Oh, Ternyata Ini Penyebab Messenger Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya!

by Viki
messenger tidak bisa dibuka

Messenger adalah aplikasi chatting populer yang dikembangkan oleh Meta Facebook yang dirancang dengan user interface yang mudah digunakan. Tapi sama seperti aplikasi lainnya, Messenger pun terkadang mengalami kendala seperti Messenger tidak bisa dibuka. Mengapa bisa demikian? Simak penjelasannya di artikel ini. 

Messenger yang error tentu akan mengganggu aktivitas pengguna. Terlebih jika segala kebutuhan komunikasi mengandalkan aplikasi ini. Salah satu notifikasi yang muncul ketika aplikasi messenger error yaitu “Sayangnya Aplikasi Messenger Telah Terhenti”

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Selain itu, ketika Messenger tidak bisa dibuka, proses tidak akan tersambung bahkan akan langsung force stop dengan kembali ke halaman awal HP secara otomatis. Ini sangat menyebalkan, bukan? Apalagi jika pekerjaanmu mengandalkan Messenger. 

Tapi Sobat MEA tidak perlu khawatir. Jika Sobat MEA kerap mengalaminya, dalam artikel ini, MiMe akan uraikan apa saja yang menjadi penyebab messenger tidak bisa dibuka. Yuk, simak penjelasan selengkapnya!

Kenapa Messenger Tidak Bisa Dibuka?

Bagi pebisnis online, Messenger telah menjadi media komunikasi yangmembantu. Tentu saja karena fleksibilitasnya dalam mengirim dan menerima pesan. Biasanya mereka menggunakan Messenger untuk mempromosikan produk kepada customer

Tapi jika terjadi messenger tidak bisa dibuka, maka Sobat MEA terancam tidak bisa chat pelanggan maupun teman-teman terdekat. Dalam hal ini, mari kita kenali lebih lanjut mengenai penyebab kenapa messenger error dan tidak bisa digunakan.

Server Messenger Down

Penyebab pertama dari messenger yang tiba-tiba bermasalah, bisa jadi karena memang server messenger yang sedang down. Sama seperti platform lainnya, Messenger juga memiliki sistem yang perlu pembaruan bahkan gangguan. Jika demikian, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menunggu hingga server kembali normal.

Aplikasi Messenger Galat

Selain server down, Messenger juga bisa mengalami galat atau error sewaktu-waktu. Inilah yang menyebabkan Sobat MEA tidak dapat chat ke teman ataupun mengirimkan pesan promosi. 

Biasanya ini juga dikarenakan pihak Facebook sedang melakukan maintenance. Maka harap tunggu sampai proses perbaikan selesai agar Sobat MEA dapat menggunakan Messenger kembali. 

Jaringan Internet Tidak Stabil

Messenger yang error juga bisa dikarenakan jaringan internet yang tidak stabil. Sehingga Sobat MEA juga tidak bisa mengirimkan pesan promosi ke pelanggan. 

Seperti yang kita ketahui, Messenger juga menggunakan jaringan internet stabil untuk mengirim pesan dan melakukan video call dengan lancar. Sobat MEA tidak bisa masuk aplikasi Messenger jika jaringan internetmu belum membaik. 

Menggunakan Aplikasi Versi MOD

Kasus Messenger yang tidak bisa dibuka juga kerap didapatkan oleh pengguna yang menggunakan aplikasi Messenger MOD (tidak resmi). Ini bisa jadi aplikasi Messenger tersebut memang diblokir. 

Mendownload aplikasi Messenger resmi memang memakan banyak internal. Tapi ini akan memberikan pengalaman yang lebih baik daripada Sobat MEA menggunakan aplikasi versi MOD. 

Belum Update Aplikasi Versi Terbaru

Alasan lainnya ketika Messenger error, mungkin Sobat MEA belum update aplikasi Messenger versi terbaru. 

Pengembang aplikasi memang terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman saat menggunakan Messenger. Maka sebaiknya Sobat MEA periksa Google Play Store atau AppStore di perangkat. Jika ada pembaruan, silakan lakukan update terlebih dahulu.

Data Aplikasi Menumpuk

Memori Internal Tidak Cukup

Selain cache aplikasi, Sobat MEA juga perlu memperhatikan ruang penyimpanan perangkat. Karena aplikasi Messenger membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. 

