Kamu Fotografer? Ketahui 12 Tempat Jual Foto Online ini. Siap Dapet Cuan!

cara jual foto online

Di zaman digital, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari internet. Salah satunya adalah menjual foto. Semakin maraknya media sosial dan juga agensi, banyak orang yang membutuhkan foto-foto original. Karena itu, tempat jual foto online semakin banyak dan berpotensi menghasilkan cuan untuk para fotografer.

Sama seperti hobi lainnya, fotografi sendiri memang bisa menghasilkan bagi mereka yang menekuninya dengan serius. Ada banyak sektor yang membutuhkan foto original. Mulai dari blogging, digital marketing, SEO, Advertising sampai membuat konten tertentu. Sebab itu, foto-foto original ini sangat potensial untuk laku keras di industri kreatif.

Karena pasar foto ini biasanya untuk industri digital, Sobat MEA tentu harus menjual foto tersebut secara digital juga. Karena itu ada beberapa website, aplikasi atau situs yang menjadi tempat jual foto secara online.

Berikut 10 rekomendasi tempat jual foto terbaik berupa situs web onlinenya:

  1. Shutterstock
  2. Adobe Stock
  3. Dreamstime
  4. iStockphoto
  5. Alamy
  6. FreeDigitalPhotos.Net
  7. Getty Images
  8. FotoMoto
  9. Snapped4U
  10. Etsy

Lantas pertanyaannya, bagaimana cara jual foto di internet menggunakan aplikasi tempat jual foto online tersebut? Simak!

10 Tempat Jual Foto Online Terbaik

Jadikan Foto-Foto Terbaikmu Cepat Laku

Yuk kupas tuntas dalam diskusi para kreator berpengalaman di komunitas kreator MEA sekarang!

Buat Sobat MEA yang mungkin tertarik untuk menjual koleksi pribadi dan mendapatkan penghasilan dari sana, berikut ini adalah beberapa tempat jual foto online terbaik yang bisa Sobat MEA coba. Daripada penasaran, yuk langsung aja simak rekomendasi dan penjelasannya di bawah ini!

1. Shutterstock

Shutterstock menjadi salah satu platform foto terbesar yang ada di internet. Situs ini menjangkau pasar global dan berpotensi menghasilkan penghasilan menggiurkan bagi Sobat MEA. 

Transaksi yang terjadi di Shutterstock juga selalu meningkat 45% setiap tahun. Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan berbeda-beda sesuai level. Bisa mendapat 15% sampai 40% dari harga foto di tahun pertama.

2. Adobe Stock

Tempat jual foto online berikutnya adalah Adobe Stock. Adobe Stock ini merupakan tempat jual beli foto yang dikeluarkan oleh Adobe. Saat menjual foto di sini, Sobat MEA bisa mengakses dashboard.

Adobe Stock memungkinkan Sobat MEA melakukan optimasi foto dengan mengatur kata kunci dan fitur lainnya agar bisa muncul di Google. Untuk royalti, Sobat MEA bisa mendapatkan penghasilan sebesar 35% dari setiap penjualan secara gratis. 

3. Dreamstime

Selanjutnya ada Dreamstime. Website jual beli foto ini sudah memiliki 34 juta pengguna dengan hampir 700 ribu kontributor. Berbeda dengan dua situs sebelumnya, Dreamstime memiliki lebih banyak variasi produk visual. Sobat MEA bisa menemukan foto biasa, foto produk, ilustrasi, vektor video sampai klip audio. 

Sementara untuk penghasilan, Sobat MEA bisa mendapatkan komisi sebesar 25% sampai 60% sesuai dengan seberapa besar level Sobat MEA. Nah level tersebut meningkat seiring banyaknya foto didownload.

4. iStockphoto

iStockphoto adalah pilihan yang baik bagi Sobat MEA yang berprofesi sebagai fotografer profesional. Sebab, iStockphoto memiliki tingkat kerumitan pendaftaran yang cukup tinggi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas. Yup, Sobat MEA dituntut untuk membuat konten foto yang berkualitas.

Meski terkesan berbelit, penghasilan yang bisa Sobat MEA dapatkan dari iStockphoto ini cukup besar. Untuk awalan Sobat MEA bisa mendapat 15% dan jika sudah cukup terkenal dan aktif Sobat MEA bisa mendapat penghasilans sampai 45% dari satu foto.

5. Alamy

Selanjutnya ada Alamy. Situs satu ini sangat terkenal dan memiliki pengguna dari 173 negara. Alamy adalah website jual foto online asal inggris yang juga menerima konten lainnya seperti vektor video dan gambar panorama 360.

