8 Cara Promosi di Instagram Story yang Wajib Seller Ketahui. Jualan Makin Laris!~

Cara Promosi di Instagram Story

Perkembangan era digital membuat Sobat MEA bisa mempromosikan produk di mana aja. Mulai dari website, marketplace, hingga sosial media seperti Instagram. Bicara soal Instagram, media sosial ini sangat cocok untuk dijadikan kanal promosi karena ada banyak fitur yang bisa digunakan. Dan cara promosi di Instagram Story menjadi salah satu yang terus dilakukan oleh pebisnis.

Instagram Story nggak hanya digunakan untuk membagikan momen yang hanya bertahan selama 24 jam saja, tapi juga bisa menjadi fitur yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa.

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas cara promosi di Instagram Story untuk tingkatkan penjualan produk. Yuk langsung aja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Table of Contents

8 Cara Promosi di Instagram Story yang Efektif

Mau punya materi promosi bisnis yang menarik?
Yuk belajar bikin konten di komunitas content creator MEA sekarang juga!

Setelah mengetahui kelebihan dan manfaat dari promosi di Instagram Story, sekarang kita akan masuk pada cara promosi di Instagram Story yang bisa meningkatkan penjualan produk Sobat MEA. Nah berikut cara promosi di Instagram Story yang efektif. :

1. Buat Perencanaan Konten

Cara promosi menggunakan fitur Instagram Story yang pertama adalah dengan membuat rencana konten. Meskipun Instagram Story terkesan remeh, namun perencanaan akan membantu konten Sobat MEA lebih terkonsep dan konsisten.

Merencanakan konten bisa mulai dari template dan layout Instagram Story yang ingin digunakan, tema konten, jadwal unggahan, dan goals apa yang ingin Sobat MEA capai dari promosi tersebut. Jika semua sudah terencana dengan baik, eksekusinya akan jauh lebih mudah dan terarah. Berikut beberapa tips membuat konten yang menarik perhatian di Instagram story:

  • Buat copywriting yang singkat, jelas, informatif, dan mudah dimengerti oleh audiens. Sobat MEA bisa menggunakan tren untuk memaksimalkan promosi. Hindari penggunaan kata yang terlalu berat membingungkan audiens.
  • Manfaatkan fitur emoji, gif, dan stiker agar tampilan Instagram Story lebih menyenangkan dan friendly. Tapi jangan gunakan fitur ini terlalu berlebihan
  • Gunakan musik yang sedang trend agar promosi semakin menarik dan terbawa naik algoritma Instagram.

2. Manfaatkan Stiker dan Fitur-Fitur Instagram Story

Jasa IG Ads Terpercaya dan Bergaransi
Frustasi karena IG Ads boncos terus? Percayakan saja pada jasa IG Ads MEA dengan strategi jitunya! Bergaransi lho~

Seperti yang kita ketahui, Instagram Story memiliki banyak filter dan fitur stiker yang bisa Sobat MEA gunakan untuk membuat tampilan konten semakin menarik. Selain itu, stiker ini juga bisa meningkatkan engagement dan interaksi dengan audiens.

Sobat MEA bisa memakai sticker “Dukung Bisnis Kecil” atau menyematkan lokasi toko offline agar audiens tahu di mana toko Sobat MEA berada. Kalau Sobat MEA jualan secara online saja, Sobat MEA bisa mencantumkan link ke website, marketplace, atau sosial media lain.

3. Simpan Instagram Story di Highlight

Instagram Story hanya bertahan selama 24 jam. Hal ini membuat Instagram Story nggak dapat diakses oleh semua audiens dalam sehari. Untungnya, Instagram menyediakan fitur highlight yang membuat Sobat MEA bisa menyimpan Instagram Story dan bisa dilihat dalam jangka waktu yang lama hingga highlight tersebut dihapus.

Cara promosi di Instagram Story yang satu ini membuat Sobat MEA nggak perlu membuat jenis promosi yang sama lagi karena semua informasi dapat diakses ketika audiens membuka profil akun.

4. Manfaatkan Fitur Ads Instagram Story

cara promosi di instagram story

Pernah nggak Sobat MEA sedang melihat-lihat story, kemudian muncul story dari akun yang tidak Sobat MEA follow? Nah itu artinya akun tersebut menggunakan Instagram Ads untuk menjangkau seluas mungkin audiens yang sesuai dengan target market. Sobat MEA juga bisa memanfaatkan iklan ini untuk mendapat lebih banyak audiens, followers, dan konsumen baru.

5. Tambahkan Link

Cara melakukan promosi yang berikutnya adalah menambahkan link dalam konten story yang Sobat MEA buat. Hal ini sangat penting apalagi jika Sobat MEA memiliki toko online di marketplace maupun memiliki website. Dengan menambahkan link ini, Sobat MEA jadi bisa mendapatkan traffic feed Instagram sekaligus kredibilitas sebagai sebuah brand.

6. Gunakan Hashtag

Cara promosi di Instagram Story yang berikutnya ada penggunaan hashtag atau tagar. Sobat MEA bisa mencantumkan hashtag dengan cara menulisnya secara manual dengan menekan ikon font sebelum mengunggah story.

Menggunakan hashtag akan sangat efektif apalagi jika Sobat MEA menggunakan akun bisnis. Hashtag dapat meningkatkan visibilitas. dengan hashtag yang tepat, konten Instagram Story Sobat MEA bisa dilihat, ditampilkan dan direkomendasikan lebih banyak pada pengguna Instagram lain.

7. Perbanyak Interaksi dengan Audiens

Salah satu kelebihan berjualan secara online melalui sosial media adalah kemampuan penjual mau pun pembeli untuk saling berinteraksi. Demi mendorong loyalitas pelanggan atau  melakukan closing penjualan, Sobat MEA wajib untuk memperbanyak interaksi dengan audiens. 

Semakin banyak interaksi, maka semakin besar kemungkinan audiens merasa dihargai dan menjadi loyal pada brand Sobat MEA. Ada beberapa fitur yang bisa Sobat MEA gunakan untuk meningkatkan interaksi di Instagram Story, berikut di antaranya:

  • Balasan Anda: Fitur ini bermanfaat untuk mengetahui seberapa banyak audiens atau calon customer yang sesuai dengan produk yang Sobat MEA jual.
  • Pertanyaan: Fitur ini bisa Sobat MEA gunakan sebagai sarana informasi customer service menampung dan menjawab pertanyaan seputar produk.
  • Kuis: Kuis bisa Sobat MEA gunakan sebagai survei product knowledge. Dengan membuat kuis, Sobat MEA bisa menemukan mana pelanggan setia dan menambah followers baru pada akun.
  • Polling: Fitur satu ini berisi dua pilihan yang ditujukan dalam presentase. Sobat MEA bisa menemukan preferensi audiens terhadap produk melalui dua atau lebih pilihan yang dapat audiens pilih.

8. Tambahkan CTA (Call To Action)

Terakhir dan jangan sampai dilupakan adalah menambahkan call to action atau ajakan agar audiens melakukan apa yang kita inginkan.Sebagaimana promosi pada umumnya, menggunakan CTA ini menjadi sangat penting di Instagram Story. Apalagi jika Sobat MEA membuat promosi hard selling.

Sekian penjelasan cara promosi di Instagram Story yang bisa kami bagikan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang berusaha membangun bisnis dan mencari cara strategi promosi terbaik di media sosial khususnya Instagram!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.