Tips dan Cara Membuat Deskripsi Produk Shopee Beserta Contohnya. Simak!

cara membuat deskripsi produk shopee

Ada banyak hal yang mesti Sobat MEA perhatikan jika ingin membuka toko di Shopee. Kesuksesan datang dari perhatian pada detil-detil kecil saat membangun toko. Salah satu hal yang harus Sobat MEA perhatikan adalah toko dan deskripsi produk Shopee.

Jika Sobat MEA perhatikan, seller atau toko-toko beromzet tinggi di Shopee pasti memiliki deskripsi produk yang sangat jelas, informatif dan menarik orang-orang untuk berbelanja. Namun, Sobat MEA nggak perlu khawatir. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat deskripsi produk Shopee yang menarik pada profil toko. Yuk langsung simak aja!

Manfaat Deskripsi Produk Shopee

Mau belajar dan gabung komunitas seller Shopee?

Yuk gabung dan belajar bareng coach dan seller berpengalaman di Kelas Shopee MEA

Sama seperti deskripsi toko Shopee yang menarik, deskripsi produk adalah hal yang cukup penting untuk mendapatkan penjualan. Nah sebelum kita masuk pada pembahasan cara membuatnya, kita akan membahas lebih dulu apa saja manfaat deskripsi produk Shopee untuk toko Sobat MEA. Check this out~

  1. Memberikan informasi yang jelas pada pembeli. Deskripsi produk adalah sumber informasi untuk membantu calon pembeli mengenal produk
  2. Deskripsi produk untuk sarana promosi dengan memberikan penjelasan mengenai keunggulan produk
  3. Fungsi deskripsi juga memaksimalkan SEO Shopee agar produk muncul saat dicari dengan kata kunci.
  4. Meningkatkan traffic toko, produk dan juga meningkatkan penjualan.

Cara Menambahkan dan Membuat Deskripsi Produk di Shopee Lewat HP

Saatnya scale up omzet toko kamu

Ratusan client sudah untung besar pakai Jasa manajemen marketplace MEA!

Sebelum masuk pada tips membuat deskripsi produk, tentu saja Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara menambahkan dan membuat deskripsi produk Shopee. Nah bagaimana caranya? Berikut ini adalah tutorial mudah yang bisa Sobat MEA lakukan menggunakan hp atau aplikasi Shopee.

  1. Pertama buka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun toko yang Sobat MEA gunakan untuk berjualan
  2. Setelah masuk, klik menu Saya yang ada pada bagian kanan bawah layar
  3. Selanjutnya klik opsi Toko Saya yang ada pada pojok kiri atas layar
  4. Sobat MEA akan masuk ke halaman produk lalu klik Tambah Produk Baru
  5. Selanjutnya Sobat MEA bisa memasukan nama atau judul produk dan gambar produk
  6. Selanjutnya masukan deskripsi produk isi dengan baik dan benar
  7. Kemudian pilih Kategori dan fokus untuk memasukan Variasi Produk
  8.  Setelah Selesai klik Simpan dan kini Sobat MEA sudah memiliki produk dan deskripsi produknya.

Tips Membuat Deskripsi Produk yang Menarik Pembeli

Mau jago copywriting untuk bisnis maupun kepentingan personal?

Saatnya jago merangkai kata lewat kelas Copywriting Bisnis MEA!

Setelah tahu cara mengupload produk, kini Sobat MEA harus mengetahui bagaimana cara membuat deskripsi toko dan produk yang menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan. Deskripsi toko itu penting dan deskripsi produk nggak kalah penting. Nah, salah satu hal yang paling penting dari sebuah deskripsi produk adalah informatif. Karena itu, berikut adalah cara membuatnya. Yuk simak!~

Masukan Spesifikasi Produk

Tips pertama adalah membuat deskripsi toko Shopee dan produk yang informatif. Sobat MEA bisa memberikan detil terkait bahan, jenis produk yang dijual, berat, dimensi dan faktor unik lainnya kepada pembeli. Detil tersebut sangat penting salah satunya bagi produk-produk elektronik, peralatan dan perlengkapan tertentu.

Tulis Fungsi dan Keunggulan Produk

Selanjutnya Sobat MEA bisa menulis fungsi dan keunggulan produk. Maksudnya, Sobat MEA bisa membagikan bagaimana cara produk yang Sobat MEA bekerja dan keuntungan apa yang bisa pembeli dapatkan. Sobat MEA juga bisa membahas jam operasional toko.

Semakin jelas Sobat MEA menulis detil deskripsi, fungsi dan keunggulan produk, maka kemungkinan besar produk Sobat MEA akan pembeli beli. Menurut pihak Shopee, produk yang memiliki deskripsi lengkap cenderung menjual lebih cepat.

Tambahkan Garansi Jika Ada

Terakhir Sobat MEA bisa menambahkan garansi jika memang ada. Produk yang bergaransi biasanya akan mendapat kepercayaan dan meyakinkan pembeli untuk segera checkout. Jadi, jika memang Sobat MEA menjual produk bergaransi, jangan lupa untuk mencantumkannya di akhir deskripsi.

Memasukan Gambar ke Deskripsi Produk

Banyak seller Shopee yang belum tahu bahwa sebenarnya Sobat MEA bisa menambahkan produk pada deskripsi. Hanya saja hal ini berlaku bagi para penjual terpilih.

Gambar dalam deskripsi produk akan menciptakan pengalaman yang lebih menarik pada pembeli. Sobat MEA bisa menambahkan 12 gambar melalui fitur Kreasi Gambar.

Kendati begitu, ada beberapa hal yang harus Sobat MEA perhatikan sebagai pedoman  ukuran warna dan lain-lain sebelum memasukan pada deskripsi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya;

  1. Gambar harus memiliki rasio tinggi lebar antara 0,5 sampai 32
  2. Dimensi file setidaknya harus 1000px x 32px. Nggak ada dimensi maksimum. Namun kalau gambar terlalu besar, maka secara otomatis gambar akan Shopee perkecil.
  3. File nggak boleh lebih besar dari 2MB.

Langkah Memaksimalkan Gambar Pada Deskripsi Produk

Sama seperti deskripsi, gambar pada deskripsi ini juga harus Sobat MEA maksimalkan. Ada 2 hal yang harus Sobat MEA perhatikan saat memasukan gambar produk ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Sesuaikan Deskripsi Produk Dengan Gambar

Pertama adalah menyesuaikan deskripsi produk dengan gambar. Penting rasanya Sobat MEA menyajikan gambar yang sesuai dengan deskripsi. Pembeli akan semakin yakin pada deskripsi produk saat ada gambar langsung yang tertera. Hasilnya, pembeli cenderung akan membeli produk tersebut.

Gunakan CTA dan Kata-kata Promosi

Terakhir adalah meggunakan CTA atau Call To Action serta kata-kata promosi pada teks gambar Sobat MEA. Jadi Sobat MEA jangan mengupload gambar produk yang polos. Tambahkan embel-embel diskon atau potongan harga untuk membuka kemungkinan dilihat pembeli yang lebih suka melihat gambar daripada membaca.

Contoh Deskripsi Produk Shopee

kelas Copywriting

Hai! Selamat datang di Lunatique Indonesia! 

Kami menjual berbagai macam parfum mulai dari parfum cowok, parfum cewek, parfum eau de toilette, dan lain-lain. Lunatique fragrance merupakan local perfume store, bersertifikasi BPOM, No Animal testing, dan eco friendly oriented. Free ongkir, fast delivery. Follow toko kami untuk pemberitahuan produk baru, atau promo-promo menarik.
Happy Shopping!
(Masukan contoh deskripsi toko online Shopee) 

 

Bohemian Rhapsody
Parfum unisex Eau de parfum 30 ml dengan keharuman soft namun tahan lama.
Inspired by Chloe NoMad dengan keharuman soft woody mix floral and sexy fruity Notes.

 

Detail produk
Ukuran: 30 ml
Notes/aroma parfum

Woody
Citrus
Fruity
Mossy 
Earthy
Floral
Sweet
Powdery
Warm spicy
Amber

 

Keunggulan

Parfum berkualitas tinggi
Bersertifikasi BPOM
No animal testing
Parfum tahan lama
Menaikkan percaya diri

 

Cara pakai

  • Semprotkan parfum ke area titik nadi (pergelangan tangan bagian dalam, dalam siku, sekitar leher
  • Semprotkan parfum dari jarak 15-25 cm
  • Jangan semprotkan parfum ke pakaian

Catatan penjual

High quality perfume
Lower price great value
BPOM certified
No animal tested
Recycle material packaging
Inspired by luxurious scent
Coolest variant name
long lasting & good sillage
boost your confidence

Nah itu beberapa langkah yang bisa Sobat MEA ikuti untuk membuat deskripsi produk Shopee yang baik dan benar. Gimana? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA yang sedang merintis dan berjualan lewat Shopee ya. Aminn!

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.