Cara Aktifkan Bebas Ongkir Tokopedia. Siap Kebanjiran Orderan?!

cara aktifkan bebas ongkir tokopedia

Sama seperti marketplace lain, Tokopedia juga menyediakan fitur gratis ongkir. Fitur ini Tokopedia sebut sebagai bebas ongkir. Bicara soal fitur satu ini, Tokopedia sendiri menyarankan para seller untuk mengetahui cara aktifkan bebas ongkir Tokopedia.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa seorang seller dapatkan dengan fitur satu ini. Seperti kita tahu, para pembeli online sendiri akan lebih senang jika berbelanja dengan adanya bebas ongkir. Pembeli akan merasa untung berbelanja karena butuh membayar produk semata.

Apa itu Bebas Ongkir?

Mau tahu rahasia jualan di Tokopedia?

Gabung Kelas Tokopedia Juara MEA aja!

Sebelum masuk pada cara untuk mengaktifkan bebas ongkir, Sobat MEA harus mengetahui lebih dahulu apa sih sebenarnya bebas ongkir. Seperti sudah kita bahas sebelumnya, fitur satu ini memang dibutuhkan banyak orang dan menguntungkan seller.

Bebas Ongkir sendiri adalah fitur yang memberikan gratis biaya pengiriman untuk pembeli yang menggunakan layanan pengiriman Reguler dan Same Day.

Sama seperti COD Tokopedia, fitur ini juga berguna untuk memudahkan seller menarik perhatian calon pembeli untuk belanja ke toko. Menariknya, Bebas Ongkir ini dapat seluruh Seller gunakan tanpa terkecuali.

Biaya Langganan Bebas Ongkir Sesuai Jenis Keanggotaan Seller

Mau punya toko berkualitas di Tokped?

Serahkan sama tim Jasa Manajemen Marketplace MA aja!

Buat kamu yang belum tahu, Bebas Ongkir Tokopedia ini sedikit berbeda dengan pada marketplace lain. Ada biaya langganan yang harus para seller bayar untuk bisa mengaktifkan fiturnya.

Harga atau biaya langganan bebas ongkir ini menyesuaikan dengan jenis keanggotaan seller. Nah berikut ini adalah detil selengkapnya;

  1. Power Merchant PRO: 1,5% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir yang pembeli terima
  2. Power Merchant: 2,25% dengan maksimal Rp10.000 per produk terjual atau maksimal senilai Bebas Ongkir yang pembeli terima.
  3. Regular Merchant: 3% dengan maksimal Rp10.000 per produk tujual atau maksimal senilai Bebas Ongkir

Biaya layanan Bebas Ongkir akan terpotong untuk setiap pesanan selesai dengan Bebas Ongkir. Proses perhitungannya adalah biaya layanan untuk masing-masing keanggotaan Seller terlebih dahulu kemudian biaya layanan gratis ongkir.

Cara Mengaktifkan Fitur Bebas Ongkir

Kamu bisa maksimalkan repeat order dengan WA

Cari tahu rahasianya di Kelas WA Marketing MEA!

Setelah mengetahui apa itu bebas ongkir dan biaya langganan akan fitur ini, Sobat MEA tentu harus mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur Bebas Ongkir ini. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

  1. Pertama buka web atau halaman Tokopedia Seller atau klik di sini
  2. Selanjutnya, login menggunakan akun toko kamu 
  3. Setelah masuk ke halaman utama Tokopedia Seller, klik bagian Iklan & Promosi
  4. Setelah itu ketuk bagian Promosi dan pilih Bebas Ongkir
  5. Akan muncul syarat aktivasi. Baca dan pelajari.
  6. Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka klik tanda centang berwarna hijau.
  7. Klik bagian Aktifkan Bebas Ongkir
  8. Selesai. Sekarang toko kamu sudah memiliki fitur Bebas Ongkir. 
  9. Jika sudah aktif, kamu dapat melihat jumlah pesanan dan pendapatan dari fitur Bebas Ongkir melalui laman Bebas Ongkir.

Promo Bebas Ongkir

cara membatalkan pesanan di tokopedia

Apakah fitur bebas ongkir sama dengan promo bebas ongkir? Perlu Sobat MEA ketahui, fitur ini memiliki program promo yang bisa membantu toko menarik banyak pembeli.

Nah perlu Sobat MEA catat, seorang seller yang mengaktifkan fitur ini akan secara otomatis ikut serta dalam seluruh program Bebas Ongkir yang berlaku lewat Tokopedia.

Nah itu dia penjelasan mengenai cara aktifkan bebas ongkir di Tokopedia. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA dan para seller Tokopedia lain agar lebih sukses lagi.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.