2 Cara Upload Reels 3 Menit dengan Mudah dan Tanpa Jeda. Tahu?

by Fanny
cara upload reels 3 menit

Sebagai pebisnis online, Sobat MEA harus bisa memanfaatkan berbagai macam fitur di Instagram untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Salah satu fitur Instagram yang bisa Sobat MEA manfaatkan reels. Bicara soal Instagram reels, banyak konten kreator yang kebingungan tentang bagaimana cara upload reels 3 menit.

Yup sebagai content creator, Sobat MEA harus mengetahui seluk beluk serta cara memanfaatkan fitur Instagram Reels untuk konten. Nggak perlu khawatir, kita akan membahas beberapa manfaat mengunggah Reels untuk bisnis serta bagaimana cara upload reels 3 menit di akun bisnis Sobat MEA. Daripada penasaran, langsung aja yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

5 Manfaat Instagram Reels Untuk Bisnis

Mau tahu cara jualan di Instagram yang baik dan benar?
Yuk gabung grup komunitas seller sosial media MEA GRATIS!

Sebelum kita membahas cara upload video 3 menit di IG, Sobat MEA perlu mengetahui apa itu fitur Reels dan manfaatnya. Reels Instagram merupakan salah satu fitur Instagram dimana Sobat MEA bisa mengunggah konten video.

Reels sendiri dilengkapi dengan fitur lainnya seperti edit video, musik, filter, dan masih banyak lainnya. Konten Reels sendiri membuat unggahan Sobat MEA jadi lebih menarik dan komunikatif. Selain itu berikut ini manfaat Ini dia beberapa manfaat Instagram Reels. Yuk simak!

1. Meningkatkan Visibilitas

Manfaat pertama dari cara upload reels 3 menit adalah meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens baru dengan lebih luas. Video reels Sobat MEA bisa muncul pada menu Explore pada pengguna Instagram yang memiliki niche yang sama, Hasilnya Sobat MEA bisa mendapatkan traffic, followers atau bahkan pelanggan baru.

2. Meningkatkan Kreativitas

Jualan di Instagram secara otomatis membuat Sobat MEA harus menjadi content creator juga. Dengan berkembangnya trend dan challenge yang ada, Sobat MEA bisa memanfaatkannya untuk branding produk dengan cara yang seru dan kekinian. Karena itulah Sobat MEA perlu untuk kreatif dan mengetahui hal teknis mengenai fitur ini.

Salah satunya adalah mengetahui dan mengaplikasikan cara upload video 3 menit di IG yang akan segera kita bahas. Dengan kreativitas dan penguasaan hal teknis, bukan nggak mungkin akun toko Sobat MEA bisa mendapatkan respon positif dari audiens.

Artikel Terkait  Cara Membuat Suara Google di Capcut Untuk Video Lebih Unik! Tanpa Aplikasi Tambahan~

3. Meningkatkan Interaksi

Mau dapet tambahan cuan hanya dengan share link doang?
Yuk ikut program Shopee Affiliate lewat MCN MEA!

Jika Sobat MEA memiliki banyak followers namun interaksi dengan pengikut masih kurang, maka cara upload reels 3 menit ini wajib untuk Sobat MEA coba. Pasalnya, Instagram Reels dengan durasi panjang memiliki format yang interaktif.

Hasilnya, Sobat MEA bisa menggunakan Reels untuk mengajukan pertanyaan, polling, tantangan, dan komunikasi interaktif lainnya. Dengan begitu, audiens nggak hanya menjadi penonton pasif, namun turut merasa dilibatkan dalam yang Sobat MEA buat. Hal ini tentunya berujung pada engagement akun. Setuju?

4. Menghemat Lebih Banyak Waktu

Jika Sobat MEA sudah tahu bagaimana cara upload reels 3 menit, maka Sobat MEA bisa lebih menghemat waktu. Tentu hal ini berhubungan dengan jenis konten Reels yang memang lebih sederhana daripada jenis jenis konten Instagram lain seperti carousel maupun feed Instagram.

Untuk carousel, Sobat MEA harus membuat desain untuk setiap slide. Carousel juga wajib memiliki konten agar terlihat menarik. Tentu saja hal ini memakan waktu lebih lama karena dengan Reels sendiri, Sobat MEA bisa langsung mengambil video, edit, dan mengunggahnya sekaligus.

5. Edukasi Kepada Audiens

Saat berjualan di sosial media, Sobat MEA nggak boleh hanya fokus pada jualan, jualan, dan jualan. Mengedukasi audiens bisa menjadi salah satu pilihan konten Reels. Edukasi sendiri bisa berupa hal-hal yang berkaitan dengan produk.

Misalnya saja Sobat MEA menjual perlengkapan camping. Sobat MEA bisa memberikan tips cara merawat peralatan camping, tips memilih perlengkapan camping untuk pemula, hal-hal yang harus dihindari saat camping, dan edukasi lainnya.

Sobat MEA juga bisa membuat konten behind the scene untuk mengedukasi audiens tentang bagaimana produk persiapan atau pembuatan produk. Konten jenis ini bisa meyakinkan audiens bahwa produk yang Sobat MEA jual dibuat dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen.

