5 Manfaat Email Marketing Untuk Bisnis Online. Hemat, Praktis dan Anti Ribet!

manfaat email marketing

Sobat MEA pernah dengar istilah email marketing? Tujuan dari email marketing adalah untuk melakukan promosi produk melalui surat elektronik. Dengan ini, Sobat MEA akan lebih mudah untuk memberikan informasi kepada pelanggan mengenai produk terbaru. Selain itu, masih banyak lagi manfaat email marketing lainnya bisa Sobat MEA dapatkan untuk bisnis.

Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum memahami pengertian dan manfaat email marketing bagi bisnis online. Padahal metode ini sangat penting untuk dimanfaatkan oleh para pebisnis online. Email marketing akan sangat membantu Sobat MEA dalam menjalankan bisnis online. 

Apa itu Email Marketing?

Hasil Jualan Lebih Gacor, Bongkar Rahasianya!

Yuk, bongkar semua rahasia seller dan mentor berpengalaman di komunitas belajar jualan online MEA!

Sebelum membahas tentang manfaat email marketing bagi bisnis online, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu email marketing terlebih dahulu. Menurut Binar Academy, Email marketing adalah metode promosi langsung berupa pesan komersial kepada orang-orang tertentu melalui surat elektronik atau email

Singkatnya, email marketing adalah pesan yang dikirimkan kepada pelanggan dengan tujuan untuk mempromosikan produk. Email marketing sendiri biasanya berupa iklan, penawaran harga khusus, event tertentu, proposal bisnis, dan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis untuk membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Jenis-Jenis Email Marketing

Sebelum membahas manfaat dari email marketing, Sobat MEA perlu mengetahui 5 jenis email marketing yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan promosi yang dibutuhkan. Dengan memilih jenis email marketing ini, Sobat MEA juga bisa menyusun strategi email marketing yang tepat agar bisa meningkatkan bisnis online. Berikut adalah beberapa jenis email marketing yang dapat Sobat MEA gunakan:

1. Newsletter

Jenis email marketing yang pertama adalah newsletter dan merupakan jenis yang paling populer digunakan oleh para pebisnis online. Newsletter biasanya berisi berbagai macam informasi tambahan mengenai suatu bisnis mulai dari artikel, fitur, layanan baru, dan masih banyak lagi.

Strategi email marketing untuk newsletter sendiri dikirimkan hanya kepada pelanggan tertentu saja. Jadi Sobat MEA hanya perlu mengirimkan email marketing ini kepada audiens yang sudah berlangganan (subscribe) di website perusahaan. Sifat dari newsletter ini cukup eksklusif karena hanya pelanggan tertentu saja yang dapat menerimanya.

2. Greetings

Jenis email marketing yang kedua yaitu greetings. Email ini biasanya dikirimkan pada hari tertentu atau ada momen spesial seperti ucapan ulang tahun, ucapan hari-hari besar (natal, lebaran, imlek, dan lainnya), dan masih banyak lagi. Email marketing ini biasanya bersifat lebih personal dengan penyampaian dan visualisasi yang hangat. Strategi email marketing ini adalah agar perusahaan dapat lebih dekat dengan pelanggan dan membuat pelanggan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

3. Welcome Email

Sobat MEA juga dapat mengirimkan strategi email marketing kepada pelanggan baru berupa Welcome Email. Biasanya email ini diperuntukkan bagi pelanggan yang baru berlangganan email marketing bisnis perusahaan Sobat MEA. Melalui email ini juga, Sobat MEA bisa memperkenalkan bisnis dengan lebih personal. Berikan panduan singkat untuk menggunakan produk atau layanan dalam bentuk teks, video, tautan, atau konten lainnya. 

4. Announcement Email

Selanjutnya ada announcement email. Sesuai namanya, email marketing ini digunakan untuk membagikan informasi mengenai produk, fitur, atau layanan baru yang ditawarkan. Sobat MEA bisa mencantumkan CTA dan mengarahkannya ke landing page pada penawaran yang ditujukan.

Agar pelanggan lebih tertarik untuk melihat dan membeli produk yang ditawarkan, Sobat MEA bisa menyelipkan countdown timer agar mereka segera mengklik tautan yang disisipkan dan membuat pelanggan merasa takut akan kehilangan kesempatan jika tidak membuka tautannya saat itu juga.

