20+ Contoh Balasan Cepat WA Bisnis. Pakai Inspirasi ini Yuk!

by Husna Rahman
contoh balasan cepat wa bisnis

WhatsAoo Bisnis memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan WA biasa. Sama seperti namanya, WA Bisnis ini memang sangat cocok digunakan untuk para pebisnis untuk berjualan secara online. Salah satu fitur menarik dari WA Bisnis adalah Balasan Cepat. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat balasan cepat dan apa saja contoh balasan cepat WA Bisnis yang bisa dipakai?

Seperti sudah kita bahas sebelumya, WhatsApp Bisnis adalah aplikasi chat yang khusus didesain untuk para pemilik bisnis. Nah dengan WA Bisnis, seorang calon customer dapat bertanya-tanya terlebih dahulu sebelum akhirnya membeli produk. Kembali lagi, dalam artikel ini kita akan membahas kelebihan, cara menggunakan sampai contoh balasan cepat WA Bisnis. Baik, daripada berbasa-basi lagi, langsung aja yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

3 Kelebihan Menggunakan Pesan Otomatis WhatsApp

Habis waktu untuk membalas chat dari customer? Mulai pakai Sebari! Solusi So Pasti!

Dengan Sebari, membantu untuk follow up chat dari ribuan customer tanpa harus chat satu per satu. kerja semakin efektif.

Sebelum masuk pada pembahasan cara menggunakan fitur dan contoh-contoh balasan cepat WA Bisnis, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dalam menggunakan fitur pesan otomatis di WhatsApp. Emang apa aja sih keuntungannya untuk seorang pebisnis? Nah berikut ini ada 3 kelebihan utama dari WhatsApp Bisnis di bandingkan WhatsApp biasa. Check this out!~ 

1. Lebih Efisien

Keunggulan pertama dari menggunakan fitur Balasan Cepat WA Bisnis adalah efisiensi waktu. Kenapa? Dengan adanya fitur pesan otomatis, Sobat MEA nggak pelru membalas pesan pelanggan satu per satu. Singkatnya, fitur satu ini memungkinkan Sobat MEA untuk membuat template balasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari calon customer.

Pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan pelanggan ini mulai dari harga, detail produk, cara pemesanan, estimasi waktu pengiriman, pilihan kurir sampai pertanyaan seputar stock barang. Nah Sobat MEA tinggal membuat pesan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

2. Lebih Profesional

Dengan memberikan kesan profesional, para calon pelanggan ini akan lebih merasa aman untuk transaksi dan berbelanja di toko Sobat MEA. Singkatnya, fitur ini akan bisa meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan.

3. Memancing Interaksi dan Repeat Order

Manfaat terakhir dari menggunakan pesan otomatis ini adalah adanya interaksi yang terjadi. Maksudnya, Sobat MEA bisa memancing interaksi pembeli menggunakan pesan otomatis berupa sapaan atau brodcast promosi di WhatsApp. Tentu saja, sapaan ini akan membuat seorang pembeli merasa dihargai. Ada kemungkinan juga Sobat MEA bisa mendapatkan repeat order.

Cara Membuat Pesan Balasan Cepat WA Bisnis

Bikin Omzet Dari 0 Sampai Ratusan Juta Dengan Bantuan Robot Pintar!

Follow up ratusan pelanggan hingga menjadi cuan menjadi lebih mudah dengan bantuan robot pintar Sebari!

Setelah mengetahui 3 manfaat menggunakan fitur ini, Sobat MEA juga harus mengetahui bagaimana sih cara membuat atau menggunakan fitur balasan cepat WA Bisnis ini. Menggunakan fitur ini nggak susah kok. Berikut ini adalah tutorial yang bisa Sobat MEA ikuti. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp Bisnis yang ada di HP Sobat MEA
  2. Berikutnya klik ikon Titik Tiga yang ada di bagian kanan atas layar
  3. Berikutnya buka opsi Fitur Bisnis, lalu di bagian Fitur Pesanan ada 4 menu yang bisa Sobat MEA gunakan. Fitur tersebut antara lain Salam, Pesan di Luar Jam Kerja, Balasan Cepat dan juga Label.
  4. Klik masing-masing menu dan isi template pesan sesuai dengan setiap menu. Jika sudah klik Simpan.
  5. Selesai. Sekarang, pesan otomatis dan balasan cepat Sobat MEA sudah aktif.

Contoh Balasan Cepat WA Bisnis

1. Greeting Message

Pertama ada contoh balasan cepat WA Bisnis khusus untuk Greeting Message atau pesan Salam. Pesan ini berfungsi untuk membalas pesan ketika ada calon pembeli yang mengirim pesan untuk pertama kali. Jadi orang yang bertanya sesuatu untuk pertama kalinya akan mendapatkan pesan otomatis ini. Berikut adalah contoh-contoh yang bisa digunakan;

  • Halo, Dear. Selamat datang di [Nama toko Sobat MEA]. Ada yang bisa kami bantu terkiat informasi produk yang kami tawarkan?
  • Terima kasih sudah menghubungi [nama toko Sobat MEA]. Kami langsung hubungkan dengan admin yang akan melayani kamu ya
  • Terima kasih atas pesannya. Mohon untuk mengisi data di bawah ini [Masukan informasi nama, alamat tempat tinggal, nomor telepon, informasi produk dan informasi lain yang Sobat MEA butuhkan]
  • Terimakasih sudah menghubungi [nama toko Sobat MEA]. Ada yang bisa kami bantu untuk pembelian produk?
  • Terimakasih telah menghubungi kami. Jangan ragu untuk bertanya mengenai produk-produk di [nama toko Sobat MEA] ya!

2. Balasan Cepat Pertanyaan Pelanggan

contoh balasan cepat wa bisnis

Balasan cepat atau quick replies ini bisa dipakai untuk membuat balasan untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pelanggan. Nah berikut ini adalah template yang bisa Sobat MEA pakai:

  • Halo. Kamu lagi cari produk skincare original? Toko kami menyediakan produk-produk berkualitas untuk dipilih. Yuk lihat detailnya pada katalog toko, ya. Untuk pemesanan, kamu bisa langsung kirimkan foto produknya. Selamat berbelanja!
  • Kamu lagi cari perlengkapan komputer dan perlengkapan hp?Yuk kunjungi katalog di profil bisnis kami. Ditunggu order-nya!
  • Thank you sudah menghubungi toko kami. Semua barang ready stock, ya!
  • Produk [nama produk kamu] akhirnya kembali restock! Balas pesan ini dengan ketik ‘ORDER’ kalau kamu nggak mau kehabisan produk lagi, ya. Terbatas!
  • Saat ini, produk ABC sedang dalam proses produksi. Untuk yang sudah pre-order, estimasi pengiriman akan dilakukan dua minggu lagi. Stay tuned!

3. Away Message

  • Terima kasih atas pesannya. Ditunggu, ya. admin bakal membalas pesan kamu secepatnya. 
  • Halo, Kak! berhubung Kakak menghubungi kami di luar jam operasional, kami akan balas pesan Kakak segera setelah kami aktif kembali, ya. Mohon ditunggu. Thank you!
  • Mohon maaf harus menunggu, ya. Admin sedang offline untuk sementara waktu. Pesan kamu akan dibalas secepatnya saat kami sudah kembali onlineThanks!
  • Makasih atas pesannya, Kak! Tapi maaf banget, kebetulan Kakak kirim pesan di luar jam operasional kami. Kami akan segera balas pesan Kakak saat online kembali, ya.
  • Hai, Kak! Pesan Kakak sudah kami tampung, tapi sayangnya saat ini kamu sedang nggak beroperasi. Akan segera kami balas kalau sudah kembali online, ya. Terima kasih, kak!

4. Konfirmasi Pesanan

Selain contoh-contoh di atas, Sobat MEA juga bisa menyimpan balasan cepat otomatis WA Bisnis menggunakan pesan-pesan konfirmasi pesanan. Nah berikut ini adalah tempate yang bisa Sobat MEA gunakan untuk pesan otomatis ini:

  • Selamat Siang/Sore kak! Pesanan kakak sudah dikirimkan hari ini ya. Untuk pelacakan pesanan bisa melalui nomor resi (tuliskan nomor resinya). Tunggu kurir sampai di depan rumah kamu ya, Terima Kasih!
  • Halo! Orderan dengan nomor (nomor pesanan) telah dikirimkan ke Jasa Kirim dengan nomor resi (tulis nomor resinya). Jika pesanan sudah sampai jangan lupa balas pesan ini dengan tertimoni produk kami ya, Terima Kasih sudah berbelanja di toko kami!
  • Halo, jangan lupa cek pengiriman pesananmu melalui nomor resi (nomor resi pengiriman) di agen (agen pengiriman). Jangan lupa beri testimoni dan bintang 5 pada (nama toko kamu), terima kasih!.

Nah itulah beberapa contoh balasan cepat WA Bisnis yang bisa Sobat MEA gunakan. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang ingin memulai bisnis menggunakan WA Marketing. Amin!

You may also like

Leave a Comment