Jika Sobat MEA gagal mengakses Messenger, mungkin memori internal perangkatmu sudah penuh. Maka Sobat MEA perlu mengosongkan beberapa ruang untuk diisi dengan Messenger dan Sobat MEA bisa menggunakannya kembali.

Akun Messenger di Banned

Penyebab selanjutnya, kemungkinan akun Messenger sudah di banned karena melakukan aktivitas yang mencurigakan. Pengembang Messenger juga bisa mendeteksi perilaku mencurigakan yang pengguna lakukan di akun Facebook.

Akun Facebook yang melanggar juga bisa dikarenakan ada yang melaporkanmu. Jika Sobat MEA terbukti melakukan apa yang dilaporkan, maka akunmu berpotensi di banned.  

Cara Mengatasi Messenger Tidak Bisa Dibuka

Jasa Iklan Facebook Terbaik

Jualan di Facebook juga bisa joss kalau tahu rahasianya! Sini, biar tim Facebook Ads MEA yang wujudkan keinginanmu! Anti Boncos~

Nah, setelah memahami apa saja yang menjadi penyebab Messenger tidak bisa dibuka, Sobat MEA mungkin penasaran bagaimana cara memperbaikinya. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk solusinya:

Force Stop dan Buka Kembali

Cara pertama yang perlu Sobat MEA lakukan yaitu dengan force stop dan buka kembali aplikasi Messenger. Tapi ingat, jangan keseringan karena bisa berdampak buruk untuk perangkatmu, lakukan saat mendesak saja. Silakan pergi ke pengaturan aplikasi dan tekan tombol Force Stop pada opsi aplikasi Messenger.

Restart Perangkat

Cara kedua ini juga bisa dikatakan sangat ampuh. Sobat MEA bisa restart HP untuk dapat menggunakan aplikasi Messenger kembali. Karena terkadang Messenger yang error itu disebabkan oleh terlalu banyak membuka aplikasi.

Update Aplikasi Versi Terbaru

Jangan anggap remeh, aplikasi Messenger yang tidak pernah di update dapat menyebabkan eror terus dan tidak bisa dibuka. Itulah mengapa Sobat MEA harus sering melakukan update selama developer memberikan pembaruan terbaru terhadap Messenger.

Aktifkan Akses Messenger di Perangkat

Coba periksa pengaturan pada perangkatmu. Apakah Sobat MEA sudah mengaktifkan izin akses aplikasi Messenger di perangkatmu? Setiap ponsel membutuhkan izin akses untuk menjaga keamanan privasi. Jika belum, aktifkan terlebih dahulu.

Ketika Sobat MEA tidak memberikan izin akses aplikasi Messenger, tidak heran jika Sobat MEA gagal untuk berkirim pesan dengan teman-teman karena Messenger tidak bisa mengakses kontakmu.

Bersihkan Cache Aplikasi Messenger

Aplikasi Messenger yang error juga bisa disebabkan oleh data aplikasi yang menumpuk. Data ini merupakan spam dan membuat aplikasi Messenger tidak bisa digunakan.

Maka Sobat MEA bisa mengatasinya dengan menghapus cache aplikasi Messenger melalui menu pengaturan aplikasi. Adapun cara mengaksesnya sama seperti force stop yang dilakukan sebelumnya.

Hapus File yang Tidak Penting

Seperti yang sudah disinggung di atas, aplikasi Messenger membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar. Jika memori internal perangkat penuh, maka aplikasi Messenger tidak bisa dibuka di perangkat tersebut. 

Itulah mengapa Sobat MEA perlu menghapus file atau aplikasi yang jarang digunakan untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar. Sehingga Messenger bisa berfungsi kembali.

Hubungi Pusat Bantuan Facebook

Jika semua cara tersebut sudah dilakukan tapi tidak kunjung berfungsi, bisa jadi akun FB mu memang di banned. Maka Sobat MEA bisa membuat laporan ke pusat bantuan Facebook.

Dalam hal ini, silakan tulis kronologi mulai kapan aplikasi Messenger error dan tidak bisa dibuka. Jangan lupa ceritakan juga apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasinya.

Jika sudah, tunggu hingga pihak Facebook merespon email dalam beberapa jam. Lalu ikuti instruksi yang diberikan untuk mengatasi masalah Messenger gangguan ini. 

Demikian beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi Messenger tidak bisa dibuka. 

You may also like

Leave a Comment