5. Lead Nurturing Email

Email marketing adalah salah satu cara yang dapat Sobat MEA lakukan untuk meningkatkan penjualan. Sayangnya, tidak semua pelanggan yang menerima email marketing pasti akan melakukan pembelian. Tapi tenang, Sobat MEA dapat mengirimkan lead nurturing email yang bertujuan untuk menargetkan pelanggan yang belum bertransaksi sekaligus menghasilkan leads. Karena email marketing ini berisi penawaran ke database sesuai target yang telah ditentukan. Untuk meningkatkan keinginan pelanggan dalam membeli barang atau jasa, Sobat MEA bisa mencantumkan penawaran khusus seperti diskon, promo, voucher, atau penawaran menarik lainnya.

5 Manfaat Email Marketing yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu email marketing beserta jenisnya, sekarang saatnya Sobat MEA mengetahui manfaat email marketing bagi bisnis online. Mengingat saat ini kebutuhan bisnis bisa di lakukan secara digital, maka Sobat MEA perlu mengirimkan email ini secara rutin dan berkala agar mendapatkan semua manfaat email marketing. 

Daripada berbasa-basi lagi, berikut beberapa keuntungan yang akan Sobat MEA dapatkan jika menggunakan email marketing dalam bisnis

1. Menghemat Biaya

Sebagaimana telah kita ketahui, mengirim surat lewat email jauh lebih praktis daripada mengirim surat lewat pos atau metode fisik lainnya. Tingkat respons dari pelanggan juga lebih tinggi saat menggunakan email mengingat semakin banyak aktivitas yang dilakukan secara digital.

Oleh karena itu, email marketing adalah salah satu metode pemasaran yang sangat efektif. Hal ini juga yang membuat email marketing kemudian menjadi metode promosi yang paling digemari oleh brand besar. Kalau Sobat MEA ingin penjualan semakin meningkat dan sukses seperti brand besar lainnya, maka Sobat MEA perlu menerapkan strategi email marketing ini.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dengan sifatnya yang personal, email marketing sangat efektif untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan. Pastikan Sobat MEA menggunakan kalimat yang baik agar pesan tersampaikan dengan tepat. Maka pelanggan lebih mengenal produk yang Sobat MEA jual.

Gunakan juga kata-kata yang mudah untuk dipahami dan komunikatif agar tidak terkesan kaku dan lebih bersahabat. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu formal dan terlalu memaksa untuk menjual suatu produk karena hal ini hanya akan membuat pelanggan tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Lebih Bersifat Personal

Email marketing juga bersifat personal atau pribadi. Tentunya hal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar kepada pelanggan lama maupun calon pelanggan. Strategi email marketing yang dapat Sobat MEA terapkan adalah dengan memanggil nama pelanggan pada setiap email. Dengan begitu, pelangga merasa bahwa email itu memang ditujukan khusus untuk pelanggan. Jadi email marketing akan terasa lebih personal.

Saat pelanggan merasa nyaman dengan email yang Sobat MEA kirim, maka Sobat MEA akan jauh lebih mudah untuk mengirim email promosi kepada pelanggan lewat email marketing. Kemudian tidak menutup kemungkinan, email marketing membuat pelanggan lebih loyal untuk membeli produk yang Sobat MEA tawarkan dan bersedia menjadi pelanggan setia. 

4. Promosi Dapat Diukur

Email marketing juga bermanfaat untuk evaluasi bisnis. Email marketing menyediakan data berupa efektivitas setiap email yang dikirimkan, menilai serta mengevaluasi berapa email yang terkirim pada pelanggan, juga merekam respon yang muncul dari pelanggan tersebut. Respon pelanggan ini bermacam-macam. Ada yang hanya membuka emailnya saja, ada yang membacanya sampai habis, ada yang mengklik tautan, dan ada pula yang sampai tahap pembelian.

Dengan semua data ini, Sobat MEA akan lebih mudah menganalisa untuk mengetahui mana strategi email marketing  yang paling berhasil. Sobat MEA juga bisa mengetahui berapa kekurangan yang harus diperbaiki agar bisa merasakan berbagai manfaat email marketing bagi bisnis.

