Apa itu Kwitansi Pembayaran? Ini Penjelasannya. Wajib Paham!

by Bimboi
apa itu kwitansi pembayaran

Jika Sobat MEA seorang pebisnis yang berjualan di marketplace seperti Shopee atau offline, pasti tahu apa itu kwitansi pembayaran. Singkatnya, agar dianggap sah, sebuah transaksi membutuhkan sebuah bukti atau dokumen.

Nah dokumen ini disebut kwitansi pembayaran. Pertanyaanya kemudian adalah apa itu kwitansi pembayaran? Kenapa kwitansi pembayaran sangat penting bagi pebisnis? Apa fungsi dari kwitansi pembayaran, dan hal apa saja yang harus ada di dalam kwitansi pembayaran? Kali ini penulis akan membahas serba-serbi kwitansi pembayaran. Jadi, pantengin terus tulisan ini sampai habis, ya! 

Table of Contents

Apa itu Kwitansi Pembayaran?

Mau belajar bisnis online tapi bingung mulai dari mana?
Saatnya gabung ke komunitas bisnis online MEA sekarang juga. GRATIS!

Dilansir dari laman Majoo, Kwitansi merupakan tanda bukti sebuah pembayaran telah dibayar atau penerimaan uang berbentuk dokumen. Kwitansi dibubuhi tanda tangan oleh pihak penjual dan diterima oleh sang pembeli. Kwitansi membantu memudahkan pencatatan arus kas dalam pembukuan. 

Meskipun banyak sekali bukti transaksi seperti nota, struk, atau pun faktur, kwitansi menjadi salah satu dokumen bukti transaksi yang sering kali digunakan. Kwitansi pun bisa digunakan untuk perhitungan biaya dan pengeluaran dalam laporan keuangan. 

Dalam kwitansi pembayaran, terdapat format tertentu. isinya berupa kop perusahaan, nomor, nama penjual, nama pembeli, jumlah uang dalam angka dan nominal. Kwitansi agar menjadi bukti kuat dalam segi hukum, dibutuhkan bubuhan tanda tangan dan juga materai. 

5 Jenis Kwitansi

Bisnis stuck dan nggak ada perkembangan?
Yuk konsultasikan masalah kamu ke tim digital marketing dari MEA sekarang juga!

Setelah tadi membahas apa itu kwitansi pembayaran, kita juga akan membahas apa saja sih jenis-jenis kwitansi yang umum digunakan. Terdapat lima jenis kwitansi pembayaran yang dijadikan dokumen sah transaksi jual beli berdasarkan fungsi dan tujuannya. Berikut jenis-jenis kwitansi yang sering ditemui dan digunakan oleh masyarakat: 

1. Kwitansi Transaksi Produk

Dalam kwitansi transaksi produk berisikan rincian barang yang diperjualbelikan oleh penjual. Rincian tersebut berupa tipe barang, nomor seri barang, harga produk, dan alamat sang pembeli.

2. Kwitansi Bukti Pembayaran

Kwitansi ini umumnya digunakan untuk bukti tanda pembayaran cicilan atau angsuran hingga bukti pelunasan sebuah transaksi yang tengah berlangsung.

3. Kwitansi Transfer Uang

Kwitansi ini biasanya digunakan untuk transaksi atas pengiriman sejumlah uang. umumnya lembaga atau instansi bank yang mengeluarkan kwitansi jenis ini. Di dalam kwitansi ini, terdapat nomor rekening nasabah dan juga nama terangnya.

4. Kwitansi Cash Receipt

Kwitansi jenis ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki badan kwitansi. Hal ini memiliki tujuan sebagai bukti penjelasan terkait arus dana kas keluar dan kas masuk. Kwitansi cash receipt bisa dipakai untuk alat arsip sebuah perusahaan sebagai bukti transaksi keungan yang telah terjadi saat di audit. 

5. Kwitansi Serah Terima

Terakhir, Kwitansi ini digunakan untuk bukti serah terima sejumlah uang di suatu transaksi jual beli, dan menjadi bukti yang sah dan valid. 

5 Ha Wajib yang Harus Ada di Kwitansi

apa itu kwitansi pembayaran
  1. Nomor Kwitansi: Nomor ini digunakan untuk mmebedakan kwitansi satu dengan yang lainnya. umumnya ditulis menggunakan huruf dan abjad sesuai keinginan penjual.
  2. Nama: Digunakan untuk mengetahui informasi kepada siapa kwitansi tersebut diberikan. 
  3.  Jenis Produk: Jenis barang yang dibeli harus tertera dalam kwitansi pembayaran produk beserta jumlah kuantitas produk yang dibeli. 
  4. Jumlah Harga: Total nominal harga yang harus dibayar oleh pembeli.
  5. Materai: Pada beberapa kwitansi, materai digunakan untuk mengesahkan sebuah kwitansi. 

Nah itulah penjelasan mengenai apa itu kwitansi pembayaran, jenis-jenisnya serta hal-hal penting yang harus ada dalam kwitansi pembayaran. Semoga saja artikel ini dapat membantu Sobat MEA yang sedang mencari tahu mengenai kwitansi pembayaran. Akhir kata, salam satu juta pembeli!

You may also like

Leave a Comment