Cara Daftar dan Verifikasi Akun Google AdSense. Yuk Dapat Cuan dari Hobi~

cara verifikasi akun google adsense

Hari ini Sobat MEA hanya perlu koneksi internet, pengetahuan dan keinginan untuk belajar untuk dapat uang dari internet. Salah satu caranya adalah lewat Google AdSense. Bicara soal AdSense, kini kita akan membahas tata cara verifikasi akun Google AdSense sampai bisa mencairkan uang.

Buat Sobat MEA yang belum tahu, Google AdSense adalah produk yang dikeluarkan oleh Google untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Karenaya, seseorang bisa mendapat uang dari hobi yang mereka sukai. Singkatnya, Google Adsense untuk sarana gaji content creator.

Dengan hadirnya Google AdSense, produk-produk seperti video YouTube maupun tulisan di blog Sobat MEA dapat menghasilkan uang. Google AdSense akan menampilkan iklan pada website maupun video YouTube dengan beberapa bentuk. Mulai dari teks, gambar dan juga video.

Cara Mendaftar dan Bergabung Google AdSense

Jualan bertahun-tahun tapi toko Shopee kamu nggak berkembang?

Yuk gabung Kelas Shopee MEA dan belajar bareng coach Yohan Agustian!

Setelah mengetahui apa itu Adsense, tentu Sobat MEA juga harus memahami bagaimana cara kita untuk mendaftar dan bergabung dengan Google AdSense. Sebenarnya, bergabung dengan AdSense bukan sesuatu yang sulit nan rumit.

Sobat MEA hanya perlu mendaftarkan akun email aktif milik Sobat MEA dan selanjutnya Sobat MEA sudah memiliki akun AdSense. Setelah terdaftar, Sobat MEA tinggal menautkan atau mendaftarkan aset digital seperti blog dan juga kanal YouTube untuk mendapat peninjauan Google.

Tutorial Cara Verifikasi Akun Google AdSense Untuk Pembayaran

Saatnya kamu bersinar dan dikenal sebagai content creator TikTok

Gabung bareng creator besar lain di Kelas Top Creator TikTok sekarang juga!

Mendaftar AdSense itu terbilang mudah. Namun mendapatkan pembayaran langsung itu adalah hal yang berbeda. Pasalnya,  ada beberapa tahapan yang harus Sobat MEA ikuti  agar bisa mendapatkan pembayaran.

Nah berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus Sobat MEA perhatikan agar bisa mendapat pembayaran dari Google AdSense. Nah daripada berlama-lama lagi,  yuk langsung simak cara verifikasi akun Google AdSense. Check this out~

Memverfikasi Data Google AdSense Dengan KTP

Bikin konten video tapi nggak percaya diri?

Ayo asah kemampuan kamu di Kelas Public Speaking MEA!

Hal yang cukup krusial jika ingin mendapatkan penghasilan dari AdSense adalah memverifikasi akun Google AdSense kita. Nah hal pertama adalah memverifikasi data AdSense menggunakan KTP atau tanda pengenal seperti SIM. Berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Pertama adalah buka halaman Google AdSense dan login ke akun AdSense Sobat MEA
  2. Sebelum mulai verifikasi identitas, pastikan alamat pembayaran akun sama dengan alamat KTP.
  3. Cara untuk memeriksanya adalah klik tombol Gerigi di pojok kanan
  4. Selanjutnya pilih Pembayaran
  5. Pilih Profil Penerima Pembayaran dan klik Edit
  6. Selanjutnya buka situs verifikasi atau klik di sini
  7. Masukan data yang Google minta seperti nama, email dan lampiran KTP dan klik Kirim
  8. Selesai. Kini Sobat MEA tinggal menunggu data akun terverifikasi.

Verifikasi Alamat

cara verifikasi google adsense

Setelah memastikan dan mengonfirmasi alamat dengan KTP, Sobat MEA tinggal menunggu pengiriman PIN AdSense 6 digit yang akan Google kirimkan ke alamat tertera. Agar mendapat uang Sobat MEA harus memasukan PIN AdSense yang Google kirimkan ini.

Karena akan menerima surat yang berisi PIN, Sobat MEA dilarang untuk mengisi alamat secara asal dan nggak sesuai dengan data diri yang ada. Sebab, agar bisa mengaktifkan AdSense Sobat MEA wajib untuk memverifikasi alamat menggunakan verifikasi PIN  yang Google kirimkan lewat layanan POS dalam waktu 2 4 minggu.

Menentukan Metode Pembayaran

Setelah itu, Sobat MEA  diminta untuk menentukan metode pembayaran Google AdSense yang Sobat MEA inginkan. Akun Sobat MEA bisa ditangguhkan jika Sobat MEA belum memilih metode pembayaran ini. Nah terdapat beberapa metode yang Google sediakan. Berikut ini adalah detilnya;

  1. Cek
  2. Transfer Dana Elektronik
  3. Single Euro Payments Area (SEPA)
  4. Rapida
  5. Transfer Bank

Sebagai orang Indonesia, akan lebih baik Sobat MEA memilih metode pembayaran dengan menggunakan transfer bank. Sobat MEA bisa menggunakan nomor rekening dari bank lokal Indonesia.

Memasukan Nomor Rekening ke AdSense

Setelah menentukan metode pembayaran, Sobat MEA tentunya harus memasukan dan melakukan verifikasi nomor rekening untuk menerima uang atau mencairkan penghasilan yang Sobat MEA dapatkan. Berikut ini adalah cara untuk memasukan nomor rekening ke YouTube dan situs.

  1. Pertama buka halaman AdSense dan login menggunakan akun kamu
  2. Pada panel navigasi kiri, klik menu Pembayaran
  3. Klik Tambahkan Metode Pembayaran
  4. Selanjutnya pilih tombol Radio untuk masuk ke menu Transfer bank ke rekening bank lalu klik Lanjutkan
  5. Terakhir, masukan informasi rekening bank dan klik Konfirmasi
  6. Selesai. Kini rekening Sobat MEA sudah tertaut dengan akun AdSense Sobat MEA

Kapan Saldo AdSense Bisa Dicairkan?

Setelah melewati semua proses verifikasi, Sobat MEA pasti bertanya, bagaimana cara kita mencairkan penghasilan dari Google AdSense ini? Untuk mencairkan pendapatan dari AdSense ini, Sobat MEA harus memenuhi syarat dan mematuhi peraturan.

Berdasarkan halaman resmi Google sebuah akun yang aktif baru bisa mencairkan penghasilan jika sudah melewati saldo minimum yang disebut ambang batas pembayaran.

Saldo minimum agar bisa dicairkan adalah Rp1,3 juta. Jika saldo berada di bawah angka tersebut, Sobat MEA mungkin bisa mencairkan uang pada bulan dimana penghasilan Sobat MEA sudah mencapai atau melebihi Rp1,3 juta.

Nah itulah beberapa langkah dan cara verifikasi akun Google AdSense agar bisa Sobat MEA cairkan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua agar bisa menghasilkan uang dari AdSense ya. Oiya, jika sudah mendaftar, Sobat MEA harus menjaga keamanan akun Googlenya ya!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.