5. Promosi Sesuai Target

Ketika Sobat MEA memiliki daftar pelanggan potensial, maka promosi yang Sobat MEA lakukan melalui email marketing tidak akan percuma. Sobat MEA juga bisa membuat kategori sesuai dengan ketertarikan pelanggan sehingga penerima email akan langsung memberikan respon mengenai strategi digital marketing yang dilakukan ini. 

Strategi Email Marketing yang Efektif

Eits, tunggu dulu, sebelum mengirimkan email marketing, pastikan Sobat MEA menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar hasil tidak meleset. Berikut 5 strategi email marketing yang patut diikuti:

1. Tentukan Target Audiens

Hal paling mendasar dalam bisnis adalah Sobat MEA wajib mengetahui siapa target audiensnya. Begitupun dengan penerima email marketing bisnis. Untuk itu, Sobat MEA perlu mengumpulkan data pelanggan yang potensial. Pastikan riset terlebih dahulu siapa saja dan bagaimana pelanggan potensial yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. 

2. Buat Konten Email yang Menarik

Agar strategi email marketing berhasil, Sobat MEA perlu membuat konten yang menarik pelanggan. Mulai dari subject email, headline, isi, desain, dan visualiasi ini penting untuk membuat pelanggan membuka dan membacanya hingga akhir. Jangan lupa cantumkan Call to Action (CTA) pada email marketing agar pelanggan dapat melakukan langkah selanjutnya sesuai dengan tujuan email dibuat.

3. Tentukan Jadwal Pengiriman

Jangan asal mengirimkan email marketing. Pastikan Sobat MEA sudah menentukan jadwal pengiriman email marketing sesuai dengan kebutuhan. Jangan kirimkan email terlalu sering, jangan pula terlalu jarang. Hal ini untuk menghindari agar promosi Sobat MEA tidak dianggap spam oleh pelanggan.

Pilih waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing dengan menganalisa pelanggan terlebih dahulu untuk mendapatkan waktu terbaik mengirim email pemasaran. Seperti misalnya pelanggan Sobat MEA kebanyakan adalah orang kantoran. Maka Sobat MEA bisa mengirimkan email sekitar pukul 6-8 pagi di mana biasanya pelanggan membuka email di pagi hari untuk melihat pekerjaan mereka. Sobat MEA bisa menyesuaikan jam pengiriman email ini sesuai dengan karakter pelanggan, ya.

4. Hubungkan dengan Media Sosial Bisnis

Selain itu, jangan lupa untuk menghubungkan media sosial bisnis seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga website bisnis. Hal ini perlu dilakukan karena dapat meningkatkan traffic yang lebih tinggi bagi website dan media sosial bisnis. Semakin tinggi traffic, semakin besar kepercayaan pengunjung maupun pelanggan terhadap bisnis Sobat MEA. 

5. Lakukan Analisa dan Evaluasi

Terakhir, penting juga untuk melakukan analisa dan evaluasi secara rutin terhadap hasil email marketing. Sobat MEA dapat membuat report yang berisi statistik open rate, unsubscribe rate, bounce rate, unsubscribe, open rate, unopened rate, dsb. Nah, hasil analisa inilah yang dapat menjadi dasar evaluasi terhadap performa email marketing yang telah Sobat MEA lakukan. 

Nah bagaimana? Tertarik untuk mulai memanfaatkan email dan merasakan manfaat email marketing bagi bsinis? Kalau menurut MiMe sih, email marketing patut dipertimbangkan untuk memberi kemudahan pada bisnis Sobat MEA sendiri. Tapi sesuaikan lagi dengan kebutuhan bisnis ya, Sobat MEA. 

Dan jangan lupa untuk terus mengembangkan branding secara berkala. Kalau masih kebingungan, MEA punya kelas khusus lho yang bisa menunjang kesuksesan branding bisnis online di sosial media.

Dalam kelas ini, Sobat MEA akan dibimbing oleh para mentor expert dan membagikan ilmu-ilmu daging seputar branding ala pebisnis besar. Yuk gabung sekarang!

You May Also Like

About the Author: Viki

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.