Begini Cara Menjadi Dropship di Shopee Tanpa Modal. Lengkap Tanpa Ribet~

cara menjadi dropship di shopee

Sobat MEA pasti udah nggak asing dengan istilah reseller dan juga dropshipper. Berkat berkembangnya bisnis online, ada banyak orang yang kemudian berprofesi sebagai reseller maupun dropshipper di berbagai marketplace seperti Shopee. Emang gimana sih cara menjadi dropship di Shopee?

Sebelum lebih jauh, kita harus kenal dulu apa itu reseller dan apa itu dropshipper di Shopee dan apa perbedaan antara keduanya. Pertama, Reseller adalah seseorang yang menjual barang dan memasarkan produknya dengan menyimpan stok barang. Sementara itu, dropshipper adalah seseorang yang mempromosikan produknya yang akan dijual tanpa harus menyimpan stok ataupun memiliki produk.

Dari arti di atas, kita bisa paham bahwa bisnis dropship adalah bisnis menjual produk tanpa modal. Buat Sobat MEA yang memang tertarik untuk jadi dropship di Shopee, MEA Digital akan berbagi sistem dropship Shopee sampai bagaimana cara menjadi dropship di Shopee. Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak di bawah ini!

Table of Contents

Apa itu Dropship?

Kamu bisa jadi dropshipper Shopee hebat hari ini~

Yuk ikut kelas bisnis dropship Komunitas MEA

Dilansir dari Wikipedia, Dropship adalah sebuah sistem bisnis di mana seseorang yang menjalankan sistem bisnis ini (dropshipper) melakukan penjualan barang tanpa melakukan stok barang. Setiap barang yang dijual, ketika dibeli oleh pembeli, dipesan terlebih dahulu kepada dropshipper dari penyedia barang  (supplier), kemudian dikirim oleh supplier ke pembeli.

Untuk menjadi seorang dropshipper, biasanya seseorang hanya perlu membayar keanggotan di sebuah marketplace, salah satunya Shopee yang bahkan nggak memungut biaya sepeserpun untuk mereka yang ingin berbisnis dropship.

Langkah awal menjadi dropshipper di Shopee adalah memahami alur kerja. Umumnya, seorang konsumen memesan sebuah produk pada dropshiper kemudian dropshiper membeli produk pada produsen dan menjualnya dengan harga lebih tinggi.

Seorang Shopee dropshipper bahkan tak perlu mengemas, memproduksi dan menyimpan barangnya. Menariknya, fitur dropship Shopee hanya menampilkan rincian pesanan yang menampilkan informasi dropshipper tanpa logo Shopee

 

Syarat Menjadi Dropship di Shopee

Fitur Dropship yang diberikan oleh Shopee memang menjadi peluang berbisnis yang menarik. Tapi ada 3 syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi dropshipper Shopee. Berikut uraian lengkapnya, antara lain:

1. Akun Shopee

Untuk menjadi Dropship di Shopee, pastinya Sobat MEA harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Buka aplikasi Shopee untuk mendaftarkan akun atau membuat toko Shopee.

2. Pandai Mengoperasikan Shopee

Sobat MEA juga harus memahami bagaimana cara mengoperasikan Shopee seperti cara mencari produk di Shopee, cara mengaktifkan fitur atau mengklaim voucher, dan cara melakukan pemesanan produk di Shopee. 

3. Cari Supplier

Mencari Supplier yang terpercaya dapat menjadi modal berbisnis yang akan membantu bisnis dropship berjalan dengan sukses. Lakukan pengecekan terhadap performa toko dan penilaian pembeli. 

Setelah mengetahui dan memahami tips serta syarat menjadi Dropshipper, selanjutnya Sobat MEA harus mengetahui cara jadi Dropship di Shopee. 

Cara Menjadi Dropship di Shopee

Sebelum menjadi seorang dropshipper di Shopee, perlu Sobat MEA harus memiliki supplier atau seller Shopee terpercaya yang membuka sistem dropship. Nggak berbeda dengan dropship lain, berikut langkah-langkah untuk cara dropship di Shopee:

  1. Buka Aplikasi Shopee di HP dan pastikan sudah memiliki akun dan toko di Shopee. 
  2. Jika sudah menentukan produk dan memilih supplier yang terpercaya, upload foto dan berikan informasi lengkap seperti deskripsi, variasi, foto dan video yang diberikan oleh supplier
  3. Masukkan alamat toko supplier sebagai alamat pengiriman tokomu, pastikan data-data yang diberikan sudah lengkap dan benar adanya. 
  4. Selanjutnya, jika ada pesanan masuk ke tokomu, hubungi pemasok untuk menanyakan ketersediaan barang. 
  5. Jika barang ready, pesan produk tersebut kepada supplier. Berikan informasi nomor resi pemesan, varian, atau detail produk ke pemasok. Cantumkan juga nama tokomu pada resi pengiriman.
  6. Kemudian, Centang fitur Dropship sebelum Checkout
  7. Terakhir, klik Checout untuk Sobat MEA kirim sebagai dropshipper. Kemudian proses pengiriman barang akan dilakukan oleh pemasok ke alamat pembeli.
  8. Jika sudah dikirimkan, status pengiriman akan berubah.

Tips Sukses Menjadi Dropship di Shopee

Menjadi Dropshipper, tentu saja Sobat MEA tidak akan mengeluarkan modal yang cukup banyak dan tidak perlu menyediakan stok barang. Tapi sebelum memulai berjualan dengan sistem Dropshipper, ada 3 tips yang perlu diterapkan dalam melakukan bisnis dropship di Shopee, antara lain:

1. Riset Pasar

Amati produk apa yang sedang ramai diperbincangkan atau ramai dibeli. Ketika Sobat MEA mengamati hal ini, Sobat MEA  bisa melakukan riset pasar. Setelah itu, pastikan Sobat MEA telah menentukan produk apa yang akan dijual. 

2. Cari Supplier Terpercaya

Setelah menentukan produk yang dijual, langkah berikutnya adalah mencari supplier yang bisa dipercaya. Cek beberapa pilihan supplier yang menerima dropship. Selain itu, Sobat MEA  juga wajib memeriksa rekam jejak supplier agar menghindari kejadian hal hal yang tidak diinginkan seperti barang tidak dikirim, atau mengirim produk asal asalan. 

3. Buat Konten

Banyak media sosial populer yang dapat Sobat MEA manfaatkan sebagai media promosi untuk bisnis. Buatlah konten yang sedang viral atau buat konten promosi dengan kualitas yang jernih, jelas, dan dapat menarik perhatian calon konsumen. Hal ini menjadi salah satu kunci agar konsumen tertarik untuk membelinya. 

Nah itu dia beberapa cara menjadi dropshipper Shopee. Mudah dan nggak ribet kan? Yuk mulai bisnis jadi dropshipper tanpa modal~

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.