7 Syarat Monetisasi YouTube Shorts. Pendapatannya Bisa Fantastis Loh!

syarat monetisasi YouTube Shorts

Perlahan tapi pasti, YouTube mulai memperkenalkan fitur YouTube Shorts yang mirip dengan video-video pendek TikTok. Sebelumnya, YouTube Shorts nggak bisa dimonetisasi oleh para YouTuber meski memiliki banyak subscriber. Rupanya, ada syarat monetisasi YouTube Shorts yang baru pihak YouTube umumkan.

Seperti kita ketahui, banyak orang yang ingin menjadi YouTuber karena potensi mendapatkan uang dari adsense. Kini, YouTube mulai berpindah untuk mengembangkan YouTube Shorts demi menyaingi Instagram Reels dan juga TikTok. Kabar baiknya, kini para kreator sudah bisa mendapat uang dari YouTube Shorts.

Table of Contents

YouTube Shorts Kini Bisa Monetisasi

Kamu bisa maksimalkan media sosial YouTube untuk dapat cuan
Yuk Gabung Grup Content Creator Sosial Media MEA GRATIS!

Seperti kita ketahui, banyak YouTuber yang mengeluh karena konten video pendek mereka nggak kunjung menghasilkan uang dari adsense. Kini, YouTube sendiri telah mengumumkan bahwa mereka siap untuk membayar para kreator Shorts. Penghasilan YouTube Short sendiri cukup fantastis, yaitu berkisar dari Rp1,4 juta, 10 juta, sampai Rp143,9 juta. Inilah mengapa banyak orang yang mencari tahu cara mendapatkan uang dari YouTube Short dan daftar Adsense YouTube Shorts untuk meningkatkan penghasilan.

Kendati begitu, YouTube masih menerapkan hal ini di 10 negara saja. Beberapa negara antara lain Indonesia, Amerika Serikat, India, Brazil, Jepang, Inggris, Meksiko, Nigeria, Rusia dan Afrika Selatan. Negara-negara lainnya juga akan menyusul. 

Karena mendapat penghasilan yang cukup fantastis, tentu saja ada syarat untuk melakukan monetisasi ini. Emang apa aja? Daripada penasaran, yuk simak langsung di bawah ini!

Faktor Jumlah Monetisasi Dari YouTube Shorts

Bikin konten video pendek itu nggak susah loh
Ketahui cara bikin konten dari awal sampai akhir

Pengumuman mengenai monetisasi ini membuat banyak kreator yang senang. Meskipun demikian, ada beberapa syarat monetisasi YouTube Shorts yang harus Sobat MEA penuhi. Pembagian penghasilan atau gaji juga dihitung berdasarkan beberapa faktor di bawah ini:

  1. Faktor pertama adalah jumlah penayangan. Sobat MEA akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan jumlah penayangan di YouTube Shorts
  2. Penghasilan juga ditentukan dari mana audiens atau penonton berasal, apakah merupakan penonton organik atau scroll bot. Sedangkan untuk adsense YouTube Shorts sendiri akan ditentukan dari audiens organik Sobat MEA agar iklan yang muncul sesuai dengan kebtuhan dan minat audiens.
  3. Dan faktor-faktor lainnya

Sayangnya, pihak YouTube nggak memberikan detail mengenai jumlah minimum penayangan YouTube Shorts. Namun setidaknya Sobat MEA bisa lebih mudah untuk mendapatkan uang dengan memenuhi syarat monetisasi YouTube Shorts di bawah ini.

Syarat Monetisasi YouTube Shorts

syarat monetisasi YouTube Shorts

Setelah mengetahui bagaimana sistem pembayarannya, Sobat MEA juga harus tahu syarat monetisasi YouTube Shorts. Berikut ini beberapa syaratnya. Simak!

  1. Syarat monetisasi YouTube Shorts yang pertama adalah kreator harus memiliki setidaknya 1.000 subscribers.
  2. Konten kreator harus memiliki setidaknya 10 juta views dalam 90 hari terakhir. 
  3. Kreator membuat video yang otentik dan bukan konten daur ulang yang terunggah juga di media sosial lain
  4. Kreator minimal berusia 13 tahun.
  5. Sang kreator harus menautkan akun AdSense. Bonus akan YouTube kirim langsung pada akun tersebut.
  6. Akun YouTube harus memiliki minimal 1 video Shorts dalam 90 hari sampai 180 hari terakhir.
  7. Kreator harus mengikuti YouTube Community Guidelines.

