9 Cara Jualan di Facebook Biar Cuan dan Laris Manis. Mudah Kok!

by Fanny
apa itu fanpage facebook

Facebook adalah salah satu platform sosial media yang bisa Sobat MEA manfaatkan untuk bisnis. Facebook sendiri memiliki fitur khusus untuk bisnis yang bisa Sobat MEA gunakan untuk membagikan unggahan dan promosi jualan sampai berjualan secara langsung. Sebagai pebisnis, tentu Sobat MEA harus mengetahui bagaimana sih cara jualan di Facebook yang baik dan benar. 

Jika Sobat MEA masih bingung, kami akan membagikan 9 cara jualan di Facebook agar cuan dan laris manis. Nah daripada berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak cara selengkapnya di bawah ini!

9 Cara Jualan di Facebook Agar Laris Manis

Mau jualan di Facebook tapi bingung mulai dari mana?

Yuk gabung ke komunitas seller Facebook dan ngobrol dengan pebisnis online lainnya secara gratis!

Sama seperti jualan di Shopee, TikTok, Tokopedia atau marketplace lain, tentu ada cara-cara tersendiri yang harus Sobat MEA lakukan untuk mulai berjualan lewat Facebook. Nah berikut ini ada 9 cara jualan di Facebook dan tips agar laris manis. Daripada berlama-lama lagi, langsung simak aja penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Daftar Akun Pengelola Bisnis di Facebook

Cara jualan di Facebook yang pertama bisa Sobat MEA lakukan dengan membuat akun Pengelola Bisnis di Facebook. Penting bagi pebisnis online untuk memiliki akun ini untuk mempermudah proses promosi dan pembuatan iklan agar produk dapat dipasarkan dengan baik. Tenang, cara mendaftar akun pengelola bisnis di Facebook ini mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Mudah sekali bukan? Dengan menggunakan pengelola bisnis Facebook, Sobat MEA dapat memantau performa unggahan. Sobat MEA juga bisa menjalankan iklan dan mengatur biayanya melalui akun bisnis ini.

2. Gunakan Fitur Facebook Marketplace

Boncos mulu tiap ngiklan di Facebook?

Pakai Jasa Facebook Ads aja biar makin cuan!

Facebook juga memiliki fitur marketplace yang fungsinya sama dengan marketplace lainnya. Sobat MEA bisa memasukkan foto, deskripsi, dan harga produk yang jelas untuk menarik minat pembeli. 

Pastikan informasi yang dimasukkan jelas dan sebenar-benarnya agar algoritma Facebook dapat menampilan produk Sobat MEA sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pembeli. Nah berikut ini adalah langkah-langkah cara jualan di Facebook dengan mengunggah produk di Facebook Marketplace:

  • Masuk ke akun Facebook Bisnis Sobat MEA, lalu pilih menu Beranda.
  • Klik Marketplace pada menu di sebelah kiri.
  • Lanjutkan dengan klik Jual Barang, lalu klik Barang Dijual.
  • Sobat MEA bisa menambahkan foto produk.
  • Masukkan informasi selengkapnya tentang produk yang akan dijual, seperti nama, deskripsi, dan harga produk.
  • Klik Berikutnya. Namun jika tombol tersebut masih abu-abu, Sobat MEA bisa memastikan lagi apakah informasi yang dicantumkan sudah lengkap atau belum.
  • Selanjutnya, klik Terbitkan untuk mengunggah produk di Facebook Marketplace.
  • Selesai!

3. Menuliskan Deskripsi Produk dengan Benar dan Jelas

Ketika Sobat MEA ingin membeli produk, tentunya Sobat MEA akan melihat foto dan deskripsi produknya terlebih dahulu, bukan? Misalnya saja ada 2 produk serupa, yang satu hanya berisi sedikit informasi mengenai produknya, sedangkan yang satunya lagi mencantumkan informasi lengkap mulai dari bahan, manfaat, hingga cara pemakaiannya. 

