6 Strategi Digital Marketing Terbaik Untuk Mengembangkan Bisnis Kamu

strategi digital marketing

Hari ini bisnis semakin berkembang ke arah yang jauh lebih luas. Berkat adanya internet, industri besar maupun kecil seperti UMKM bisa berkembang dengan menggunakan strategi digital marketing. Banyak pebisnis kecil yang hari ini berkembang setelah beralih pada strategi digital marketing.

Kendati demikian, masih banyak pebisnis yang belum beralih pada bisnis online dan menggunakan stategi digital marketing. Ketidaktahuan ini bukan tanpa alasan. Masih banyak orang yang belum familiar dan seorang pebisnis memang perlu waktu untuk belajar serta memahami model dan strategi ini.

Apa itu Digital Marketing?

Saatnya kamu scale up toko Shopee kamu

Naikan omzet Shopee kamu dengan jasa manajemen marketplace MEA

Sebelum mulai membahas strategi, Sobat MEA harus mengetahui lebih dahulu apa sih sebenarnya digital marketing itu. Menurut sumber, pemasaran berbasis daring ini merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau brand produk serta jasa yang seseorang lakukan menggunakan media-media digital. 

Tujuan dari metode ini adalah mendapatkan data, menjual produk, untuk meningkatkan penjualan dan omzet serta menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang efektif, efisien, dan juga relevan.

Kelebihan Digital Marketing

Mau akun Shopee kamu kita bedah dan optimasi?

Kamu bisa gabung ke komunitas seller Shopee di Kelas Shopee MEA!

Setelah mengetahui defisini dan arti, Sobat MEA pasti bertanya-tanya emang apa sih kelebihan saat kita menggunakan digital marketing? Apakah sebuah bisnis bisa berkembang dengan cepat dan pesat dengan cara ini?

Daripada salah kaprah terhadap hal in dan agar semuanya lebih jelas, Sobat MEA bisa simak kelebihan saat menerapkan strategi digital marketing di bawah ini. Check this out~

strategi digital marketing
  1. Kecepatan penyebaran. Dengan menggunakan media digital, bisnis Sobat MEA bisa menyebar pada banyak orang dalam hitungan detik secara real time.
  2. Kelebihan selanjutnya adalah kemudahan dalam melakukan evaluasi. Semua data seperti data konversi, data pelanggan, penjualan dan iklan bisa Sobat MEA pantau secara berkala.
  3. Sobat MEA bisa menjangkau pasar lebih luas karena berbasis internet, bisnis Sobat MEA nggak terhalang masalah geografis. Digital marketing berguna mengarahkan lebih banyak lalu lintas (traffic) dari banyak lokasi.
  4. Salah satu kelebihan yang paling menonjol adalah biaya murah dengan tingkat efektifitas yang tinggi.
  5. Terakhir, karena tingkat jangkauan dan kecepatan penyebaran, brand, merek atau toko Sobat MEA bisa lebih baik di mata para calon pelanggan.

6 Strategi Digital Marketing Terbaik Versi MEA

Saatnya kamu sukses jualan di Tokopedia

Bongkar mitos dan fakta jualan di Tokped dan jadilah Power Merchant dengan cepat!

Semua kelebihan dan manfaat dari digital marketing nggak bisa didapatkan jika Sobat MEA nggak mengetahui apa saja strategi yang harus Sobat MEA gunakan saat melakukan pemasaran. Kendati luas dan nggak terbatas, ada beberapa strategi yang paling efektif saat menggunakan digital marketing. Emang apa aja?

Digital Ads

Udah pasang iklan di Instagram dan Facebook tapi masih boncos?

Yuk belajar cara mudah ngiklan di FB/IG Ads lewat Kelas MEA!

Pertama adalah menggunakan iklan. Seiring banyaknya media, maka jenis iklan juga semakin banyak. Setiap marketplace memiliki sistem iklannya sendiri. Jenis iklan juga banyakMulai dari iklan display, iklan kata kunci sampai iklan pay per click atau ppc

Semuanya digunakan para pebisnis untuk mendapatkan keuntungan dan bertujuan untuk menjangkau audiens yang luas. Menggunakan iklan digital sangat menguntungkan karena iklan Sobat MEA secara spesifik mengarah pada orang yang memiliki ketertarikan pada produk Sobat MEA.

Email dan WA Marketing

WhatsApp masih kamu pake buat chat-chatan doang?

Yuk manfaatkan WA kamu buat jualan dengan WA marketing!

Strategi selanjutnya adalah email dan WA marketing. Dua cara ini sudah terbukti cukup efektif. Secara singkat, email marketing maupun WA marketing berguna untuk menawarkan produk secara personal.

Sebelum menggunakan strategi ini, Sobat MEA tentu harus memiliki data dari calon pembeli dan data ini bisa Sobat MEA dapatkan dari berbagai tempat dengan menggunakan beragam metode.

Untuk menentukan keberhasilan strategi ini, ada beberapa skill yang harus Sobat MEA kuasai. Pertama adalah stategi negosiasi, skill persuasif, soft selling, hard selling dan semuanya Sobat MEA tumpahkan dalam bentuk tulisan.

Social Media Marketing

Jika Sobat MEA memiliki ide bisnis apapun dan ingin mengeksekusinya, maka Sobat MEA sangat wajib hukumnya untuk membuat sosial media dan mulai menerapkan stategi social media marketing.

Pasalnya, hampir 90% orang yang aktif di internet pasti memiliki dan bermain pada platform media sosial. Ada banyak media sosial yang bisa Sobat MEA gunakan untuk melakukan pemasaran. Mulai dari TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn dan lain sebagainya.

Content Marketing

Selanjutnya ada content marketing. Secara singkat, content marketing ini bisa Sobat MEA lakukan dengan berbagai cara atau bentuk. Content marketing ini juga umumnya berguna untuk menyusun strategi pemasaran lewat cara yang halus.

Misal memberikan konten video yang menyelipkan promosi, membuat podcast, membuat tulisan sampai gambar dan desain-desain. Hampir semua bentuk konten yang kita kenal sekarang bisa berguna untuk mengarahkan audiens mengenali produk atau bisnis Sobat MEA secara halus.

Search Engine Optimization

Ada banyak metode pemasaran yang gratis. Salah satunya memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO). Secara singkat, SEO adalah stategi pemasaran gratis dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google. Nah tugas SEO adalah melakukan optimasi terhadap sebuah halaman website pada kata kunci tertentu.

Jika bisnis Sobat MEA berada pada posisi pertama pada banyak kata kunci target, maka Sobat MEA bisa mendapatkan banyak traffic, engagement bahkan konversi yang membuatkan penjualan.

Live Streaming

cara belanja di live shopee

Hari ini sosial media dengan medium video dan memiliki fitur siaran langsung sedang naik daun. Nah, hari ini banyak sekali kreator atau bisnis-bisnis kecil UMKM yang menggunakan fitur live streaming sebagai sarana marketing.

Bukan hanya promosi, banyak juga bisnis yang menggunakan fitur ini untuk membuahkan penjualan. Kini banyak orang yang sudah mengenal metode yang umum disebut sebagai live shopping.

Nah itulah 6 strategi digital marketing yang bisa Sobat MEA gunakan. Gimana, apakah Sobat MEA tertarik untuk mencobanya? Nggak perlu khawatir, jika konsisten dan mau belajar Sobat MEA akan bisa sukses dengan menggunakan metode ini.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.