8 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari YouTube. Ada yang Belum Kamu Tahu?

cara mendapatkan uang dari YouTube

Bagi Sobat MEA yang senang membuat video pasti sudah nggak asing lagi dengan platform YouTube. Hari ini hampir semua orang tahu YouTube adalah platform yang bisa menghasilkan uang. Kendati begitu, nggak banyak orang yang tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube.

YouTube sendiri merupakan salah satu platform video yang memiliki banyak pengguna. Ada banyak sekali kreator dan juga artis-artis tanah air yang menjadi seorang konten kreator YouTube secara penuh. Penghasilan yang menggiurkan membuat banyak orang juga tertarik menjadi seorang YouTuber.

Beragam Cara Mendapat Uang Penghasilan dari YouTube

Mau nambah subscriber YouTube dengan cepat?

Gabung Kelas YouTube Mastery MEA aja!

Membuat konten video dan menguploadnya ke YouTube secara konsisten dapat menghasilkan uang. Tentu saja sebelum itu, Sobat MEA harus mengerti bagaimana sih sebenarnya cara mendapatkan uang dari YouTube. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah cara menghasilkan uang dari platform video berlogo merah ini. Check this out~

Monetisasi Video YouTube dan YouTube Shorts

Mau cepet lancar ngomong depan kamera?

Gabung aja Kelas Public Speaking MEA!

Salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube adalah dengan sign in ke akun YouTube dan mulai membuat konten lalu mengupload video serta melakukan monetisasi.

Tentu saja Sobat MEA harus memenuhi syarat untuk mulai melakukan monetisasi terhadap video YouTube. Nah berikut ini adalah beberapa syarat monetisasi yang harus Sobat MEA penuhi. Yuk langsung simak aja di bawah ini!

Syarat dan Cara Monetisasi di YouTube

  1. Setidaknya memiliki 1.000 subscriber
  2. Memiliki 4.000 jam waktu nonton publik dalam kurun waktu 12 bulan terakhir
  3. Sobat MEA tinggal di negara yang memiliki akses program
  4. Sobat MEA sudah membuat akun AdSense dan menautkannya pada akun YouTube
  5. Nggak memiliki peringatan atau teguran panduan komunitas
  6. Sobat MEA mematuhi semua peraturan monetisasi YouTube.

Cara Pasang Iklan Dari AdSense

  1. Pertama login dan masuk ke akun YouTube Sobat MEA
  2. Selanjutnya buka YouTube Creator Studio
  3. Setelah masuk, klik Konten pada menu sebelah kiri
  4. Lalu pilih video
  5. Pada menu sebelah kiri, klik Monetisasi
  6. Pilih jenis iklan pada bagian kanan atas yang ingin Sobat MEA jalankan
  7. Terakhir klik Simpan.

Product Placement

TikTok Shop kamu stuck gitu-gitu aja?

Gabung Kelas Top Seller TikTok Shop MEA aja!

Cara lain untuk mendapatkan uang dari pihak YouTube adalah melakukan product placement. Cara ini merupakan salah satu cara paling konvensional yang biasa digunakan di televisi maupun film.

Nah cara yang bisa Sobat MEA lakukan adalah menyisipkan produk pada video Sobat MEA. Entah itu menggunakan simbol, dekorasi, pakaian atau bahkan lewat editing. Tentu saja pendapatan Sobat MEA tergantung dengan kesepakatan bersama dengan brand.

Sponsor Video

Hampir sama dengan product placement, Sobat MEA juga bisa mendapat uang dengan metode sponsor video. Berbeda dengan product placement, sponsor video yang bertujuan untuk membuat konten bagi sponsor. 

Singkatnya, fokus utama dari video tersebut adalah sponsor. Secara nggak langsung, video yang Sobat MEA upload didanai oleh sponsor secara penuh. Kendati begitu, Sobat MEA juga harus kreatif agar video tersebut tetap menarik.

Link Afiliasi

Cara dapat uang dari YouTube berikutnya adalah dengan menuliskan link afiliasi pada deskripsi video Sobat MEA. Yup, Sobat MEA bisa menautkan link afiliasi hasil kerja sama dengan perusahaan atau produk tertentu.

Uang dari sistem link afiliasi ini Sobat MEA dapatkan saat ada seseorang melakukan pembelian lewat link. Sobat MEA akan mendapat keuntungan dari sana. Komisi yang Sobat MEA dapatkan juga menyesuaikan dengan perjanian yang telah disepakati.

Subscription

Cara dapat uang selanjutnya adalah dengan fitur subscription. Sobat MEA juga bisa loh mendapatkan uang dari subscription atau fan funding. Meski jarang YouTuber Indonesia lakukan, metode ini cukup efektif apalagi jika Sobat MEA memiliki sesuatu konten premium yang ditawarkan. Nah umumnya, fitur subscription ini bisa Sobat MEA aktifkan melalui Channel Membership Feature.

Menjual Merchandise

Saatnya kamu sukses jualan di Shopee

Siap tempur lawan kompetitor, bekali dengan strategi dari Kelas Shopee MEA!

Selanjutnya Sobat MEA juga bisa mendapatkan uang dari usaha atau berbisnis sendiri. Sobat MEA bisa berjualan di Shopee, Tokopedia, Lazada dan platform-platform marketplace lainnya.

Nah Sobat MEA bisa berjualan merchandise atau produk-produk buatan atau hasil produksi Sobat MEA. Sobat MEA bisa mendapat keuntungan lebih karena memiliki media promosi YouTube. Sobat MEA bisa mengajak penonton untuk membeli produk tersebut. Ya meski begitu, Sobat MEA harus memiliki banyak subscriber atau memiliki fanbase yang kuat terlebih dahulu.

Super Chat & Super Stickers Live Streaming YouTube

cara mendapatkan uang dari youtube

Terakhir adalah dengan melakukan live streaming. YouTube sendiri memang sudah menjadi tempat live streaming yang besar serupa dengan live streaming Facebook, TikTok dan platform-platform lainnya.

Nah mendapatkan uang dari streaming YouTube ini bisa datang dari fitur monetisasi yakni Super Chat dan Super Stickers. Nggak perlu khawatir, berikut ini cara mengaktifkan dua fitur monetisasi live streaming tersebut. Yuk simak!

  1. Sobat MEA bisa masuk dan login ke YouTube Creator Studio atau klik link ini
  2. Setelah masuk ke halaman utama, klik Monetisasi pada bagian menu kiri
  3. Selanjutnya klik tab Supers. Tab ini terbuka saat semua syarat sudah Sobat MEA penuhi. Klik link ini untuk mengetahui syaratnya
  4. Jika sudah mengikuti semua petunjuk, Sobat MEA bisa mengaktifkan 2 opsi Super Chat dan Super Sticker
  5. Pada masing-masing opsi tersebut terdapat tombol untuk mengaktifkan atau menonaktifkan.
  6. Selesai. Kini Sobat MEA sudah bisa mendapatkan gift dari para penonton live streaming.

Nah itulah 8 cara untuk menghasilkan uang dari YouTube. Gimana menurut Sobat MEA? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang ingin sukses berkarier dan melakukan monetisasi video YouTube ya. Aminn!~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.