Yang Harus Diketahui Seller Tokopedia: Evaluasi Toko

Seller Tokopedia – Setiap orang yang memiliki bisnis baik bisnis offline maupun online, pasti menginginkan agar bisnisnya berkembang. Kalau bisnis sobat MEA gitu-gitu aja dan nggak ada perkembangan menuju ke arah yang lebih baik, berarti ada yang salah nih di bisnis sobat MEA. Bisa jadi karena dari sobat MEA nggak ada inisiatif untuk melakukan inovasi, atau karena sobat MEA nggak tau kekurangan dari bisnis sobat MEA sendiri. Kalau sudah begini dan tetap dibiarkan, bisa gawat buat kedepannya. Bisnis sobat MEA bisa terancam mengalami penurunan bahkan bangkrut!

Melakukan evaluasi terhadap toko adalah salah satu hal penting yang sering dilewatkan oleh para pebisnis, baik pebisnis online maupun offline. Tujuan dari melakukan evaluasi toko adalah untuk mengetahui dimana kelebihan dan kekurangan toko. Dengan begitu, sobat MEA bisa menyusun strategi selanjutnya agar toko sobat MEA semakin berkembang. 

Nah buat sobat MEA yang punya toko online, terutama di Tokopedia, kami bakal kasih tips buat melakukan evaluasi toko sobat MEA biar sobat MEA tau mana aja nih yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan biar kualitas dan performa toko semakin tinggi.

seller tokopedia

Cara melakukan evaluasi toko di Tokopedia

Untuk melakukan evaluasi toko di Tokopedia, sobat MEA bisa mengecek beberapa data penting seperti total penjualan, seberapa sering produk dilihat, hingga tingkat konversi. Beberapa data tadi bisa sobat MEA jadikan acuan untuk merancang strategi baru agar bisnis online sobat MEA semakin berkembang sampai nyalip brand besar.

Perlu diingat bahwa dapat melakukan penjualan merupakan hasil akhir dari perjalanan yang panjang. Sebagai Seller Tokopedia, memiliki produk yang fungsional dengan tampilan dan harga yang menarik adalah langkah awal untuk mendapatkan traffic. Karena gini, hal pertama yang harus dikejar ketika jualan online adalah menaikkan traffic. Kok gitu?

Logikanya gini, kalau traffic atau jumlah kunjungan ke toko itu tinggi, artinya semakin banyak juga orang yang mengetahui produk sobat MEA. Meskipun tidak semua pengguna Tokopedia tidak langsung membeli produk sobat MEA pada saat itu juga, tapi kemungkinan mereka kembali ke toko sobat MEA akan semakin tinggi. Hal ini terjadi karena orang lebih suka mencari barang di toko yang familiar bagi mereka.

Dengan banyaknya traffic, maka akan menaikkan juga kemungkinan untuk produk sobat MEA akan dibeli oleh konsumen. Terus gimana soal melakukan penjualan? Konsumen yang nggak banyak nanya mah pasti bakal langsung checkout. Tapi kalau yang masih bingung, pasti pengen nanya-nanya dulu ke Seller Tokopedia kan? Nah, disini peran Customer Service yang akan menentukan apakah konsumen jadi beli atau enggak

Eits, kita nggak bakal bahas soal trik dan tips jadi CS biar bisa closing, ya, karena artikel kali ini khusus bahas soal cara evaluasi toko di Tokopedia.

Mau jago closing nih ceritanya?

Untung kami ada kelas online yang bakal bagiin rahasia closing. Yuk gabung biar bisa closing tiap hari

Total penjualan

Hal pertama yang bisa dievaluasi adalah total penjualan yang sobat MEA lakukan. Cara mengecek total penjualan ini gampang banget, sobat MEA.

