. Yuk gabung sekarang!
assalamu’alaikum, saya ingin bisa mengedit filter..
Saya mohon creator..