2 Tutorial Cara Upload Reels 3 Menit

cara upload reels 3 menit

Sebelum masuk pada tutorial, perlu Sobat MEA catat bahwa reels merupakan fitur instagram untuk mengedit, mengunggah, dan membagikan video dengan durasi 15 sampai 90 detik. Lalu, bagaimana cara upload Reels 3 menit?

Sayangnya, fitur reels belum bisa mengunggah video dengan durasi selama itu. Tapi tenang saja, kita akan bahas bagaimana sih cara upload Reels 3 menit yang bisa Sobat MEA praktikan. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja simak 2 tutorial cara upload video panjang di Instagram:

1. Cara Upload Konten Lewat Fitur Instagram Reels

Meskipun tidak bisa mengunggah video Reels hingga 3 menit, namun Sobat MEA tetap bisa mengunggah video pendek dengan durasi 30 detik atau di bawah 90 detik di Reels dan mendapatkan 5 manfaat di atas, loh. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi Instagram.
  • Login ke akun Instagram Sobat MEA.
  • Jika sudah, klik menu tab Reels di bagian bawah layar.
  • Saat sudah masuk ke beranda Reels, klik ikon kamera yang ada di pojok kanan atas.
  • Sobat MEA akan masuk ke halaman Reels.
  • Saat sudah berada di mode Reels, Sobat MEA bisa menekan tombol Shutter yang ada di tengah untuk mulai membuat video Reels.
  • Jika ingin mengupload video dari galeri, Sobat MEA bisa klik ikon galeri yang ada di bagian pojok kiri bawah.
  • Berikutnya, pilih video dari galeri yang ingin Sobat MEA upload.
  • Jika perlu, lakukan pengeditan terlebih dahulu.
  • Jika sudah selesai, klik tombol Next yang ada di bagian pojok kanan bawah.
  • Mulai atur caption, lokasi sampai tag.
  • Berikutnya, klik tombol Share.
  • Selesai. Kini Sobat MEA tinggal menunggu video Reels terupload di Instagram..

2. Cara Upload Reels 3 Menit Lewat Instagram Video

cara upload reels 3 menit

Awalnya, Instagram memiliki fitur IGTV untuk menampung video-video panjang. Namun karena penggunanya sedikit dan memiliki format landscape, akhirnya Instagram memperbarui fitur tersebut menjadi fitur Instagram Video. Fitur terbaru ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah fitur Reels berdurasi panjang di Instagram dengan format potrait.

Nah Sobat MEA bisa menggunakan fitur ini sebagai cara upload Reels 3 menit. Oke  cukup dengan penjelasannya, berikut ini adalah langkah-langkah cara upload Reels 3 menit melalui Instagram Video yang bisa Sobat MEA praktikkan dengan mudah. Check this out~

  • Sebelum mulau mengupload reels 3 menit, persiapkan terlebih dahulu video panjang lebih dari 90 detik.
  • Jika sudah siap, buka aplikasi Instagram dan login dengan akun Sobat MEA.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, klik ikon + yang ada di tengah tampilan Instagram bagian bawah.
  • Berikutnya pilih video yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika sudah, klik tanda panah biru atau tombol Selanjutnya yang ada di pojok kanan atas.
  • Edit video jika memang dibutuhkan. Sobat MEA bisa melakukan mengedit cover, menandai akun lain, menambahkan lokasi, judul dan deskripsi, hashtag sampai caption.
  • Setelah selesai, Sobat MEA bisa klik tombol Share atau Bagikan di bagian kanan bawah layar untuk menyelesaikan proses upload video.
  • Selesai. Tunggu sampai video Instagram berhasil terunggah.
Artikel Terkait  9 Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi. Aman & Simpel!

Apakah Bisa Upload Reels 5 Menit di Instagram?

cara upload reels 3 menit

Tidak sedikit juga yang mencari bagaimana cara upload Reels 5 menit meskipun sudah dijelaskan di atas bahwa Reels hanya bisa memuat video dengan durasi maksimal 90 detik. Jadi untuk solusinya, Sobat MEA bisa mengunggah video melalui Instagram Video. 

Sobat MEA juga bisa menyiasati cara upload Reels 5 menit dengan mengunggah kontennya di Instagram Story. Namun perlu diingat ketika akan diunggah pada Instagram Story, video akan terpotong secara otomatis setiap durasi 1 menit. Jadi ada batasan waktu dan videonya akan tersambung secara otomatis. Untuk menggunakan Instagram Story, akan lebih baik kalau potong video ke durasi maksimal 90 detik.

Jadi, cara agar Reels bisa 3 menit dan cara upload Reels 5 menit untuk saat ini belum bisa dilakukan, ya. Sobat MEA bisa melakukan dua cara di atas agar tetap bisa mengunggah video dengan durasi yang lebih dari 90 detik.

Nah itulah langkah dan 2 tutorial cara upload video Reels 3 menit dan cara upload Reels 5 menit. Perlu Sobat MEA catat, gunakan dua fitur Reels dan Instagram Video dengan bijak sesuai kebutuhan.

Jika memang ingin engagement meningkat, maka Sobat MEA bisa menggunakan reels. Tapi jika ingin edukasi, penggunaan Instagram Video akan jauh lebih baik. Mau tau informasi lainnya seputar tips bisnis di Instagram? Baca artikel kami yang lainnya ya!!

You may also like

Leave a Comment