4 Cara Print Invoice Shopee. Sekarang Nggak Bakal Bingung Lagi

cara cetak invoice shopee

Dalam berjualan secara online, Sobat MEA pasti sering mendengar kata invoice.Sama seperti di marketplace lain, berjualan dan belanja lewat Shopee juga menghasilkan invoice. Nah kali ini,kita akan membahas cara print invoice Shopee.

Perlu diketahui jika tahu rahasia mengenai invoice, Sobat MEA akan mudah melakukan beragam hal teknis saat berjualan. Sobat MEA bisa memudahkan Sobat MEA melakukan pengiriman dan juga menghemat waktu. 

Seblelum masuk dalam pembahasan, Sobat MEA harus mengetahui dahulu apa sih sebenarnya invoice. Secara singkat, invoice merupakan dokumen yang penting untuk menjadi bukti pembayaran setelah melakukan transaksi. 

Manfaat Invoice Dalam Transaksi Online

Shopee Mastery Premium

Bikin bisnis kalian semakin berkembang, dengan join Kelas Shopee Mastery Premium dari MEA

Invoice adalah sebuah hal yang penting. Bagi sebuah perusahaan atau bisnis tertentu, invice adalah data yang penting karena bisa mempermudah Sobat MEA untuk menghitung transaksi masuk dan keluar. Singkatnya, semua transaksi yang terjadi terekam dalam invoice.

Untuk sebuah perusahaan, invoice sangatlah penting karena akan mempermudah dalam menghitung transaksi dan menjadi bukti untuk seluruh transaksi.

Sebagai Bukti Pembayaran

Invoice juga berfungsi sebagai bukti pembayaran. Jika Sobat MEA berjualan lewat Shopee, maka invoice adalah hal yang sangat penting bagi pembeli karena merulakan bukti pembayaran.

Nantinya, hal ini akan membantu Sobat MEA dalam melakukan pemeriksaan barang yang sudah dibeli. Nah jika terjadi masalah tertentu, maka invoice akan menjadi bukti yang penting.

Sebagai Data dan Dokumen

Saatnya scale up omzet toko kamu sekarang juga

Yuk kerjasama bareng tim manajemen marketplace MEA!

Dari sisi pemilik toko, invoice Shopee sangat penting untuk mempermudah melihat data penjualan produk. Hasilnya, sebuah toko akan bisa menghitung pengeluaran dan pemasukan dengan efektif.

Singkatnya, invoice adalah data yang bisa Sobat MEA gunakan untuk beragam hal. Salah satu adalah mengatur strategi pemasaran berdasarkan invoice dan bahkan bisa menganalisa kesehatan toko Shopee.

Cara Print Invoice Shopee

Setelah mengetahui manfaatnya, Sobat MEA tentu harus mengetahui cara print invoice Shopee. Sebenarnya, ada 2 cara yang bisa Sobat MEA gunakan untuk cetak invoice Shopee ini. Nah berikut tutorial lengkap cara print invoice Shopee baik lewat website maupun aplikasi Shopee.

Melalui Aplikasi Shopee

Marketplace (e-commerce) Management

Bikin bisnis kalian semakin lancar dengan menggunakan Jasa Marketplace (e-commerce) Management dari MEA

Cara pertama adalah menggunakan aplikasi Shopee. Yup, Sobat MEA bisa mencetak invoice lewat hp. Namun, Sobat MEA hanya bisa mendownload invoicenya saja. Ini cocok buat Sobat MEA yang nggak memiliki printer atau komputer.

cara print invoice shopee
  1. Pertama login menggunakan akun toko Sobat MEA lewat aplikasi Shopee
  2. Klik Menu Saya
  3. Pilih produk yang sedang prodes kirim atau belum terbayar
  4. Pilih transaksi yang ingin Sobat MEA cetak
  5. Klik Lihat Faktur Invoice pada rincian produk
  6. Klik Kirim untuk mengirim invoice
  7. Cek email dari Shopee
  8. Download invoice
  9. Terakhir Sobat MEA print.

Print Invoice Shopee Lewat Website

Dibandingkan lewat aplikasi Shopee, Sobat MEA akan lebih mudah saat mencetak invoice lewat website atau lewat Shopee Seller Center

  1. Login akun Shopee web menggunakan PC
  2. Buka Seller Center atau klik di sini
  3. Klik Penjualan Saya
  4. Pilih menu Pengiriman Massal atau pilih produk yang akan dicetak invoicenya
  5. Pilih jasa pengiriman
  6. Checklist produk
  7. Klik Konfirmasi
  8. Klik Cetak Label agar invoice bisa Sobat MEA download.

Ketika sudah Sobat MEA download, maka Sobat MEA tinggal cetak invoice menggunakan mesin printer. Dengan ini, invoice sudah bisa Sobat MEA jadikan bukti transaksi pembelian barang di Shopee untuk perusahaan maupun pembeli.

Shopeasytools

Permudah bisnis kalian dengan menggunakan Shopeasytools dari MEA

Cara Print Resi Shopee Otomatis

Selain cara print invoice Shopee, Sobat MEA juga harus mengerti cara mencetak resi Shopee secara otomatis untuk Sobat MEA tempel pada produk. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti;

Lewat Aplikasi Shopee

Cara pertama adalah mencetak resi otomatis menggunakan aplikasi Shopee atau lewat hp. Nah berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Sobat MEA ikuti. Check this out~

  1. Klik Toko Saya pada bagian atas aplikasi Shopee
  2. Klik Dikemas, lalu pilih pesanan yang akan Sobat MEA kirim
  3. Pilih Atur Pengiriman > pilih Metode Pengiriman
  4. Klik Konfirmasi > pilih Cetak Resi Pengiriman dan tempel pada produk
cara cetak invoice shopee

Melalui Shopee Seller Centre

Selain menggunakan aplikasi, Sobat MEA akan lebih mudah mencetak resi melalui aplikasi Seller Centre. Nah berikut ini adalah cara yang bisa Sobat MEA ikuti. Yuk simak!~

  1. Login Seller Centre, klik Pengiriman Saya
  2. Pilih pesanan yang akan Sobat MEA kirim, klik Atur Pengiriman
  3. Pilih Metode Pengiriman yang akan Sobat MEA gunakan
  4. Klik Cetak Resi dan tempel pada produk

Penyebab Nggak Bisa Masukan No Resi

Jika Sobat MEA pernah tidak bisa memasukan nomer resi, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Apa saja? Berikut ini di antaranya;

  1. Nomor resi sudah digunakan sebelumnya pada pesanan lain. Sobat MEA harus memastikan jika nomor resi tersebut tidak pernah digunakan
  2. Memasukan nomor resi yang tidak sesuai atau kurang nomor
  3. Karena gangguan sistem.

Nah sekian pembahasan kali ini mengenai cara cetak invoice Shopee untuk para seller yang perlu Sobat MEA ketahui. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Sobat MEA dalam proses jual beli online ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.