Panduan Lengkap 9 Cara Menggunakan YouTube Creator Studio

by Bagus Alhadi
Cara Menggunakan YouTube Creator Studio

Bagi Sobat MEA yang ingin menjadi seorang YouTuber, hal pertama yang wajib untuk dipelajari adalah bagaimana cara menggunakan YouTube Creator Studio. Hal ini sangat penting karena Creator Studio ini menjadi tempat utama aktivitas sebuah channel YouTube.

Dewasa ini sering kita temui konten-konten seorang creator dari YouTube yang banyak membahas tentang materi apapun pada channel-nya. Mulai dari konten edukasi, review, daily vlog, dan sampai konten eksplorasi mau pun traveling. Semua hal itu tak lepas dari penggunaan YouTube Creator Studio untuk memproduksi kontennya.

Cara menggunakan YouTube Creator Studio ini cukup mudah. Dengan Creator Studio, Sobat MEA dapat mengontrol pembuatan konten, mengelola dan memantau video yang akan atau telah di produksi. Buat Sobat MEA yang memang ingin tahu cara menggunakan YouTube Creator Studio dan tips agar cepat monetisasi akun, yuk simak artikel ini sampai habis!

Table of Contents

Mengenal YouTube Creator Studio

Mau tahu cara cepat monetisasi akun YouTube kamu?
Yuk gabung di komunitas content creator MEA dan diskusi bareng creator YouTube lainnya!

YouTube Creator Studio adalah sebuah aplikasi dan platform yang diciptakan oleh YouTube untuk memberikan kemudahan kepada para content creator YouTube. Dengan YouTube Creator Studio, para kreator dapat mengunggah, mengedit, dan menganalisis video mereka, serta berinteraksi dengan komentar dari penonton mereka.

Penting untuk dicatat bahwa memiliki channel YouTube berbeda dengan memiliki akun YouTube atau akun Google. Semisal Sobat MEA hanya menggunakan YouTube untuk menonton video, akun YouTube atau Google saja sudah cukup. Namun, jika ingin membuat dan mengunggah konten sendiri, Sobat MEA harus mempunyai saluran atau channel YouTube.

Cara menggunakan YouTube Sreator Studio tidak perlu mencapai jumlah subscriber tertentu. Satu-satunya syarat yang harus dipenuhi adalah mempunyai channel YouTube. Jika belum memiliki channel YouTube, Sobat MEA dapat membuatnya terlebih dahulu. Setelah memiliki channel, barulah Sobat MEA dapat mengakses YouTube Creator Studio.

2 Cara Mengakses YouTube Creator Studio

Saatnya dapat komisi Shopee Affiliate sampai 30%!
Dengan daftar ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

1. Komputer/Dekstop

Jalur paling efisien adalah dengan mengunjungi YouTube Creator Studio melalui browser favorit Sobat MEA. Jika Sobat MEA sedang menggunakan YouTube di komputer, cukup klik gambar profil yang terletak di sudut kanan atas layar, lalu pilih opsi YouTube Creator Studio dari menu dropdown yang muncul.

2. HP

Selain itu, tersedia pula aplikasi mobile YouTube Studio yang dapat Sobat MEA unduh di perangkat seluler. Dibandingkan dengan aplikasi YouTube konvensional, perlu diingat bahwa Sobat MEA perlu mengunduh aplikasi YouTube Creator Studio secara terpisah. Aplikasi ini dapat diunduh baik itu di PlayStore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Walaupun pengelolaan video di YouTube Creator Studio versi browser atau desktop dapat terasa lebih nyaman, disarankan untuk mengunduh aplikasinya dan mengaktifkan notifikasi. Dengan demikian, Sobat MEA dapat menerima pembaruan terkait komentar dan tetap terhubung dengan para subscriber.

Cara Menggunakan YouTube Creator Studio dan Pengelolaannya

Setelah mengetahui cara mengakses Creator Studio, saatnya Sobat MEA mengetahui berbagai fitur yang ada di dalamnya. Jika sudah familiar dengan setiap fiturnya, Sobat MEA akan lebih mudah untuk belajar cara menggunakan YouTube Creator Studio dan bagaimana cara pengelolaan yang efektif. Nah berikut ini adalah 9 fitur utama YouTube Creator Studio dan cara menggunakannya. Simak!

1. Dashboard

Dasbor YouTube Creator Studio sebenarnya berfungsi sebagai beranda pusat kontrol channel YouTube. Di sini, Sobat MEA akan menerima ringkasan tingkat tinggi mengenai kinerja video terbaru, semua aktivitas terkini di channel YouTube, komentar paling baru, dan pertumbuhan jumlah subscriber di channel tersebut.

cara menggunakan youtube creator studio

2. Channel Video/Content

Tab ini menjadi tempat untuk Sobat MEA bereksplorasi tentang semua konten yang telah diupload. Seperti halnya konten video dengan durasi penuh, video shorts, live stream dan playlist, semua tersaji rapi di sini. Sebagai seorang kreator YouTube, besar kemungkinan Sobat MEA akan menghabiskan sebagian besar waktumu di bagian studio yang satu ini.

Ketika Sobat MEA mengklik video atau postingan, maka akan langsung diarahkan ke halaman khusus yang memungkinkan kamu dapat mengonfigurasi hampir setiap aspek terkait unggahan tersebut.

cara menggunakan youtube creator studio

Sebuah set tab baru akan muncul di sisi kiri layar, memberikan akses cepat ke analitik untuk video tertentu dan bahkan menyediakan editor video dasar. Dengan editor ini, kamu dapat melakukan pemotongan dan penyesuaian lain pada klip video yang akan diunggah.

3. Analytics

Pada bagian Analitik, Sobat MEA dapat menjelajahi kinerja keseluruhan channel yang dibangun, serta melihat performa khusus dari berbagai jenis konten yang telah dibagikan, seperti video, Video Shorts, siaran langsung, dan postingan. Informasi tambahan yang bermanfaat juga dapat diakses di sini, termasuk data tentang audiens, demografi mereka, dan cara mereka berinteraksi dengan konten yang kamu hasilkan.

4. Menu Comment

Semua komentar yang diterima oleh saluran YouTube milikmu dapat ditemukan di bagian ini. Kamu juga memiliki opsi untuk menyaringnya menggunakan filter khusus, contohnya, menyaring berdasarkan komentar yang belum mendapatkan respons. Bagian ini memiliki peran penting, sebab menurut pandangan saya, saluran YouTube yang berkualitas adalah yang aktif merespons komentar dari para penontonnya.

5. Subtitle

6. Copyright/Hak Cipta

Penting untuk diingat, bagian ini sangat relevan bagi mereka yang tengah mempelajari cara menggunakan YouTube Creator Studio tahun 2023. Menu ini memiliki manfaat yang signifikan dalam melaporkan video yang diunggah ulang oleh orang lain, yang umumnya dikenal sebagai reuploader.

Pada bagian ini juga, Sobat MEA dapat menemukan segala tantangan hak cipta yang mungkin muncul pada video Sobat MEA. Terdapat juga opsi untuk membuat tantangan baru dengan menggunakan tombol ‘Permintaan Penghapusan Baru’ yang terletak di pojok kanan atas.

7. Monetization

Bagian ini memiliki relevansi yang cukup tinggi terutama bagi mereka yang bercita-cita mendapatkan penghasilan dari YouTube. Umumnya, para pemula yang masih dalam proses monetisasi saluran mereka akan sering melirik bagian ini.

Hal ini karena menu Monetisasi memiliki peran krusial dalam menunjukkan perkembangan saluran, apakah telah mencapai persyaratan minimal untuk monetisasi atau masih belum. Untuk syarat minimal agar bisa di monetisasi, channel YouTube harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam penayangan dalam 365 hari terakhir.

8. Audio Library

Jika Sobat MEA mengklik atau membuka Menu Pustaka Audio di YouTube Studio, akan segera diarahkan ke halaman Pustaka Audio YouTube. Di sana, tersedia beragam musik gratis yang dapat digunakan untuk memperkaya konten video Sobat MEA.

9. Create/Upload

Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk mengunggah video, memulai live streaming dan membuat kiriman di halaman Komunitas saluran YouTube Sobat MEA.

Nah itu dia pembahasan dari cara menggunakan YouTube Creator Studio yang bisa Sobat MEA ulik untuk kebutuhan membuat konten di channel YouTube. 

Untuk kedepannya, semoga Sobat MEA dapat menerapkan dasar-dasar penggunaan YouTube Creator Studio yang ada pada artikel ini, dan menjadi Youtuber yang dikenal oleh banyak orang. Akhir kata, jadilah jawara, jagoan wirausaha!

You may also like

Leave a Comment