Begini Cara Berjualan di Tokopedia Untuk Pemula. Ada Trik Larisnya Juga!

cara berjualan di tokopedia

Salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Tokopedia terkenal sebagai marketplace terpercaya oleh pelanggan. Karena itu, Tokopedia menjadi marketplace yang potensial untuk para pebisnis. Khusus untuk pemula, kita akan membahas bagaimana cara mulai berjualan di Tokopedia.

Sama seperti marketplace lian, Tokopedia juga memiliki jumlah pengguna yang luar biasa besar. Karena itu, berjualan lewat Tokopedia begitu potensial. Nah buat Sobat MEA yang tertarik, yuk langsung aja simak cara berjualan di Tokopedia untuk para pemula. Yuk langsung aja simak!~

Cara Mengaktifkan Toko dan Mulai Jualan di Tokopedia

Dariapada Sobat MEA penasaran, kita akan mulai membahas cara jualan lewat marketplace Tokopedia. Nah yang harus Sobat MEA lakukan pertama-tama adalah mengaktifkan toko atau membuka toko. Nah berikut ini adalah tutorial yang bisa Sobat MEA ikuti. Baik itu lewat hp maupun lewat website. Check this out~

Membuka Toko Tokopedia Lewat HP

Kamu bisa sukses di Tokped tanpa harus cape

Serahkan ke tim jasa Manajemen Marketplace MEA aja!
  1. Download terlebih dulu aplikasi Tokopedia di Playstore atau AppStore
  2. Jika sudah terdownload, buka aplikasi dan masuk pada menu Akun
  3. Selanjutnya klik bagian Buka Toko Gratis yang ada pada bagian bawah menu
  4. Sobat MEA harus mengisi data seperti nama toko yang berguna untuk membuat domain atau link Sobat MEA
  5. Kalau sudah, Sobat MEA bisa mulai melengkapi alamat toko mulai dari nama jalan, nomor bangunan, RT/RW, kecamatan, kelurahan, kota dan kode pos
  6. Terakhir, klik Simpan
  7. Selesai. Kini Sobat MEA bisa mulai mengunggah produk dan mulai berjualan.

Membuka Toko Tokopedia Lewat Website

Kamu bisa sukses jualan di WhatsApp!

Pelajari rahasianya lewat Kelas WA Marketing MEA
  1. Buka browser lewat komputer maupun laptop dan melncur ke website Tokopedia atau bisa klik di sini
  2. Setelah masuk ke halaman Tokopedia, klik menu Toko yang terdapat pada bagian kanan atas. Klik opsi Buka Toko
  3. Isi nama toko dan domain untuk toko online. Klik opsi Buka Toko Sekarang
  4. Masukan slogan dan deskripsi toko
  5. Lanjutkan dengan mengisi alamat, lokasi penjemputan lalu ketuk Selanjutnya
  6. Terakhir, konfirmasi dan Sobat MEA sudah bisa memasukan produk dan mulai berjualan lewat Tokopedia.

Tips Laris Jualan di Tokopedia

cara membuat harga coret

Membuka atau mengaktifkan toko saja nggak akan bisa langsung menghasilkan cuan. Sobat MEA perlu melakukan beberapa hal agar toko bisa mendapat kunjungan pembeli dan mendapat orderan. Untuk itu, berikut ini adalah tips untuk laris jualan lewat Tokopedia. Yuk langsung simak aja selengkapnya di bawah ini!

Mengelola Toko

Sobat MEA harus bisa mengelola toko. Sobat MEA bisa melengkapi keperluan toko mulai dari deskripsi toko yang menarik, penampilan toko, memasukan foto produk yang berkualitas tinggi dan memanfaatkan beragam fitur toko seperti bebas ongkir dan harga coret Tokopedia. Hal ini berguna untuk meningkatkan performa toko.

Membuat Strategi Marketing

Meski kecil-kecilan, Sobat MEA tetap membutukan strategi marketing untuk bisa sukses berjualan. Jika strategi Sobat MEA diterapkan dengan baik, bisa dipastikan Sobat MEA bisa sukses. Nah sedikit inspirasi, berikut ini beberapa strategi yang bisa Sobat MEA coba

  1. Membagikan dan melalukan promosi lewat media sosial. Arahkan pengguna sosial media untuk datang ke toko Sobat MEA
  2. Membuat promo toko. Mulai dari menggunakan voucher bebas ongkir sampai menggunakan iklan. Sobat MEA bisa mengatur periode, budget dan jenis promo tertentu.
  3. Sobat MEA bisa menggunakan teknik affiliate marketing. Cari mitra berupa dropshipper Tokopedia maupun para konten kreator yang memiliki jumlah pengikut yang besar.

Memproses Pesanan Dengan Cepat

Salah satu cara untuk bisa laris manis berjualan lewat Tokopedia adalah dengan memproses pesanan dengan cepat. Para pembeli senang penjual yang fast respons.

Pasalnya, dalam dunia belanja online, calon pembeli akan banyak bertanya. Karena itu, Sobat MEA harus cepat memproses pesanan maupun melakukan follow up calon pembeli.

Ikut Keanggotaan Seller

Terakhir, Sobat MEA bisa ikut keanggotaan seller. Tokopedia memiliki layanan bernama power merchant. Layanan ini cukup eksklusif karena memiliki banyak fitur dan beragam keuntungan saat berjualan. Power merchant juga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan.

Begitulah cara dan tips untuk laris mejual produk di Tokopedia. Sobat MEA yang tertarik, bisa mulai membuka toko kecil-kecilan. Dengan konsistensi, Sobat MEA pasti bisa mendapat pembeli dan pelanggan. Semangat!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.