Ketahui Dulu Ukuran Layar Video YouTube Kalau Mau Upload. Biar Viewers Banyak!~

ukuran layar video youtube

Jauh sebelum TikTok populer, YouTube sudah menjadi platform video dengan banyak pengguna. Banyak content creator yang memulai karirnya di YouTube. Untuk menjadi YouTuber, ada satu hal penting yang harus dipahami yaitu ukuran layar video YouTube.

Mengapa? Sebab hal ini juga menentukan kualitas konten dari akun YouTube Sobat MEA. Apalagi jika Sobat MEA ingin monetisasi YouTube. Jangan sampai Sobat MEA remehkan karena berpengaruh pada jumlah viewers akun YouTube. 

Saat menonton YoTtube, tentunya Sobat MEA ingin menonton video dengan nyaman di mata, bukan? Itulah salah satu alasan mengapa ukuran layar video YouTube harap diperhatikan. Karena ukuran yang tepat penting untuk membuat viewers betah menonton video tersebut. 

Lantas bagaimana ukuran video layar YouTube yang tepat untuk menjadi YouTuber? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Ukuran Layar Video YouTube yang Tepat Untuk YouTuber

ukuran layar video YouTube

Jaman sekarang, banyak sekali orang yang senang mengupload video ke YouTube. Baik hanya untuk dokumentasi, maupun untuk mendapatkan uang dari YouTube.

Apapun tujuannya, yang penting Sobat MEA memperhatikan satu hal sebagai faktor utama keberhasilannya, yaitu ukuran layar video YouTube yang akan diupload. Hal ini tentu berbeda dengan video sosial media lainnya.

Resep Super Jadi YouTuber

Ingin jadi youtuber sukses hingga mendapatkan Adsense ratusan juta perbulan? Yuk kepoin resepnya di sini. Join sekarang!

Nah, untuk mengetahuinya, silakan Sobat MEA baca terlebih dahulu artikel ini sampai selesai. MiMe akan jelaskan ukuran layar video yang tepat mulai ukuran, resolusi, hingga format video yang untuk YouTube. 3 hal tersebut menjadi faktor penting yang mempengaruhi kualitas serta keberhasilan konten YouTube. 

Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai ukuran, resolusi, dan format yang tepat untuk video YouTube, bisa Sobat MEA lanjut baca di bawah ini. 

Ukuran Video Youtube Terbaik

Untuk menjadi YouTuber, tentunya kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Kemudian rutin mengunggah video sesuai dengan minat target pasarmu. Jika belum memilikinya, maka daftar akun dan buat channel dulu di sini.

Ukuran video untuk YouTube biasanya menggunakan ukuran video landscape. Tapi meski begitu, kini Sobat MEA juga bisa mengupload video YouTube dengan mode portrait.

Adapun ukurannya yaitu menggunakan aspek rasio 16 9 untuk video landscape yang Sobat MEA upload. Lebih lanjut, ada ukuran sendiri untuk masing-masing video, tergantung dari resolusi yang diinginkan. Berikut aturan untuk ukuran video layar YouTube:

ResolusiUkuran video YouTube
240p426×240 (16:9)
360p640×360 (16:9)
480p854 x 480 (16:9)
720p1280×720 (16:9)
1080p1920×1080 (16:9)
1440p (2k)2560×1440 (16:9)
2160p (4k)3840 x 2160 (16:9)

Tapi biasanya, jika Sobat MEA mengunggah video ke YouTube dengan ukuran di atas tidak akan terlihat pas di player YouTube.

Hal ini berlaku sama dengan ukuran membuat thumbnail di YouTube yang harus memiliki ukuran yang sesuai. Thumbnail YouTube sendiri adalah bagian cover video YouTube yang akan tampil sebelum seseorang mengklik video tersebut.

Saatnya Ubah Skill Jadi Berhasil!

Gak usah insecure, semua punya peluang jadi YouTuber kok. Mau tau cara kembangin skillmu? Join sekarang, kami siap membimbingmu!

Oleh karena itu, harap perhatikan baik-baik ukuran file video YouTube sebelum Sobat MEA upload video tersebut. Tenang, Sobat MEA bisa kok memperbesar atau mengecilkan ukuran video melalui beberapa aplikasi di hp atau software di PC/Laptop.

Resolusi Video YouTube Terbaik

ukuran layar video YouTube

Selain ukuran video YouTube yang tepat, Sobat MEA juga perlu memperhatikan resolusi untuk video yang akan Sobat MEA upload.

Kini YouTube sudah menyediakan kualitas video resolusi tinggi atau resolusi HD. Dengan begitu, video yang Sobat MEA upload atau tonton akan lebih menarik dan nyaman di mata.

Tapi jika Sobat MEA ingin mengupload video beresolusi tinggi, maka ada standar yang perlu Sobat MEA patuhi. Berikut standar untuk video YouTube beresolusi tinggi:

DetailRekomendasi
Video formatMP4
Audio CodecAAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video Codech264
Frame RatesSesuaikan dengan video material aslinya agar tidak terlihat patah-patah

Dengan standar tersebut, maka Sobat MEA bisa mendapatkan kualitas video yang tinggi di YouTube. Dan tentu saja bisa didukung dengan perangkat yang mumpuni.

Format Video YouTube Terbaik

Hal selanjutnya untuk membuat video YouTube yang berkualitas adalah memperhatikan format video yang akan diupload ke YouTube. Dalam hal ini, Sobat MEA tentunya tidak bisa sembarangan memilih berbagai macam format video ke YouTube. 

Ada beberapa rekomendasi format video yang bisa Sobat MEA gunakan, antara lain: 

Kelas Jago Ngonten yang Bikin Kamu Makin Beken!

Jadi YouTuber itu jangan setengah-setengah biar keren. Contek dulu resep jadi youtuber beken di sini!
  • MOV
  • MPEG4
  • MP4
  • AVI
  • WMV
  • MPEGPS
  • FLV
  • 3GPP
  • WebM

Tapi ada format video yang paling bagus dan sangat direkomendasikan terutama untuk YouTube, antara lain:

DetailKeterangan
FormatFormat Mp4 dan Mpeg4
Audio CodecAAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz)
Video Codech264
Frame RatesSesuaikan dengan video material aslinya supaya video yang di upload tidak terlihat patah-patah

Jadi, pastikan Sobat MEA menggunakan salah satu format video yang sudah disebutkan di atas untuk upload video ke YouTube, terutama mengenai video codec h264.

Dengan begitu, video yang Sobat MEA upload sudah sesuai dengan player YouTube dan terlihat lebih bagus. Tapi untuk mengubah format video, bisa gunakan sejumlah aplikasi maupun software, seperti Corel Video Studio.

Bagaimana? Sudah paham mengenai ukuran layar video YouTube? Tapi untuk menjadi YouTuber yang sukses, ada yang paling penting dari itu semua, yaitu tetap update tren, upgrade ide konten dan kreativitas, serta jangan pernah berhenti belajar seputar YouTube dan apapun yang dibutuhkan. 

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.