Pilih Bisnis Biasa atau Online? Nah Berikut ini 5 Keuntungan Bisnis Online

keuntungan bisnis online

Di era zaman digital sekarang, bisnis online semakin berkembang. Banyak orang yang melihat adanya potensi keuntungan dari membuka bisnis online. Selain itu, sekarang banyak platform marketplace yang bisa orang-orang pilih untuk berbelanja online.

Karena perkembangan yang semakin luas itu, kesempatan untuk membuka bisnis online semakin besar. Jika Sobat MEA berniat, konsisten dan mau belajar ilmunya, sukses dari bisnis online bukan hal yang mustahil. Nggak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis bisnis online yang bisa Sobat MEA lakukan. Apa saja?

Jenis-Jenis Bisnis Online

Ketahui dulu semua ilmu dasarnya sebelum mulai terjun di Shopee

Pelajari semua ilmu jualan di Shopee hanya di Kelas Shopee Mastery Premium MEA!

Sama seperti bisnis konvensional, ada banyak sekali peluang saat melakukan bisnis online. Bahkan ada cukup banyak jenis-jenis bisnis online yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa terkecuali. Sobat MEA hanya perlu niat untuk memulai bisnis online. Emang apa aja jenis-jenis bisnis online ini?

Membuka Toko di Marketplace

Mau coba mulai bisnis di Tokped?

Yakin nggak mau tahu cara suksesnya di Kelas Metode Tokopedia Juara?

Pertama ada membuka toko di marketplace. Yup, ini adalah bisnis yang sangat mirip dengan bisnis konvensional. Sobat MEA berjualan produk lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan juga Lazada. Singkatnya, Sobat MEA membukat toko dan menjadi seller pada marketplace-marketplace yang eksis.

Bisnis Dropship dan Reseller

Sukses jualan di Lazada bukan mimpi lagi

Belajar semua ilmu jualan di Lazada bareng mentor Johanes Lie di Kelas Lazada Expert Plus MEA

Selain menjadi seorang seller, mereka yang nggak memiliki modal besar juga bisa loh menjadi seorang pebisnis. Setiap marketplace seperti Tokopedia dan Shopee memiliki sistem dropship atau reseller.

Dropship sendiri pada dasarnya adalah sistem bisnis dimana Sobat MEA nggak perlu stok barang alias bisnis ini membutuhkan modal minim. Sobat MEA hanya perlu mencari supplier dan menjadi pihak perantara. Sementara reseller adalah bisnis menjual kembali produk dari sebuah toko atau produsen tertentu.

Pemasaran Affiliate dan Content Creator

Mau jadi influencer TikTok dan dapet ribuan endorse?

Yuk ketahui cara mengembangkan akun dan FYP terus di Kelas Top Creator TikTok!

Jika Sobat MEA berpikir bahwa bisnis online hanya untuk mereka yang berjualan saja, maka Sobat MEA keliru. Para penjual atau seller online membutuhkan pemasaran seluas mungkin. Salah satunya adalah menggunakan media sosial. Nah dalam bisnis online, kita mengenal content creator atau influencer untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu.

Sobat MEA bisa banget mendapat gaji sebagai content creator dengan melakukan bisnis berbagi komisi penjualan lewat program affiliate. Sudah banyak marketplace yang menggunakan sistem ini. Jika menjadi affiliator, maka tugas Sobat MEA hanya perlu melakukan promosi tanpa harus berjualan secara kasar.

Beragam Bisnis Jasa

TikTok Shop kamu nggak berkembang sama sekali?

Yuk bongkar mitos dan fakta jualan di TikTok Shop di Kelas Seller Top TikTok Shop MEA!

Terakhir adalah bisnis jasa. Dunia bisnis online itu luas. Jadi, Sobat MEA bisa banget loh untuk menjual atau menjajakan jasa yang mungkin Sobat MEA bisa atau bahkan teman dan sahabat Sobat MEA bisa. Dengan banyaknya bisnis online dan agensi-agensi, maka kebutuhkan atas jasa penulisan, jasa desain, jasa penerjemah, jasa SEO, jasa membuat video, jasa editing video bahkan jasa titip sangat potensial untuk sukses.