Petunjuk Umum YouTube Short

syarat monetisasi YouTube Shorts

Setelah memenuhi semua syarat monetisasi YouTube Shorts di atas, Sobat MEA bisa langsung mengunggah dengan petunjuk umum YouTube Shorts berikut ini:

1. Resolusi dan Rasio Video

Agar video yang ditampilkan memberikan hasil yang jelas dan tajam, kami merekomendasikan Sobat MEA untuk mengunggah konten dengan kualitas full HD 1080p. Ukuran yang direkomendasikan untuk video full vertikal adalah 1080×1920 p. Namun YouTube Shorts juga bisa menampilkan video dengan kualitas di bawah itu yaitu dengan ukuran 720p atau 720x1280p untuk video vertikal.

Untuk rasionya sendiri, sebaiknya Sobat MEA menggunakan ukuran 9:16 untuk video vertikal, 16:9 untuk video horizontal, dan 1:1 untuk video persegi.

2. Format

Hal lain yang perlu Sobat MEA perhatikan adalah format video yang akan diunggah ke YouTube Shorts. Format yang direkomendasikan dalam petunjuk umum YouTube Short adalah .MPEG-2 atau .MPEG-4. Sobat MEA juga bisa menggunakan format lain seperti .AVI, .MOV, .WMV, .FLV, .MP4, WebM, 3GPP, .MPEG-1, .MPEGPS, DNxHR, ProRes, HEVC, atau CineForm.

3. Ukuran dan Durasi

Hal yang membedakan YouTube Shorts dengan fitur video di Instagram Reels dan TikTok adalah dari segi durasinya. Sobat MEA bisa melakukan cara mendapatkan uang dari YouTube Short dengan mengunggah video berdurasu 15-60 detik. Semakin lama durasi video, maka akan semakin besar pula ukurannya.

Untuk itu, pastikan agar ukuran video tidak melebihi 256 GB.

4. Judul dan Deskripsi Video

Petunjuk umum YouTube Short berikutnya dapat Sobat MEA terapkan pada judul dan deskripsi video. Hindari pembuatan judul yang terlalu panjang karena akan membuat judul menjadi tidak terbaca. Sobat MEA bisa membuat judul sepanjang 2 baris dengan maksimal 40 karakter pada masing-masing baris. Untuk deskripsi atau caption-nya sendiri lebih pendek, yaitu 2 baris dengan masing-masing baris memuat maksimal 35 karakter.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Short

syarat monetisasi YouTube Shorts

Sobat MEA sudah mengerti tentang syarat monetisasi YouTube Shorts dan petunjuk umum YouTube Short. Sekarang saatnya kami membagikan beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube Short yang bisa dilakukan oleh pemula.

Hal pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah dengan daftar adsense YouTube Shorts. Setiap iklan yang muncul dan dilihat oleh audiens akan meningkatkan pendapatan Sobat MEA. Untuk itu agar iklan yang muncul tidak mengganggu dan relevan dengan kebutuhan audiens, Sobat MEA juga harus bisa membuat konten yang menarik dan sesuai.

Selanjutnya, Sobat MEA bisa melakukan cara aktifkan monetisasi YouTube Short agar setiap penghasilan dapat terhitung dengan akurat dan dapat Sobat MEA tarik secara tunai. Jadi Sobat MEA akan semangat untuk membuat konten yang lebih menarik.

Pastikan juga untuk memenuhi semua syarat monetisasi YouTube Shorts dan membuat konten yang sesuai dengan ketentuan agar Sobat MEA tidak melanggar peraturan yang ada. Dengan mengikuti petunjuk umum YouTube Short, Sobat MEA juga akan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari konten yang dibuat.

Nah itu dia pembahasan lengkap mengenai syarat monetisasi YouTube Shorts, petunjuk umum, dan cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA tertarik untuk pindah dan membuat konten di YouTube?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.