5 Cara Kerja Shopee Affiliate dan Syarat Untuk Bergabung Program Ini

cara kerja Shopee Affiliate

Ada banyak cara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk menambah uang jajan, salah satunya adalah dengan bergabung ke program Shopee Affiliate. Tentunya Sobat MEA sudah tidak asing bukan dengan istilah ini? Untuk itu kami akan membagikan syarat dan cara kerja Shopee Affiliate secara lebih lengkap di bawah ini. Yuk simak!

Apa Itu Shopee Affiliate?

Mau jago dapat cuan pakai Shopee Affiliate?

Yuk gabung di Komunitas Shopee Affiliate MEA sekarang juga!

Sebelum membahas cara kerja Shopee Affiliate, Sobat MEA perlu mengetahui pengertian dari Shopee Affiliate itu sendiri. Menurut laman resmi Shopee,, Shopee Affiliate adalah sebuah program yang ditawarkan oleh Shopee untuk para konten kreator dimana para creator bisa turut mempromosikan suatu produk melalui sosial media pribadi.

Sobat MEA pernah nggak, scrolling Twitter, Facebook, Instagram, atau sosial media lainnya, lalu menemukan unggahan berupa link promosi suatu produk? Atau pernahkah Sobat MEA melihat ada komentar di suatu unggahan yang menyertakan link produk Shopee? Nah orang tersebut adalah affiliator yang bergabung dengan program Shopee Affiliate dengan membagikan link produk tertentu.

Apakah hanya itu cara kerja Shopee Affiliate? Tentunya ada beberapa syarat yang perlu Sobat MEA penuhi agar dapat menjadi affiliator yang akan kami jelaskan di bawah.

5 Syarat Bergabung Shopee Affiliate

Mau gabung MCN Shopee dan dapatkan sampel gratis untuk Shopee Affiliate?

Yuk gabung ke MCN MEA Digital Marketing sekarang!

Untuk bergabung dengan program Shopee Affiliate, Sobat MEA perlu memenuhi beberapa syarat yang ada agar dapat melakukan cara kerja Shopee Affiliate. Berikut adalah syarat-syarat mudahnya:

1. Memiliki Akun Sosial Media Pribadi

Program Shopee Affiliate ini bisa diikuti oleh siapa saja yang memiliki akun sosial media yang aktif. Jadi Sobat MEA tidak perlu menjadi konten kreator terlebih dahulu untuk bergabung pada program ini. Namun dengan memiliki pengikut yang banyak tentunya akan meningkatkan jumlah klik dan komisi yang akan Sobat MEA dapatkan.

Sosial media ini pun beragam. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok. Semakin banyak akun sosial media yang digunakan, maka akan semakin luas pula jangkauan konten affiliate Sobat MEA. Tidak hanya sosial media saja, Sobat MEA juga bisa melakukan cara kerja Shopee Affiliate menggunakan aplikasi khusus berbagi pesan seperti WhatsApp, Telegram, email sampai dengan website pribadi.

2. Memiliki Akun Shopee

Syarat kedua untuk bisa menjadi affiliator Shopee adalah dengan memiliki akun Shopee. Tentunya jika Sobat MEA akan memasarkan produk yang ada di Shopee, Sobat MEA perlu memiliki akun ini, dong. Caranya mudah sekali. Sobat MEA hanya perlu mengunduh aplikasinya kemudian membuat akun dengan menggunakan email atau nomor telepon yang aktif, lalu buat password untuk menjaga keamanan informasi akun.

3. Daftar Program Shopee Affiliate

Syarat berikutnya adalah Sobat MEA perlu mendaftarkan diri pada program Shopee Affiliate ini. Sobat MEA bisa mendaftar Shopee Affiliate melalui website https://affiliate.shopee.co.id/ dengan cara login menggunakan akun Shopee. Nantinya akun Sobat MEA akan diperiksa oleh pihak Shopee apakah sudah memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

4. Verifikasi Akun

Proses pemeriksaan akun dilakukan paling lama 3 hari kerja. Jadi Sobat MEA perlu bersabar untuk mendapatkan kabar dari pihak Shopee. Jika akun Sobat MEA sudah memenuhi syarat program Shopee Affiliate, maka Sobat MEA akan mendapatkan email dari pihak Shopee mengenai status pendaftaran. Jika Sobat MEA jarang membuka email atau tidak mendapatkan notifikasi di email, Sobat MEA bisa melihatnya pada notifikasi akun Shopee.

5. Login ke Shopee Affiliate Dashboard

Setelah Sobat MEA mendapatkan persetujuan untuk bergabung sebagai affiliator Shopee, cara kerja Shopee Affiliate selanjutnya adalah dengan login ke Shopee Affiliate Dashboard yang bisa Sobat MEA lakukan dengan login menggunakan akun Shopee yang sudah diverifikasi.