Apa Keuntungan Membuka Bisnis Online?

keuntungan bisnis online

Dengan adanya beragam jenis bisnis online, tentu saja ada banyak kelebihan dan kekurangan bisnis online. Keuntungan ini biasanya nggak akan Sobat MEA dapatkan dari membuka bisnis konvensional. Emang apa aja sih keuntungan membuka bisnis online? Nah daripada penasaran, yuk langsung simak aja penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Lebih Mudah Mendapatkan Data Pembeli

Keuntungan pertama saat membuka bisnis online adalah kemudahan mendapatkan data pembeli. Dibanding bisnis konvensional, Sobat MEA nggak membutuhkan biaya atau tenaga lebih untuk mendapatkan data pembeli. Dengan memiliki data, Sobat MEA akan lebih mudah melakukan follow up dengan WA Marketing dan melakukan analisa kelebihan toko atau produk.

Banyak Pilihan dan Minim Modal

Sobat MEA memiliki banyak pilihan saat membuka bisnis online. Selain jenisnya, Sobat MEA juga bisa menjual produk dan jasa apa saja selama nggak melanggar peraturan dalam sebuah marketplace. Membuka toko online juga minim modal. Nggak seperti membuka toko konvensional, Sobat MEA hanya perlu internet dan gadget untuk membuka sebuah toko dengan mudah. Jadi 1 masalah yakni modal sudah teratasi.

Biaya Promosi yang Cenderung Rendah

Keuntungan dari berbisnis online adalah biaya promosi yang nggak terlalu besar. Karena Sobat MEA berbisnis secara online, otomatis promosi yang Sobat MEA harus dijalankan secara online. Nah berbeda dengan memasang iklan secara offline, Sobat MEA lebih mudah, singkat dan juga murah untuk melakukan promosi produk dan toko.

Aksesibilitas dan Pasar yang Lebih Luas

Toko online membebaskan penjual dari keterbatasan geografis. Maksudnya, Sobat MEA bisa mendapatkan pembeli dari berbagai penjuru dunia. Selama seorang pembeli memiliki koneksi internet, maka toko Sobat MEA bisa diakses oleh sang pembeli. Beruntungnya, hampir semua wilayah Indonesia kini memiliki koneksi atau akses internet.

Sistem Jual Beli Otomatis yang Efisien

Keuntungan terakhir dari sistem ini adalah sistem jual beli yang otomatis dan efisien. Yup, Sobat MEA hanya perlu mengikuti sistem dari sebuah marketplace saat melayani dan melakukan transaksi. Dalam jual beli online, pembeli mengenal istilah checkout alias melakukan pembayaran terhadap produk yang kita beli. Singkatnya, bisnis online memiliki metode pembayaran dengan sistem yang terintegrasi.

Apa Kekurangan Bisnis Online?

Setelah mengetahui kelebihan atau keuntungan bisnis online, Sobat MEA juga harus tahu apa kekurangan orang yang menjalankan bisnisnya secara online. Meski banyak keuntungan, bisnis online juga nggak luput dari kekurangan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah kekurangan dari berbisnis online. 

Kurangnya Kontak Fisik

Kekurangan pertama adalah kurangnya kontak fisik. Meski internet sudah menyebar di seluruh Indonesia, masih banyak orang yang belum terlalu terbiasa berbelanja secara online. Pasalnya, orang-orang Indonesia biasa berbelanja secara langsung di toko offline dimana mereka melakukan kontak fisik langsung dengan produk. Kebiasaan ini membuat banyak orang berfikir dua kali untuk belanja secara online.

Sulit Membangun Kepercayaan

Kurangnya kontak fisik membuat sebuah toko atau bisnis online sulit membangun kepercayaan konsumen atau calon pembeli. Selain hal tersebut, kepercayaan pembeli juga sulit didapatkan karena banyaknya kejahatan yang berbasis digital. Banyak orang yang takut menjadi korban penipuan.

Kompetisi Toko yang Lebih Ketat

Sedikit berbeda dengan bisnis konvensional, karena seseorang mudah untuk membangun bisnisnya, membuat kompetisi semakin ketat. Dalam sebuah marketplace, sebuah toko bisa memiliki puluhan sampai ratusan kompetitor. Hal ini membuat terjadinya perang harga yang membuat toko paling murah mendapat banyak pembeli.

Nah itulah kelebihan, keuntungan dan juga kekurangan bisnis online. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah keuntungan-keuntungan bisnis online membuat Sobat MEA berminat untuk memulai bisnis online? Yuk tulis pendapat kamu lewat kolom komentar~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.