WA Marketing, Strategi yang Bikin Banjir Cuan Bisnis Kamu!

by admin
WA Marketing

strategi pemasaran dengan menggunakan media sosial sudah populer. Bahkan banyak orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berbisnis. Hal ini lebih terkenal dengan sebutan WA marketing alias WhatsApp marketing.

Yup, hari ini banyak sekali pebisnis yang menggunakan media sosial karena cukup efektif dalam melakukan pemasaran produk maupun layanan jasa. Nah salah satu metode yang paling populer adalah penggunaan WhatsApp marketing.

Sobat MEA mungkin bertanya, kenapa sih kita harus menggunakan strategi WhatsApp marketing ini? Jawabannya, karena hampir semua orang atau target market dari bisnis Sobat MEA sudah menggunakan aplikasi yang satu ini. Jika dipikirkan ulang, aplikasi chat ini memang akan sangat memudahkan Sobat MEA sebagai pebisnis untuk lebih fokus untuk melakukan direct selling tanpa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Apa itu WA Marketing ?

WhatsApp marketing merupakan cara khusus untuk para pebisnis dalam memasarkan produk. WhatsApp Marketing berfungsi memudahkan proses pemasaran produk dan bisnis pada pelanggan. Strategi marketing ini juga membantu pengguna untuk mengorganisir pesan dari pelanggan dan juga bisa digunakan di berbagai smartphone.

Tujuan dan Manfaat Whatsapp Marketing Dalam Bisnis

Mau belajar jualan online gratis bareng coach dan pebisnis lain?

Yuk langsung aja gabung komunitas bisnis online MEA!

Sebagai salah satu strategi digital marketing yang populer, tentu saja WhatsApp marketing memiliki tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan. Beberapa tujuan penggunaan WhatsApp marketing antara lain:

  1. Untuk menjaring banyak customer.
  2. Buat grup untuk memudahkan pemasaran.
  3. Memantau sistem pengiriman secara berkala.
Sementara itu, ada juga beberapa manfaat WhatsApp marketing untuk sebuah perkembangan bisnis. Nah berikut ini adalah 5 manfaatnya:
  1. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Pelanggan: Penggunaan WhatsApp marketing dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan para pelanggan secara langsung. Pasalnya, Sobat MEA bisa mengirim pesan secara langsung pada pelanggan dan mereka langsung dapat memberikan feedback.
  2. Lebih Mudah dan Efisien: WhatsApp adalah cara pemasaran yang mudah, cepat dan pastinya efisien. Sobat MEA dapat melakukan broadcast WA atau mengirim pesan massal pada pelanggan dalam hitungan detik. Hal ini memungkinkan Sobat MEA dapat berkomunikasi dengan banyak pelanggan dalam satu waktu.
  3. Menigkatkan Brand Awareness. Sama seperti strategi SEO maupun social media marketing, WhatsApp marketing ini juga dapat membantu meningkatkan brand awareness Sobat MEA loh. Pasalnya, Sobat MEA bisa memperkenalkan produk maupun layanan pada pelanggan atau calon pelanggan secara langsung.
  4. Menghemat Biaya: Seperti kita tahu, menghemat biaya bisnis adalah hal yang sangat penting. WhatsApp memungkinkan Sobat MEA menghemat berbagai biaya yang biasa dikeluarkan marketing konvesional. Mulai dari biaya iklan, percetakan sampai pendistribusian brodus atau materi iklan.
  5. Lebih Personal: Karena WhatsApp merupakan aplikasi yang digunakan oleh setiap individu untuk berkomunikasi satu sama lain, maka penggunaan WhatsApp marketing tentu saja akan terasa lebih personal. Sobat MEA jadi dapat menyesuaikan setiap pesan pada setiap pelanggan.
Artikel Terkait  Galeri Iklan Facebook: Penjelasan Sampai Manfaatnya Untuk Pebisnis Online!

6 Strategi Efektif Menggunakan WA Marketing

wa marketing

Whatsapp sendiri juga merupakan salah satu aplikasi yang banyak memberikan keuntungan bagi para pebisnis. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari metode WA marketing, tentu saja pebisnis harus memikirkan strategi yang paling tepat untuk diterapkan. Nggak perlu khawatir, dalam artikel ini, kita akan membahas setidaknya 6 strategi saat menggunakan strategi marketing satu ini. Berikut ini penjelasannya:

1. Mengumpulkan Data Kontak Pelanggan

Strategi pertama tentu saja adalah mengumpulkan data kontak pelanggan. Dalam memasarkan suatu produk dengan menggunakan WhatsApp marketing, Sobat MEA harus mengumpulkan kontak pelanggan terlebih dahulu. Ada berbagai cara yang bisa Sobat MEA lakukan untuk melakukan pengumpulan data. Mulai dari penggunaan sosial media marketing, email maketing sampai dengan pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO).

2. Buat Brand atau Produk yang Menarik

Berbisnis bukan soal berjualan dan menghasilkan keuntungan semata. Sebelum pada tahap tersebut, Sobat MEA harus membangun brand atau membuat produk yang lebih unggul dan memiliki unique selling point (USP). 

Dengan memiliki brand atau produk yang menarik, pelanggan akan lebih tertarik untuk membeli produk saat Sobat MEA mengirimkan pesan promosi melalui WhatsApp.

3. Buat Konten Marketing yang Relevan

Strategi berikutnya yang bisa Sobat MEA lakukan adalah membuat konten marketing yang relevan. Pasalnya, jika Sobat MEA bisa membuat konten yang relevan dengan pelanggan, maka hal itu akan berpengaruh dalam peningkatan penjualan. Ada banyak contoh content marketing yang bisa Sobat MEA jadikan inspirasi. Yang terpenting Sobat MEA wajib membuat konten yang relevan.

4. Buat Kalimat Promosi yang Efektif

Untuk mengirimkan pesan promosi, Sobat MEA bisa menggunakan teknik hypnotic writing pada judul yang akan membuat pelanggan merasa penasaran dan membuka pesan yang Sobat MEA kirim.

6 Tips Berjualan Menggunakan WA Marketing

Ada beberapa tips berjualan lewat WhatsApp. Nah berikut ini adalah 7 tips yang bisa langsung Sobat MEA coba sekarang juga:

1. Tentukan dan Fokus Pada Target

Dalam menerapkan semua strategi, wajib kiranya kita menentukan tujuan atau target. Saat menerapkan WA marketing, Sobat MEA juga wajib untuk menentukan key performance index (KPI). 

KPI ini bisa menjadi indikator dari sukses atau tidaknya strategi yang Sobat MEA jalankan. Target KPI ini tentunya bisa bermacam-macam mulai dari jumlah klik, tingkat engagement sampai customer retention. Sesuikan semua target KPI sesuai target yang ingin dicapai.

2. Kenali Audiens dan Target Marketing

Mengenali audiens dan juga target marketing adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahui target, maka Sobat MEA akan lebih mudah dalam membuat strategi marketing. Mulai dari gaya visual, gaya bahasa sampai pendekatannya. Agar lebih maksimal dan terukur, Sobat MEA bisa membuat buyer persona berdasarkan data pasti yang sudah ada.

3. Buat WhatsApp For Business

Sobat MEA nggak bisa menerapkan strateti WhatsApp marketing tanpa memiliki akun  WhatsApp For Business. Jadi, Sobat MEA bisa membuatnya terlebih dahulu. Sama seperti namanya WA Bisnis ini memang merupakan aplikasi WA yang memungkinkan Sobat MEA menggunakan fitur bisnis di WhatsApp. Nah Berikut ini berbagai fitur WhatsApp Bisnis:

4. Buat Brand Persona

Dalam membangun usaha, penting untuk membuat brand persona. Bagi Sobat MEA yang mungkin belum tahu, brand persona merupakan landasan bagaimana nantinya Sobat MEA berinteraksi dan membangun hubungan dengan pelanggan. Nah calon pelanggan ini wajib untuk mengenai brand persona dari bisnis Sobat MEA. Intinya, brand persona adalah ingin seperti apa brand Sobat MEA dikenali oleh pelanggan? Apakah persona kreatif, nyeleneh, anti-mainstream atau persona lainnya?

5. Hubungi Calon Pembeli Secara Personal

Karena salah satu keunggulan WA marketing adalah pendekatannya, maka Sobat MEA bisa memanfaatkan hal ini. Hubungi calon pembeli secara personal. Pendekatan personal selling ini dianggap jauh lebih efektif karena dapat memberikan solusi bagi permasalahan setiap individu.

6. Prioritaskan High-Value Customer

Ada berbagai jenis customer yang tertarik pada produk atau jasa Sobat MEA. Nah Soabt MEA bisa menyaring dan lebih berfokus untuk memprioritaskan high-value customer. Maksudnya adalah memprioritaskan pelanggan yang memang sesuai dengan buyer persona dan pernah melakukan repeat order

7. Menggunakan Tools Tambahan

wa blaster sebari

Tips terakhir yang bisa Sobat MEA gunakan untuk sukses menggunakan WA Bisnis adalah penggunaan tools WhatsApp Marketing. Ada banyak tools yang bagus untuk digunakan. Rekomendasi WhatsApp marketing tools terbaik dan telah terbukti membantu banyak pebisnis adalah Sebari dari MEA Digital Marketing. Untuk informasi lebih lengkapnya Sobat MEA bisa klik tombol di bawah

Nah itu dia penjelasan mengenai WhatsApp Marketing dan berbagai manfaat dan tips menerapkannya. Semoga saja artikel ini bisa membantu bisnis Sobat MEA semakin berkembang secara berkala

You may also like

Leave a Comment