WhatsApp Tidak Bisa Download Video? Ini Penyebab dan 10 Cara Mengatasinya!

whatsapp tidak bisa download video

WhatsApp merupakan salah satu media sosial sekaligus media komunikasi utama bagi kebanyakan orang Indonesia. Selain untuk berkomunikasi, WhatsApp juga bisa digunakan untuk berbisnis dan platform untuk berbagi file seperti foto sampai video. Tapi Sobat MEA pernah ngalamin nggak WhatsApp tidak bisa download video secara tiba-tiba?

WhatsApp tidak bisa download video ini bukan masalah yang dialami satu atau dua orang saja loh. Ada banyak orang yang bingung kenapa fitur download video ini nggak bisa digunakan. Padahal fitur ini sangat penting. 

Tapi nggak perlu khawatir, kita akan membahas beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi WhatsApp tidak bisa download video. Daripada berlama-lama lagi, langsung aja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Download Video

Mau tahu cara sukses berbisnis lewat media sosial?

Yuk gabung di Komunitas Seller Sosmed sekarang juga!

WhatsApp tidak bisa download video bukan masalah yang datang secara tiba-tiba. Ada banyak penyebab kenapa WhatsApp Sobat MEA nggak bisa menggunakan fitur download ini. Nah berikut ini adalah 5 penyebab utama kenapa WhatsApp tidak bisa download video. Berikut poin-poinnya;

  1. Ruang penyimpanan HP Sobat MEA penuh
  2. Koneksi internet yang nggak stabil
  3. Aplikasi WhatsApp Sobat MEA belum diupdate
  4. Sobat MEA nggak mengizinkan penyimpanan WhatsApp
  5. Sobat MEA nggak mengaktifkan fitur Tampilkan Media/Simpan Rol Kamera

10 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Download Video, Foto dan File

whatsapp tidak bisa download video

Setelah Sobat MEA mengetahui 5 penyebab utamanya, sekarang kita akan membahas bagaimana sih cara mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa download video, foto dan file-file lain. Nah berikut ini adalah 10 cara mengatasi yang bisa Sobat MEA coba. Yuk langsung saja masuk ke pembahasannya;

1. Periksa Koneksi Internet

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi yang sangat membutuhkan koneksi internet. Apalagi jika memang digunakan untuk mendownload atau menyimpan foto atau video kiriman dari orang lain. Karena itu, Sobat MEA wajib sekali untuk memeriksa koneksi internet. Pastikan koneksi stabil. Gunakan beragam koneksi untuk memasatikan WhatsApp punya koneksi yang baik untuk mendownload video.

2. Tambah Space Memori Penyimpanan Internal

Mau bisnis kamu go digital tapi bingung mulai dari mana?

Serahkan aja ke tim jasa digital marketing MEA sekarang juga

Salah satu penyebab dari WhatsApp tidak bisa download video adalah memori penyimpanan yang penuh. Karena itu, Sobat MEA mesti memeriksa memori penyimpanan internal, barangkali memori sudah penuh. 

Jika memang sudah penuh, Sobat MEA bisa menambah space memori dengan menghapus beberapa file yang memang sudah nggak dipakai lagi. Untuk memeriksa memori penyimpanan internal, Sobat MEA bisa masuk ke menu Pengaturan > Tentang Ponsel.

3. Izinkan Penyimpanan Media di WhatsApp

Cara selanjutnya adalah mengizinkan penyimpanan media di WhatsApp. Siapa tahu, Sobat MEA lupa belum mengaktifkan izin menyimpan foto atau video di WhatsApp. Jika nggak ada izin, secara otomatis WhatsApp tidak bisa download video.

Nah untuk mengaktifkannya juga mudah. Sobat MEA bisa masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pengelolaan Aplikasi > WhatsApp > Izin Aplikasi > Penyimpanan. Terakhir, Sobat MEA bisa langsung klik Izinkan.

4. Tutup Paksa Aplikasi WhatsApp

Saatnya mulai pakai WhatsApp untuk berbisnis

Yuk belajar WA Marketing di Kelas MEA sekarang juga. Akses materi seumur hidup!

Saat aplikasi WhatsApp error atau freeze, sudah pasti aplikasi WhatsApp nggak akan bisa mendownload file termasuk foto dan video. Nah jika memang seperti ini, Sobat MEA bisa langsung menutup paksa aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan. Bagaimana caranya?

Nah cara untuk menutup paksa aplikasi WhatsApp adalah dengan lewat menu Pengaturan > Aplikasi > Pengelolaan Aplikasi > WhatsApp. Selanjutnya Sobat MEA tinggal klik ikon Force Stop untuk menutup paksa aplikasi WhatsApp yang sedang berjalan.

5. Restart HP

Jika cara-cara di atas nggak bekerja secara efektif, maka Sobat MEA bisa juga melakukan restart HP. Yup, merestart HP biasanya bisa membantu mengatasi masalah error nggak bisa mendownload video di WhatsApp. 

Caranya mdauh, Sobat MEA cukup matikan hp dan hidupkan kembali. Jika sudah, Sobat MEA tinggal mencoba lagi download video di WhatsApp.

6. Tunggu Server WhatsApp Kembali Normal

Salah satu penyebab eksternam WhatsApp tidak bisa download video adalah kendala server. Yup, ada kalanya server WhatsApp down yang membuatnya nggak bisa Sobat MEA akses.

Sobat MEA bisa memeriksa status server WhatsApp melalui website Down Detector. Nah jika memang sedang down, Sobat MEA tinggal menunggu sampai server WhatsApp kembali normal. Biasanya server kembali normal dalam waktu yang singkat.

7. Perbaharui Aplikasi WhatsApp

WhatsApp Blaster terbaik anti banned

Cobain pakai tools Sebari dari MEA aja!

Mungkin saja, aplikasi WhatsApp Sobat MEA adalah aplikasi versi lama dan membuatnya nggak bisa mendownload video. Jika memang benar, Sobat MEA tinggal mengupdate aplikasi. Untuk pengguna Android, Sobat MEA bisa update aplikasi WhatsApp lewat Play Store dan untuk iPhone bisa update lewat App Store.

8. Aktifkan Fitur Tampilkan Media/Simpan Ke Roll Kamera

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengaktifkan fitur Tampilkan Media/Simpan Rol Kamera. Yup, fitur satu ini memang diperuntukan agar Sobat MEA bisa langsung menyimpan file yang dikirim lewat WhatsApp.

Agar foto dapat tersimpan ke galer, Sobat MEA bisa masuk ke menu WhatsApp > Settings/Setelah > Chat > Tampilkan Media. Untuk pengguna iPhone, caranya sama namun pada bagian akhir kamu bisa memilih Simpan ke Roll Kamera

9. Atur Ulang Jaringan

Mengatur ulang jaringan atau konesi Sobat MEA bisa menjadi salah satu solusi juga loh. Yup, jika semua cara sudah dilakukan dan nggak kunjung berhasik, Sobat MEA bisa coba restrat jaringan internet. 

Matikan lalu hidupkan kembali router wifi atau Sobat MEA bisa melakukan reset koneksi lewat Hp. Caranya, masuk ke menu Pengaturan > Koneksi dan Berbagi > Setel Ulang Wi-Fi > Reset- Wi-Fi.

10. Install Ulang WhatsApp

Cara terakhir untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa download video adalah dengan install ulang aplikasi. Saat menginstall kembali, coba untuk mengizinkan semua perizinan WhatsApp.Biasanya, masalah akan segera selesai karena Sobat MEA melakukan peresetan ulang aplikasi

Nah itulah 5 penyebab sekaligus 10 cara mengatasi aplikasi WhatsApp tidak bisa download video, foto dan file lain. Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA semua ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.