  1. Klik Notifikasi di bagian kanan atas
  2. Klik tab Transaksi, kemudian klik Lihat Daftar Penjualan
  3. Klik Status Pesanan yang ingin kamu lihat
  4. Atau kalau kamu ingin mengunduh datanya, cukup klik Unduh Laporan Penjualan dan tentukan data dari tanggal berapa hingga tanggal berapa yang ingin kamu unduh.
  5. Selesai 

Dengan melihat data penjualan, kamu juga bisa melihat produk mana saja yang paling banyak dibeli atau yang paling sedikit dibeli oleh konsumen. Coba lihat perbedaan antara kedua produk tersebut, kira-kira di bagian mana yang membuat produk tersebut bisa begitu berbeda penjualannya.

Apakah kualitas foto sudah sama-sama bagus? Bagaimana dengan deskripsi produknya, apakah sudah sama-sama jelas? Lalu apakah penggunaan kata kuncinya sudah maksimal? Bagaimana persaingan kedua produk tersebut dengan kompetitor? Dan lain sebagainya.

Produk dilihat

Sesuai namanya, fungsi dari fitur ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak produk-produk yang sobat MEA jual, dilihat oleh konsumen. Data ini akan menunjukkan perbandingan antara 5 produk yang paling sering dilihat dan 5 produk yang paling jarang dilihat oleh konsumen dalam 30 hari terakhir. Data ini juga menunjukkan berapa banyak produk sobat MEA yang masuk ke keranjang.

Ada beberapa hal yang bisa sobat MEA lakukan setelah mengetahui jumlah produk dilihat ini.

Rahasia jadi amster di Tokopedia

Yakali jualan gitu-gitu mulu? Yuk belajar caranya biar jualan makin laris

1. Analisis kata kunci

Sobat MEA bisa meningkatkan analisa kata kunci terhadap 5 produk yang paling sering dilihat. Salah satu alasan kenapa produk-produk tersebut paling sering dilihat adalah karena menggunakan kata kunci yang tepat sehingga mudah ditemukan oleh konsumen.

2. Naikkan performa 5 produk terbaik

Setelah melakukan analisis terhadap kata kunci, sobat MEA bisa menaikkan performa dari kelima produk terbaik tersebut. Bisa dengan menaikkan harga per klik untuk kata kunci, atau gunakan fitur iklan produk agar produk tersebut semakin banyak dilihat. Dengan menaikkan performa kelima produk tadi, secara otomatis juga bisa menaikkan performa produk lain jika konsumen tertarik untuk mengunjungi dan ngepoin toko sobat MEA. Kalau banyak yang ke toko sobat MEA, traffic makin naik!

3. Power Merchant Pro

Kalau sobat MEA adalah Seller Power Merchant Pro, maka sobat MEA nggak boleh ngelewatin kesempatan emas ini. Ada fitur Broadcast Chat yang bisa sobat MEA gunakan untuk ‘mengingatkan’ kembali konsumen yang udah masukin produk sobat MEA ke keranjang. Cara ini lebih halus daripada sobat MEA melakukan follow up secara langsung. Broadcast chat ini bisa berisi voucher atau promo yang akan sobat MEA berikan jika konsumen membeli di toko sobat MEA. 

Ingin tau cara menggunakan broadcast chat Tokopedia? Klik disini.

Nggak yakin bisa atur bisnis sendiri?

Pakai jasa kami dan kamu akan dibantu oleh tim profesional buat naikin penjualan kamu

Tingkat konversi

Tingkat konversi adalah bagaimana konsumen mengambil tindakan lebih lanjut terhadap produk sobat MEA. Misalnya saja konsumen yang tadinya hanya memasukkan produk sobat MEA ke keranjang, akhirnya melakukan checkout atau pembelian. Tingkat konversi Tokopedia ini bisa dilihat di Ringkasan Statistik.

Jika konversi toko sobat MEA kurang dari 2%, itu artinya toko sobat MEA masih kurang terpercaya. Hal ini bisa disebabkan karena lama membalas pesan dari konsumen, atau foto produk dan deskripsi produk kurang menarik, atau bahkan karena sobat MEA tidak memanfaatkan fitur di Tokopedia dan tidak melakukan kegiatan promosi apapun.

 

Jangan biarkan bisnis sobat MEA berjalan sendiri begitu saja ya! Yuk lakukan evaluasi secara rutin biar bisnis sobat MEA semakin besar dan berkembang!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *