Tambah Cuan dengan Cara Jual Foto di Getty Images. Gini Caranya!

by Fanny
cara jual foto di Getty Images

Percaya nggak kalau foto yang Sobat MEA ambil bisa dijual? Getty Images menjadi alternatif orang-orang yang suka mengambil foto dan ingin mendapatkan uang tambahan. Cara ini juga bisa Sobat MEA lakukan tanpa harus menjadi tukang foto profesional, loh. Sobat MEA hanya memerlukan kamera dengan kualitas yang bagus dan mengetahui bagaiama sih cara jual foto di Getty Images. 

Menjual foto di Getty Images dilakukan oleh banyak orang tidak hanya untuk menambah uang jajan, namun juga untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam mengabadikan gambar dengan caranya masing-masing. Hasil unggahan pada Getty Images juga bisa Sobat MEA jadikan sebagai portofolio, loh. Jadi kredibilitas Sobat MEA sebagai fotografer akan meningkat.

Apa itu Getty Images dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Dapetin ide bisnis terbaru

Dengan gabung ke komunitas yang dipandu oleh Coach berpengalaman hanya di sini. Gratis!

Sebelum membagikan cara jual foto di Getty Images, Sobat MEA perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu Getty Images. Sobat MEA pernah, nggak, mencari suatu foto lalu ada tulisan “Getty Images” di bagian bawahnya? Pasti pernah, dong?

Jadi, Getty Images adalah perusahaan jasa foto yang menyediakan stok foto untuk keperluan bisnis dan arsip gambar. Untuk basisnya sendiri berada di Seattle, Washington, USA. Namun, Sobat MEA tidak perlu pergi jauh-jauh ke sana karena bisa mengunggah fotonya dengan cara jual foto di Getty Images yang akan kami bagikan di bawah.

Nggak punya waktu buat ngonten di Instagram?

Pakai Jasa Kelola Sosial Media aja dan kamu cukup terima hasilnya!

Sobat MEA juga akan diberikan kesempatan untuk melisensikan setiap foto yang diunggah. Dengan begitu, Sobat MEA akan lebih mudah untuk memonetisasi foto, ilustrasi, atau video yang diunggah. Selain itu, Sobat MEA juga akan mendapatkan persentase royalti penjualan foto dengan lebih besar.

Jika foto Sobat MEA sudah berhasil ditampilkan pada laman Getty Images, akan ada banyak orang yang melihatnya dan berminat untuk membeli foto yang Sobat MEA unggah. Pelanggan ini bisa membeli foto Sobat MEA jika foto tersebut adalah sesuatu yang mereka butuhkan.

Sobat MEA akan mendapatkan royalti sekitar 15-45% pada setiap foto yang dibeli lisensinya oleh pelanggan. Tingkat royalti ini tergantung dari foto atau video yang diunggah. Foto yang lebih relevan untuk keperluan komersial bisa Sobat MEA masukkan sebagai portofolio agar bisa mendapatkan royalti yang lebih tinggi.

3 Langkah Cara Jual Foto di Getty Images

cara jual foto di getty images

Setelah mengetahui pengertian dan sekilas mengenai cara kerjanya, sekarang saatnya kami membagikan cara jual foto di Getty Images. Tapi sebelum itu, Sobat MEA harus mendaftar menjadi kontributor Getty Images yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah ini:

  • Unduh aplikasi “Kontributor oleh Getty Images” dari App Store atau Google PlayStore di perangkat Sobat MEA atau bisa masuk ke websitenya dengan klik di sini
  • Unggah 3 hingga 6 gambar, ilustrasi, atau video terbaik Sobat MEA ke aplikasi atau website tersebut. Untuk video, Sobat MEA bisa mengunggahnya ke YouTube terlebih dahulu kemudian masukkan tautannya ke kolom yang tersedia.
  • Pihak Getty Images akan meninjau sampel Sobat MEA dan memberitahu jika Sobat MEA diterima di Getty Images atau iStock oleh Getty Images.
Artikel Terkait  2 Cara Ganti Email Shopee Untuk Email Lama yang Nggak Aktif

Perlu diingat bahwa untuk menjadi kontributor Getty Images, Sobat MEA perlu berusia minimal 18 tahun. Jika masih di bawah itu, Sobat MEA tidak bisa mendaftar untuk menjadi kontributor Getty Images.

Selain itu, foto, ilustrasi, dan video yang Sobat MEA ajukan haruslah karya original. Dalam artian produk tersebut adalah milik Sobat MEA sendiri dan bukan hasil comotan karya orang lain. Jika Sobat MEA melanggar ketentuan ini, maka Sobat MEA tidak akan lolos proses review.

cara jual foto di getty images

Langkah selanjutnya dari cara jual foto di Getty Images adalah Sobat MEA perlu menunggu email balasan dari pihak Getty Images. Jika Sobat MEA diterima, maka Sobat MEA akan mendapatkan email berupa tawaran perjanjian non-eksklusif. Tawaran ini berupa bantuan agar Sobat MEA bisa memulai menjual foto di Getty Images.

Kemudian Sobat MEA juga akan menerima undangan dari Getty Images. Sobat MEA bisa mengklik tautan yang dikirimkan untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Jika proses ini sudah selesai, Sobat MEA bisa melanjutkan ke proses mengajukan permohonan untuk menjadi kontributor eksklusif. Hal ini bertujuan agar Sobat MEA bisa mendapatkan tarif dan royalti yang lebih tinggi. 

Nah, itu dia tutorial lengkap cara jual foto di Getty Images. Mudah dan cepat, bukan? Baca juga artikel kami lainnya agar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment