Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula. Perhatikan Tips dan Trik ini~

cara jualan di instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Di Indonesia sendiri, Instagram merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Karena itu, Instagram sangat potensial untuk berbisnis. Pertanyaannya, bagaimana sih cara jualan di Instagram untuk para pemula?

Perlu Sobat MEA catat, pada dasarnya Instagram merupakan media sosial dan bukan marketplace. Karena itu, ada beberapa tips dan trik serta pendekatan yang berbeda mengenai cara jualan di Instagram.

Apakah Instagram Cocok Untuk Berjualan?

Bikin konten feed Instagram simpel dan berkualitas pakai Canva?

Gabung Kelas Canva MEA aja!~

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah Instagram cocok untuk berjualan? Jawabannya adalah cocok. Dengan jumlah pengguna yang besar, Instagram bisa menjadi salah satu media promosi untuk para pemula berjualan. Selain itu, sekarang Instagram memiliki fitur Instagram Shopping yang memang dirancang untuk para pebisnis kecil dan menengah. 

Tips dan Trik Jualan di Instagram Untuk Pemula

Tentu saja ada beberapa hal yang harus Sobat MEA perhatikan jika memang tertarik untuk berjualan lewat Instagram. Nah untuk itu, berikut ini adalah tips dan trik cara jualan di Instagram khusus untuk para pemula dan menengah. Yuk simak!

Buat Akun Instagram Bisnis

desain konten instagram

Langkah pertama adalah membuat akun Instagram bisnis. Pasalnya, Instagram bisnis memiliki fitur-fitur yang berbeda dengan akun biasanya. Misalnya, Sobat MEA bisa melihat insight.

Misalnya Sobat MEA bisa melihat detil mengenai audiens. Dari mulai asal kota, gender sampai umur. Hal ini berguna untuk Sobat MEA analisis sebelum menentukan strategi bisnis. Belum lagi, Instagram bisnis bisa menambahkan kontak, alamat email atau link pemesanan.

Nah berikut ini cara buat akun Instagram bisnis. Check this out~

  1. Pertama buka aplikasi Instagram
  2. Buat akun Instagram baru. Gunakan username yang sesuai, menarik, unik dan mudah diingat.
  3. Jika sudah mendaftar dan masuk, klik garis 3 yang ada pada bagian pojok kanan atas profil
  4. Pilih Setting – Account. Scroll sampai ke bawah dan klik bagian Switch to Professional Account
  5. Terakhir, isi data dan ikuti langkah-langkah yang ada lalu klik Konfirmasi
  6. Selesai. Kini akun Instagram bisnis Sobat MEA berhasil dibuat.

Memasang Iklan Instagram Ads

Rahasia pasang iklan di Instagram tepat sasaran

Yuk belajar bareng di Kelas FB/IG Ads MEA!

Selanjutnya adalah memasang Instagram Ads. Iklan Instagram sangat efektif untuk menarik perhatian atau bahkan membuat calon pembeli untuk memesan produk Sobat MEA.

Dengan Instagram Ads, Sobat MEA bisa meningkatkan jumlah followers, menciptakan brand awareness sampai meningkatkan penjualan. Belum lagi Instagram Ads bisa langsung menyasar audiens yang Sobat MEA inginkan.

Untuk cara membuat dan memasang Instagram Ads, Sobat MEA bisa klik di sini.

Maksimalkan Fitur Instagram Shopping

Percaya nggak kalau kamu bisa dapat duit dari WhatsApp?

Yuk pelajari caranya lewat kelas WA Marketing MEA!

Instagram Shopping adalah fitur yang baru Instagram rilis pada tahun 2020 silam. Meski terhitung baru, fitur ini bermanfaat agar Sobat MEA bisa membuat katalog produk. Mulai dari nama produk, deskripsi produk sampai link toko marketplace milik Sobat MEA.

Menariknya lagi, Instagram Shopping merupakan fitur yang punya tampilan menarik dan mudah untuk para pengguna akses dan gunakan. Jadi, maksimalkan ya!

Perkuat Konten Instagram Berkualitas

Rahasia bikin konten Instagram Reels viral

Yuk dapetin ribuan ide lewat Kelas Top Creator MEA!

Selanjutnya adalah memperkuat akun dengan konten Instagram yang berkualitas. Buatlah konten yang jelas dan punya tujuan. Buat konten selengkap mungkin untuk stories, feed dan juga Instagram Reels. Sobat MEA juga harus memanfaatkan URL di bio Instagram, hashtag dan sound yang sedang trending.

Nah itu lah beberapa langkah, cara beserta tips dan trik untuk mulai jualan di Instagram untuk pemula. Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin memulai bisnis lewat media sosial.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.