5 Platform Media Sosial Terbaik Untuk Belajar dari Influencer Marketing

influencer marketing

Hari ini dunia bergerak ke arah digital. Wajar jika kini banyak orang yang mencari cuan, penghasilan sampai ilmu lewat platform-platform media sosial. Salah satunya adalah para influencer marketing yang kini eksis di berbagai platform.

Tren media sosial terus berganti dengan cepat. Hari ini, ada beberapa platform yang paling kuat untuk meraih banyak followers atau berbagi ilmu pada orang lain. Namun sebelum membahas pada platform, Sobat MEA harus mengetahui dulu apa itu influencer marketing.

Apa Itu Influencer Marketing?

Kamu bisa sukses di Tokopedia

Belajar semua materi seller Kelas Metode Tokopedia Juara MEA!

Menurut kamus Cambridge, Influencer merupakan seseorang yang mampu mempengaruhi keputusan orang untuk membeli atau melakukan sesuatu. Sementara influencer marketing adalah para influencer yang berfokus untuk melakukan kegiatan-kegiatan marketing atau membahas seputar tentang marketing.

Beberapa influencer marketing terkenal di Indonesia seperti Niko Julius, Raymond Chin dan juga Yohan Agustian yang memimpin Komunitas Bisnis Online MEA Digital Marketing.

Tren dan 5 Platform Para Influencer Marketing

Mau scale up bisnis kamu tanpa harus ribet?

Serahkan saja pada tim manajemen marketplace MEA!

Setelah mengetahui apa itu influencer marketing, Sobat MEA pasti ingin mengetahui platform apa saja sih yang terbaik untuk belajar marketing dari para expert-expert marketing tersebut. Nah sebenarnya ada beberapa platform yang biasa digunakan sesuai dengan tren. 

Platform ini digunakan oleh semua influencer bisnis mulai dari mega, makro dan mikro influencer. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak 5 platform terbaik para expert ini. Check this out~

YouTube

Belajar jualan di Shopee dari 0 sampai jago

Dapatkan materi eksklusif seller Shopee dari Coach Yohan Agustian!

Pertama ada YouTube. Sebagai salah satu platform video paling lama dan populer, YouTube menjadi media sosial yang sangat baik bagi para influencer bisnis. Selain video panjang untuk menjelaskan banyak hal, kini YouTube juga memiliki fitur YouTube Shorts.

Skilskul Academy

Belajar jualan di Lazada sampai sukses

Pelajari semua rahasianya di Kelas Lazada Expert Plus bareng coach Johanes Lie

Selanjutnya ada Skilskul Academy dari MEA Digital Marketing. Skilskul menjadi platform yang sangat bagus untuk belajar materi terbaik dan eksklusif dari para influencer ini.

Selain itu, Sobat MEA juga bisa mencoba bergabung dengan kelas-kelas lain di Komunitas MEA dengan beragam pembahasan untuk pengembangan bisnis.

TikTok

Selanjutnya ada TikTok. Nggak bisa kita pungkiri, TikTok menjadi salah satu platform terbaik untuk para konten kreator hari ini. Sobat MEA bisa mendapat banyak informasi dan ilmu dari platform video pendek ini.

Namun, Sobat MEA harus tetap melakukan klarifikasi terhadap semua informasi. Jangan menelan semuanya mentah-mentah ya!

Instagram

Sama seperti TikTok, Instagram juga merupakan platform yang bagus. Biasanya para influencer bisnis menggunakan Instagram untuk berbagi kehidupan pribadi dan pemikiran-pemikiran mereka terhadap sesuatu. Singkatnya, Sobat MEA bisa mendapatkan insight lebih mendalam dan personal terhadap dunia marketing.

LinkedIn

Terakhir ada LinkedIn. Sebenarnya LinkedIn adalah platform khusus untuk para pekerja dan perusahaan. Karena itu, Sobat MEA bisa mendapatkan banyak ilmu dari platform ini. Konten paling populer di LinkedIn berbentuk tulisan.

Jadi, Sobat MEA bisa mendapat ilmu marketing dari para expert tanpa boros kuota. Kendati begitu, LinkedIn juga memperbolehkan para penggunanya berbagi video.

Nah itu 5 media sosial dan platfom terbaik untuk belajar dari para influencer marketing. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang mencari ilmu untuk mengembangkan bisnis ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.