Situs Alamy sudah ada sejak tahun 2000 dan masih eksis sampai sekarang. Setiap harinya ada 100 ribu gambar yang Alamy tambahkan. Banyaknya kontributor untuk Alamy juga cukup wajar. Pasalnya, Alamy memberikan komisi besar sesuai dengan kebutuhan pengguna. Besaran komisi bisa mencapai 50% loh!

6. FreeDigitalPhotos.Net

Selanjutnya ada situs FreeDigitalPhotos. Situs ini berasal dari Hong Kong yang memiliki taktik marketingnya tersendiri. Para pengguna bisa bebas mendownload foto dari website ini.

Hanya saja, foto tersebut beresolusi rendah dan non ekslusif. Jika ingin mendapatkan resolusi yang lebih tinggi dan eksklusif, para pengguna harus membeli foto tersebut. Karena ada preview, banyak pengguna yang kemudian membeli foto dari FreeDigitalPhotos ini. Untuk menjadi kontributor, satu foto bisa menghasilkan komisi sampai 70% loh!

7. Getty Images

Selanjutnya ada Getty Images. Sobat MEA pasti sudah nggak asing atau minimal pernah mendengar brand atau situs satu ini. Getty Images sendiri merupakan platform foto berkualitas yang bisa memberikan royalti sampai 60%.

Demi menjaga kualitas, Getty Images cukup ketat untuk memindai karya dari para kontributor. Sobat MEA harus memberikan portofolio 3-6 foto pada Getty Images. Nantinya editor akan menyortir foto foto anda berdasarkan potensi penjualannya untuk dimasukkan ke getty images atau cabang microstock miliknya istock.

8. FotoMoto

FotoMoto merupakan layanan e-commerce print on demand yang cocok untuk menjual foto versi cetak. Nah FotoMoto ini sangat cocok untuk para fotografer profesional yang sudah memiliki banyak portofolio. Kelebihan platform ini adalah layanan print yang cepat dan praktis.

9. Snapped4U

Bagi Sobat MEA yang fokus sebagai fotografer event, maka situs Snapped4U adalah platform jual foto paling cocok untuk kamu. Pasalnya, Snapped4U akan memberi Sobat MEA halaman pribadi untuk membuat galeri dan mengupload foto dari event apapun.

Sobat MEA akan mendapat komisi penuh dengan potongan 1% saja dari setiap foto yang terjual. Sayang, platform ini mengharuskan Sobat MEA membayar sekitar $10 untuk mendaftar dan mulai mengunggah foto pada websitenya.

10. Etsy

Terakhir ada Etsy. Etsy sendiri merupakan platform e-commerce atau marketplace yang menjual segala hal dari penjuru dunia. Nah salah satu yang bisa Sobat MEA jual adalah stok foto. Salah satu keunggulan berjualan lewat Esty adalah menjangkau pasar global.

Sobat MEA juga bisa menentukan harga foto yang Sobat MEA jual. Sayangnya, Etsy cukup kompetitif untuk penjualan foto atau produk-produk digital.

Cara Jual Foto Online dengan Mudah

membuat foto produk shopee

Setelah mengetahui platform jual foto mana yang ingin Sobat MEA manfaatkan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu cara menjual foto di internet sehingga hasilnya bisa memuaskan. 

Berikut langkah-langkah yang perlu Sobat MEA lakukan:

1. Tentukan Niche Fotografi

Bukan hanya produk fisik, untuk menjual foto online, kita juga perlu menentukan audiens yang tepat dengan spesialisasi produk yang dijual. Dalam hal ini, Sobat MEA bisa melakukan eksperimen dengan berbagai gaya fotografi. Lakukan juga riset tentang tren fotografi di pasaran dan apa yang paling dicari. 

Dalam hal ini, identifikasi pasarmu dan tawarkan foto yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens. Dengan menjual foto yang populer, Sobat MEA mendapatkan peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian audiens. Sobat MEA bisa memanfaatkan Google Trends untuk menganalisis topik-topik yang sedang diminati.

2. Manfaatkan Aplikasi Edit Foto

Alat pemotretan saja tidak cukup. Sobat MEA juga perlu memahami berbagai aplikasi edit foto terbaik.  Ada banyak software edit foto yang bisa digunakan baik gratis maupun berbayar. 

Sobat MEA juga harus memiliki ciri khas dari hasil foto yang diciptakan. Nah, Sobat MEA bisa mengatur kualitas foto, mulai dari saturasi, pencahayaan, hingga kontras untuk membangun ciri foto yang diinginkan.

Bukan hanya itu, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan fitur preset di beberapa aplikasi seperti Lightroom. Fitur ini membantumu dalam mengatur foto dengan tone yang seragam. 

3. Optimasi Website Sendiri

Selain tempat menjual foto online yang sudah diuraikan di atas, ada baiknya Sobat MEA juga memiliki website profesional untuk meningkatkan penjualan foto. Miliki website dengan tampilan yang menarik dan portofolio foto yang disusun secara rapi. 

Pada websitenya, jangan lupa untuk menggunakan teknik SEO seperti deskripsi dan kata kunci relevan pada setiap foto agar website muncul di peringkat teratas pada hasil pencarian Google.

Lengkapi juga website Sobat MEA dengan informasi kontak agar calon pembeli lebih mudah untuk menghubungimu. 

4. Jualan Secara Konsisten

Yang terakhir, tentu saja konsisten. Pastikan Sobat MEA tidak hanya mengupload satu atau dua foto. Dalam jualan foto online juga diperlukan konsistensi untuk menambahkan portofolio fotografi yang lengkap, angle foto yang bagus, kualitas resolusi foto. Dengan begitu, mereka juga akan lebih percaya untuk bertransaksi. 

Jangan sampai lewatkan event besar atau fenomena unik. Manfaatkan setiap momen untuk menarik target pasar dengan mengupload koleksi foto yang eksklusif maupun non eksklusif. 

Tips Penting Untuk Jual Foto Online

Ingin Mencoba Peruntungan dari Fotografi?

Yuk konsultasikan gambar terbaikmu dan biarkan tim pembuatan konten sosmed MEA yang bantu mewujudkannya!

Dalam menjual foto secara online, ada persaingan ketat juga yang akan dihadapi, mengingat banyak fotografer yang berlomba-lomba menampilkan karya terbaiknya. Ada beberapa tips penting yang bisa diikuti agar penjualan produk lebih maksimal. 

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk foto lebih cuan:

  • Tingkatkan Kualitas Foto. Buatlah audiens terkesima dengan hasil foto yang Sobat MEA tampilkan. Pelanggan cenderung mencari foto yang berkualitas. Dalam hal ini, gunakan software seperti Photoshop untuk mengedit dan memperbaiki kualitas foto. Tapi jangan sampai mengeditnya secara berlebihan. 
  • Pastikan Foto Mudah Ditemukan. Jangan hanya posting, Sobat MEA juga perlu menggunakan keyword yang tepat agar fotomu dapat ditemukan oleh audiens. Selain menaikkan ranking foto di halaman pencarian, keyword juga membantu mengidentifikasi foto dan menghubungkannya dengan niche yang relevan.
  • Fokus pada Detail. Harap perhatikan faktor-faktor pada gambar seperti cropping, pencahayaan, dan kedalaman bidang. Pastikan fotomu terlihat jernih dan tajam agar pelanggan dapat melihat nilai hasil karyamu.
  • Taati Hukum dan Aturan. Sebelum menjual foto, periksa kembali status legalitasnya. Pastikan Sobat MEA memiliki kepemilikan dan mempertahankan hak cipta atas foto secara penuh dan mengantongi semua izin dan formulir rilis yang bertanda tangan untuk foto yang memperlihatkan orang dan lokasi.
  • Pahami Keinginan Pelanggan. Setiap pelanggan memiliki keinginan yang berbeda-beda. Nah, Sobat MEA bisa mengetahui jenis foto seperti apa yang sedang digemari, buka halaman populer di website stock photo, halaman komunitas fotografi, dan media sosial. 
  • Ikuti Perkembangan Pasar. Sama seperti bisnis lainnya, Sobat MEA pun perlu mengikuti tren terbaru tentang fotografi stock. Ini dapat membantumu dalam menghindari pembuatan konten stock yang kurang menjual.
  • Aktif di Media Sosial. Sobat MEA juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menemukan inspirasi, tren, berinteraksi dengan calon pelanggan potensial, dan menampilkan karya.
  • Bangun brand. Dalam bisnis online, branding menjadi kunci kesuksesan. Dalam hal ini, Sobat MEA dapat menentukan niche dan sempurnakan karya agar pelanggan bisa langsung terkesan dengan jenis gambar yang menjadi spesialisasi.

Nah itulah 10 tempat jual foto online hingga tips penting yang bisa Sobat MEA coba. Bagaimana, siap untuk menjual karya? Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA semua ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.