Mana produk yang akan Sobat MEA beli? Tentunya produk yang kedua bukan? Nah, inilah pentingnya mencantumkan deskripsi produk yang jelas, yaitu agar pembeli mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan semakin ingin membeli produk yang Sobat MEA jual.

Artikel Terkait  Ini Inspirasi 10+ Nama Second IG Aesthetic dan Artinya!

4. Bergabung dengan Grup Jual Beli

Kepoin cara ngiklan di Facebook dan Instagram

Dengan gabung ke Kelas FB & IG Ads sekarang juga!

Cara jualan di Facebook selanjutnya adalah Sobat MEA bisa bergabung di grup jual beli. Ada banyak jenis grup Facebook yang bisa Sobat MEA ikuti di Facebook. Untuk mendapatkan pembeli yang tepat, Sobat MEA bisa bergabung ke grup yang menjual produk dengan kategori yang sama.

Seperti misalnya Sobat MEA menjual baju muslim wanita, pastikan Sobat MEA bergabung pada grup Facebook yang khusus menjual produk fashion. Hal ini bertujuan agar produk yang Sobat MEA tawarkan dapat bertemu dengan audiens yang membutuhkannya.

5. Membuat Fanpage

Sobat MEA juga bisa membuat Fanpage untuk melakukan cara jualan di Facebook. Halaman ini membuat Sobat MEA bisa menampilkan berbagai macam informasi produk. Selain itu, orang bebas untuk mengunjungi Fanpage Sobat MEA tanpa harus mengajukan permintaan pertemanan terlebih dahulu.

Fungsi dari Fanpage selain untuk mencantumkan informasi lengkap mengenai brand dan produk, juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Tentunya audiens akan lebih memilih untuk membeli produk di toko yang jelas dan memiliki Fanpage dengan informasi lengkap. Belum lagi, Sobat MEA bisa melakukan monetisasi Fanspage agar mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Analisa Kompetitor

Sebagai pebisnis online, dapat dipastikan bahwa Sobat MEA akan selalu memiliki kompetitor. Untuk itu agar Sobat MEA dapat bersaing di dunia bisnis online, Sobat MEA juga perlu menganalisa pergerakan dari kompetitor.

7. Menggunakan Facebook Ads

cara jualan di facebook

Ini dia salah satu hal yang paling banyak dilakukan oleh pebisnis online yang ingin cara jualan di Facebook berjalan dengan lancar: memasang iklan! Dengan membuat iklan di Facebook, produk Sobat MEA bisa menjangkau target audiens yang sudah ditentukan secara spesifik. Biayanya pun bisa Sobat MEA atur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kendati demikian, Sobat MEA wajib untuk membuat konten iklan yang menarik agar audiens bisa memutuskan untuk membeli produk Sobat MEA. Nggak perlu khawatir, sekarang Facebook sendiri sudah menyediakan beragam referensi iklan yang bisa Sobat MEA lihat di Facebook Ads Library.

8. Sambungkan Facebook dengan Aplikasi Lainnya

Cara jualan di Facebook selanjutnya bisa Sobat MEA lakukan dengan menghubungkan aplikasi Facebook dengan sosial media lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak audiens dan mendapatkan konsumen baru. Dengan cara ini pula Sobat MEA bisa mengunggah satu jenis konten ke berbagai macam platform sekaligus, jadi lebih hemat dan efektif, deh.

9. Lakukan Evaluasi

Jika cara jualan di Facebook di atas sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk selalu melakukan evaluasi penjualan agar Sobat MEA dapat menyusun strategi yang lebih baik selanjutnya. Proses evaluasi ini juga bisa membantu Sobat MEA untuk mengeahui apakah selera audiens sudah berubah atau masih tetap sama. Sobat MEA juga bisa mengetahui performa unggahan yang dibuat dan meningkatkan kualitasnya agar performanya selalu baik.

Itu dia beberapa cara jualan di Facebook yang bisa Sobat MEA coba untuk meningkatkan penjualan. Baca juga artikel kami lainnya seputar tips jualan di Facebook biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment