2 Cara Menggunakan Analitik TikTok dan Membacanya. Mudah!

by Husna Rahman
cara menggunakan analitik tiktok

Media sosial yang baik pasti memiliki fitur yang bisa melaporkan performa konten. TikTok menjadi salah satu aplikasi tersebut. Kendati demikian, banyak yang belum tahu bahwa TikTok memiliki fitur analitik. Karena itu, banyak juga yang belum tahu cara menggunakan analitik TikTok.

Sama seperti Instagram, YouTube maupun Facebook, fitur analitik TikTok berfungsi untuk melihat laporan konten dan aktivitas yang sudah Sobat MEA buat. Kemudian analitik TikTok yang menghasilkan laporan ini memungkinkan kita untuk menganalisa performa akun.

Misalnya, melihat performa konten-konten apa yang disukai followers, pada pukul berapa konten yang kita upload mendapatkan view tinggi sampai pada hari apa saja sih followers pada akun kita aktif. Tentu, hal ini akan membantu kita selaku seller dan content creator untuk mengembangkan akun lebih baik lagi.

Table of Contents

Apa itu Analitik TikTok?

Yuk belajar cara ngatur akun TikTok secara profesional
Gabung aja grup seller dan kreator TikTok MEA GRATIS!

Singkatnya, Tiktok Analytics adalah kunci utama untuk mengembangkan akun TikTok yang bisa digunakan secara gratis. 

Melalui fitur Analytics di Tiktok, Sobat MEA bisa mengetahui content strategy, video performance, total views, usia audiens, tempat tinggal audiens, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa mendapatkan data Analytic di Tiktok, jika mereka telah mengubah akun Tiktok  menjadi Pro Akun. Tapi sekarang, akun TikTok kita berpotensi menjadi akun seleb TikTok dengan berbagai iklan yang fantastis. 

Cara Menggunakan Analitik TikTok dengan Benar

Pengin dapat komisi extra dari TikTok Affiliate?
Yuk langsung aja gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga!

1. Menggunakan HP

Pertama ada cara untuk menggunakan analitik TikTok lewat HP. Sobat MEA hanya perlu mengandalkan aplikasi TikTok versi terbaru. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama buka aplikasi TikTok dan login ke dalam akun milikmu.
  2. Setelah masuk ke halaman utama, pilih ikon tiga garis di bagian pojok kanan atas.
  3. Kemudian klik Alat Kreator.
  4. Setelah masuk, Sobat MEA bisa langsung menuju bagian Analitik.
  5. Klik bagian tersebut untuk mendapatkan akses ke laporan analitik dan statusnya.

2. Menggunakan Desktop Komputer

Setelah handphone, Sobat MEA juga harus tahu cara menggunakan analitik TikTok lewat desktop komputer, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka situs web TikTok di sini.
  2. Login ke akun TikTok, dan arahkan kursor ke bagian profil. 
  3. Sobat MEA akan melihat bagian Analitik yang muncul.
  4. lalu pilih Lihat Analitik.
  5. Setelah masuk, Sobat MEA bisa melihat empat jenis data dalam analitik.
  6. Terakhir, lihat semua jenis data dan pelajari dengan seksama.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Analisis

Sebenarnya semua orang bisa membuka analitik. Tapi nggak semua orang bisa mendapatkan creator tools ini. Dari produk Wardah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuka analitik di TikTok. Berikut uraian lengkapnya:

1. Ikhtisar Profil Analitik

Pertama ada Ikhtisar Profil Analitik. Pada bagian ini, Sobat MEA bisa melacak tampilan video, total views, jumlah likes, dan jumlah followers. Data tersebut merupakan rangkuman date range pada previous period mulai 7 hari terakhir sampai 28 hari terakhir. Fitur ini bisa membantu Sobat MEA melihat konten mana yang harus dibuat lebih banyak atau lebih sedikit.

2. Wawasan Konten

3. Wawasan Pengikut

Ketiga ada Wawasan Pengikut. Seperti namanya, bagian ini melaporkan data para followers. Bagian ini memperlihatkan jumlah followers yang bertambah maupun berkurang. Wawasan Pengikut juga bisa memperlihatkan perbandingan gender sampai dengan usia penonton konten Sobat MEA.

Cara Mengatasi Analisis TikTok Tidak Muncul

Sebagai sebuah aplikasi, tentu TikTok tidaklah sempurna. Pasti ada error yang terjadi pada beberapa bagian saat kita menggunakan fitur-fiturnya. Salah satu yang mungkin bisa terjadi adalah fitur analisis yang nggak muncul. Jika ini terjadi, nggak perlu khawatir. Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengatasi analisis TikTok tidak muncul:

  • Tutup paksa dan restart ulang aplikasi TikTok.
  • Jika video baru diupload, tunggu beberapa waktu sebelum bisa memperlihatkan hasil analisis.
  • Periksa apakah ada update pada aplikasi. Jika aplikasi TikTok Sobat MEA belum diperbaharui, lakukan update aplikasi TikTok ke versi terbaru.
  • Hapus cache TikTok.

Nah itu dia beberapa cara menggunakan analitik TikTok dan cara membacanya. Sangat mudah, bukan? Semoga artikel ini bisa membantumu untuk mengembangkan akun TikTok yang lebih laris manis, ya. Pastikan Sobat MEA juga berkarya secara konsisten untuk mendapatkan hasil analitik yang lebih menarik. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment