Bagaimana Ukuran Feed Instagram yang Tepat? Berikut Penjelasannya!

ukuran feed instagram

Bagi Sobat MEA yang memiliki toko online pasti ingin barang dagangannya terlihat pas di Instagram. Oleh karena itu, Sobat MEA harus paham bagaimana ukuran feed Instagram terbaru 2023 untuk postingan foto dan video. Keduanya memiliki ukuran yang berbeda tergantung fitur yang sedang digunakan.

Ya, semua jenis konten Instagram memiliki ukuran post Instagram masing-masing. Bahkan fitur Instagram Story maupun Instagram Reels memiliki ukurannya sendiri. 

Jika Sobat MEA aktif membuat konten atau berjualan di Instagram, maka perlu memperhatikan ukuran foto dan resolusi gambar agar tampilan feed Instagram jadi lebih menarik.

Karena Instagram tidak seperti sosial media lainnya. Instagram justru menampilkan konten dalam berbagai ukuran. Memang terkesan fleksibel. Tapi ukuran post Instagram justru sangat penting agar lebih mudah untuk membuat konten

Selain itu, ukuran untuk feed Instagram yang tepat dapat meningkatkan kualitas gambar. Jangan kekecilan ataupun kebesaran. Foto yang terlalu kecil akan pecah saat Sobat MEA posting. Sedangkan foto yang terlalu besar bisa membuat postingan Instagram tersebut terpotong. 

Table of Contents

Mengenal Rasio dan Ukuran Konten

Gabung Komunitas Bisnis Instagram MEA!
Dapatkan berbagai strategi sukses ngonten di Instagram sekaligus berbisnis sampai cuan drastis serta bimbingan full secara khusus. GRATIS!!!

Sebelum mengetahui ukuran feed Instagram yang tepat, ada baiknya Sobat MEA mengenali rasio dan ukuran konten Instagram itu sendiri. Sebagaimana ukuran foto Instagram sangat mempengaruhi respon audiens yang melihatnya. 

Tapi mungkin Sobat MEA masih mengira bahwa rasio sama seperti ukuran. Padahal faktanya tidak demikian. Lantas apa bedanya?

Pengertian Rasio

Rasio dalam konten adalah perbandingan dua angka atau lebih yang menunjukkan ukuran gambar dan hubungan satu sama lain. 

Umumnya, ada beberapa rasio yang sering digunakan untuk konten Instagram yaitu persegi 1 horizontal lanskap 16 9 atau 1.91 1 vertikal 9 16 dan portrait 4 5. Jika Sobat MEA menggunakan rasio 4:6 atau 4:7, maka postingan bisa terpotong.

Penggunaan rasio aspek ini bertujuan untuk memudahkan kreator membayangkan bentuk suatu gambar dengan angka-angka yang relatif kecil.

Misal, rasio gambar 2:1, artinya gambar tersebut memiliki gambar dengan nilai lebar 2 dan nilai tinggi 1.

Pengertian Ukuran atau Dimensi

Sedangkan Ukuran atau Dimensi adalah suatu hal yang menunjukkan bagaimana besarnya suatu gambar, yang nantinya akan berpengaruh terhadap kualitas serta ukuran file.

Konten Instagram sendiri memiliki ukuran gambar dengan satuan yaitu piksel (pixel atau px), sentimeter (cm), dan sebagainya.

4 Ukuran Feed Instagram yang Wajib Diketahui

Berbicara mengenai ukuran postingan Instagram, ternyata ada 4 jenis yang bisa diterapkan, yaitu ukuran Persegi/Square memiliki Rasio 1:1, Resolusi 1080 x 1080 px, ukuran Horizontal/Landscape Post (Rasio 16:9 atau 1.91:1, Resolusi 1920 x 1080 px atau 1080 x 608 px), ukuran Vertical Post (Rasio 9:16, Resolusi 1920 × 1080 px), dan ukuran Portrait/Potret Post (Rasio: 4:5, Resolusi ukuran 1080 x 1350 px).

Untuk mengetahui panduan ukuran postingan Instagram yang ideal untuk promosimu, mari simak penjelasannya satu persatu berikut:

1. Ukuran Persegi (Square)

Salah satu ukuran posting Instagram adalah persegi atau biasa disebut Square Post, yaitu ukuran yang memiliki rasio gambar 1:1, di mana lebar dan tinggi dari konten yang di desain itu sama. Tampilan ukuran gambar ini tidak akan mengambil banyak ruang di Instagram.

2. Ukuran Horizontal (Landscape)

Ukuran yang kedua berbentuk horizontal atau biasa disebut foto landscape. Lebih tepatnya yaitu konten yang memiliki rasio gambar 16:9 atau 1.91:1, di mana ukurannya lebih panjang ke samping sehingga memberi kesan luas dari kiri ke kanan kepada audiens.

3. Ukuran Vertical

Sementara yang ketiga adalah Ukuran Vertical yang merupakan kebalikan dari ukuran konten horizontal, yaitu 9:16 dengan resolusi minimal 1920 × 1080 px. Ukuran ini dapat memberikan kesan menyeluruh kepada audiens ketika mengkonsumsi konten. Biasanya ini digunakan untuk ukuran Instagram Story dan ukuran Instagram Reels.

4. Ukuran Potrait

Terakhir ada ukuran potret (Portrait Post) yang sekilas hampir mirip dengan Square Post. Portrait Post. Bedanya, ukuran ini memiliki rasio gambar ukuran 4:5 dengan bentuk sedikit lebih panjang ke atas. Ukuran ini dapat memberikan kesan menyeluruh kepada audiens, namun tidak mengambil keseluruhan ruang dari tampilan media sosial Instagram.

Nah, Sobat MEA dapat menggunakan ukuran feed Instagram tersebut untuk membuat berbagai varian konten sesuai dengan jenisnya seperti Instagram Feed, Instagram Stories 15 detik, Instagram TV, Instagram Reels, dan Instagram Live. 

Sementara format yang tersedia di dalamnya meliputi Foto, Video, Carousel, dan Collection. Tapi tentunya ada ketentuan saat hendak memilih jenis ukuran post Instagram. Adapun ketentuan masing-masing konten akan dijelaskan di bawah ini. 

Ketentuan Ukuran Feed Instagram

Meski jenis ukurannya sudah di tentukan seperti pada penjelasan di atas, tetap saja Sobat MEA tidak bisa asal-asalan dalam membuat keempat jenis ukuran tersebut. Jika Sobat MEA membuatnya sembarangan, jangan anggap sepele. Terutama jika Sobat MEA yang mendesainnya. Jangan sampai hanya karena tidak sesuai ketentuan, audiens melewatkan konten promosimu.

Berikut ketentuan format dan ukuran postingan untuk profil Instagram yang wajib diketahui, antara lain:

1. Ukuran Foto/Gambar di Instagram

  • Rasio aspek maksimal: 4:5
  • Rasio aspek minimal: 1.91:1
  • Lebar gambar minimal: 500 px
  • Ukuran file maksimal: 30 MB

Rekomendasi

  • Jenis file: JPG atau PNG Rasio: 1:1
  • Resolusi: Minimal 1080 x 1080 px

2. Ukuran Video di Instagram

  • Rasio aspek maksimal: 4:5
  • Rasio aspek minimal: 1.91:1
  • Lebar Minimal: 500 px
  • Durasi Video: 1 detik hingga 60 detik
  • Ukuran File Maksimal: 30 MB

Rekomendasi

  • Jenis File: MP4, MOV, atau GIF 
  • Rasio: 4:5 
  • Resolusi: Minimal 1080 x 1080 px

Nah, begitulah kira-kira penjelasan mengenai ukuran feed Instagram untuk konten yang menarik beserta jenis dan ketentuannya. Pastikan sebelum memposting konten, sudah memperhatikan dan mengikuti ketentuan ukuran post Instagram tersebut. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.