Shopee Affiliate Dashboard menyediakan fitur lengkap yang memuat banyak informasi seperti laporan Shopee Affiliate, komisi yang Sobat MEA dapatkan, dan detail lainnya.

5 Alur dan Cara Kerja Shopee Affiliate

Setelah mengetahui pengertian dan syaratnya, sekarang kami akan membagikan cara kerja Shopee Affiliate yang bisa Sobat MEA lakukan dengan beberapa langkah mudah ini. Yuk simak!

1. Dapatkan Link Produk Shopee Affiliate

Cara kerja Shopee Affiliate yang pertama adalah Sobat MEA perlu mendapatkan link produk yang bisa ditawarkan ke sosial media pribadi. Caranya adalah dengan membuka Shopee Affiliate Dashboard. Pilih menu Penawaran yang akan menampilkan berbagai link produk yang bisa Sobat MEA bagikan ke sosial media.

Sobat MEA juga bisa mendapatkan link produk ini melalui aplikasi Shopee. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Shopee pada perangkat Sobat MEA.
  • Pilih menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Cari menu Shopee Affiliates Program.
  • Lalu salin link yang tersedia.

2. Share Link Produk ke Sosial Media

cara kerja shopee affiliate

Sobat MEA bisa melanjutkan cara kerja Shopee Affiliate dengan menyalin dan menempelkan link tadi ke sosial media pribadi. Setiap aplikasi sosial media tentunya memiliki cara yang berbeda karena audiens dan pola interaksinya berbeda-beda. Berikut adalah beberapa tips membagikan link produk agar cara kerja Shopee Affiliate dapat menghasilkan komisi secara optimal:

  • Untuk Instagram, Sobat MEA bisa membagikan link dengan cara menyematkannya pada bio profil Instagram. Sobat MEA juga bisa memasukkannya pada konten Instagram story sambil memberikan sedikit review agar semakin banyak yang mengklik link tersebut.
  • Di Twitter, Sobat MEA bisa membuat thread mengenai suatu topik sambil menyelipkan link produk. Cara kerja Shopee Affiliate ini mendapatkan respon lebih baik dan engagement lebih tinggi dibandingkan Sobat MEA meninggalkan komentar pada suatu tweet sambil menyelipkan link. Cara ini malah membuat Sobat MEA di mute hingga di block oleh pengguna lainnya.
  • Pada TikTok sendiri, Sobat MEA bisa membuat konten review produk dan masukkan link pada unggahan.
  • Untuk Facebook sendiri, Sobat MEA bisa membagikan foto dan video produk pada beranda, grup, atau fanpage sambil memasukkan link produk.
  • Sobat MEA juga bisa mempromosikan link tersebut di WhatsApp dengan mengirimkannya pada orang lain atau membagikannya di Status WhatsApp.

3. Konsumen Membuka Link dan Membeli Produk

Tujuan dari Sobat MEA membagikan link produk tidak hanya agar di klik oleh calon pembeli yang potensial, namun juga agar calon konsumen tersebut melakukan pembelian produk yang dibagikan. Oleh karena itu, membagikan link saja tidak cukup. Sobat MEA perlu memberikan kata-kata promosi yang menarik.

Jika ada yang mengklik link yang Sobat MEA bagikan kemudian orang tersebut melakukan pembelian kurang dari 7 hari setelah link dibuka, maka pembelian orang tersebut akan masuk menjadi penghasilan Sobat MEA. Namun jika orang tersebut melakukan pembelian setelah 7 hari link dibuka, maka pembeliannya tidak akan masuk sebagai komisi Sobat MEA. Jadi, pastikan Sobat MEA membagikan link dengan cara yang menarik, ya!

4. Dapatkan Komisi

Setelah konsumen berhasil melakukan pembelian, maka Sobat MEA akan mendapatkan komisi sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun jika pesanan dibatalkan, diretur, atau konsumen meminta pengembalian dana, maka Sobat MEA tidak akan menerima komisi dari hasil penjualan tersebut.

5. Cairkan Komisi

Sobat MEA bisa mencairkan komisi dengan minimal saldo sebesar 10 ribu rupiah. Proses pencairan komisi ini bisa Sobat MEA lakukan setiap 2 minggu sekali. Jika komisi yang dicairkan di atas 10 ribu dan di bawah 1 juta rupiah, maka komisi akan dikirimkan melalui ShopeePay. Namun jika komisinya di atas 1 juta, maka saldo akan dikirimkan ke rekening bank.

Nah Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, syarat, hingga cara kerja Shopee Affiliate. Semoga ulasan ini membantu, ya!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.