Ssssssttt, Admin Grup Bisa Dapat Uang dari Grup Facebook, Loh. Gini Caranya!

by Viki
cara monetisasi grup facebook

Sobat MEA sudah tahu belum, nih? Facebook kini membawa fitur monetisasi sampai ke layanan grup. Yup, admin grup Facebook bisa dapat uang dari grup yang dikelolanya. Dan ternyata begini cara monetisasi grup Facebook. Penasaran? Silakan simak artikel ini ya!

Jejaring sosial Facebook sedang menguji coba tool baru yang memungkinkan admin grup mendapatkan uang, melalui fitur shopping, fundraising (penggalangan dana), hingga berlangganan. Ini menjadi pilihan-pilihan untuk cara monetisasi grup Facebook dengan mudah. 

Apakah Grup Facebook Bisa Dimonetisasi?

Mau Tahu Cara Jualan di Sosial Media yang Baik dan Benar?

Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Menurut Liputan6.com, induk Facebook yakni META telah mengumumkan hal ini dalam acara Communities Summit, di mana fitur monetisasi ini akan membantu para admin yang menjalankan grup mendapatkan penghasilan dan mendukung komunitas yang mereka bangun.

Dengan begitu, hal ini bisa Sobat MEA jadikan hal ini untuk menambah cuan. Misalnya, menjual barang yang mungkin sudah tidak berguna lagi tapi bisa membantu orang lain di grup, melakukan penggalangan dana, dll. 

Menarik, bukan? Tentunya bisa dilakukan oleh siapapun tidak memandang suatu kalangan. Selain itu, masih banyak cara monetisasi grup Facebook lainnya untuk dapat uang tambahan. Adapun mengenai cara lainnya, akan MiMe jelaskan di bawah ini!

Cara Memonetisasi Grup Facebook

facebook marketplace indonesia

1. Facebook Grup Jual Beli

Di Facebook, ada banyak grup “Jual Beli” yang bisa Sobat MEA bangun. Mulai dari pakaian bayi hingga mobil bekas. Grup ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dan membeli barang bagus dengan harga lebih rendah. 

Selain itu, grup jual beli juga bisa menjadi media untuk bertukar informasi mengenai minat yang sama sekaligus memberikan penawaran terbaik. 

Nah, Sobat MEA bisa memanfaatkan ini untuk bertukar barang atau jasa dan membangun hubungan. Melalui grup ini, Sobat MEA dapat sekalian mendorong penjualan. Singkatnya, menjadikan grup-mu sebagai media promosi.  

Bukan hanya itu, Sobat MEA juga bisa menggunakan alat pencarian Facebook untuk menemukan dan bergabung dengan grup “Beli dan Jual” lainnya yang sesuai dengan niche. 

Mau Cuan dari Facebook dengan Maksimal?

Serahkan saja pada TIM Manajemen Sosmed MEA! TIM hebat kami siap bantu segala urusan bisnis di Facebook dan bikin kamu lebih cuan!

2. Bagikan Situs Web atau Sosial Media Lain

Sobat MEA punya situs web, blog, atau channel Youtube? Grup Facebook dapat membantumu mendatangkan traffic pengunjung atau penonton, loh!

Sobat MEA bisa membangun grup untuk membagikan tautan dalam posting grup atau komentar. Tulis cerita pendek untuk memberi tahu orang-orang tentang apa itu dan sertakan ajakan bertindak (CTA) untuk melihat situs web atau channel Youtube mu.

Jika anggota grup menyukai apa yang Sobat MEA bagikan, mereka juga akan membagikannya di grup lain atau di timeline pribadi. Sehingga traffic user ke situs web atau traffic penonton channel YouTube mu menjadi lebih besar.

3. Layanan Sponsor dan Iklan

4. Membebankan Biaya Keanggotaan

Selain itu, Sobat MEA juga bisa mengenakan biaya keanggotaan untuk pengguna Facebook yang ingin bergabung. Yup, boleh saja kok. Apalagi jika grup yang dijalankan bernilai tinggi seperti klub pelatih atau mendapatkan opini, influencers, experts, dll. 

Jika anggotamu selalu bisa mendapatkan sumber daya dan dukungan dari grup , Sobat MEA juga bisa mengusulkan biaya langganan bulanan. 

Dalam hal ini, Rutinlah membagikan informasi yang berguna dan wawasan ahli di grup. Sesekali adakan webinar dengan Facebook Live dan atur acara online untuk para anggota. Agar para pengguna memiliki alasan mengapa harus bergabung dalam grup milikmu.

5. Penggalangan Dana

Seperti halnya donasi, jika Sobat MEA memiliki proyek yang bagus. Sobat MEA dapat membiarkan orang mempelajarinya melalui Grup Facebook. 

Dalam hal ini, Bagikan berita dan pembaruan dengan anggota grup mu. Sobat MEA bisa tanyakan pendapat mereka dan berdiskusi dengan mereka. Bahkan bisa juga mengumpulkan dana dari grup untuk tragedi atau acara tertentu.  

Kalau untuk pebisnis, Sobat MEA juga bisa mendapatkan investor, dengan menunjukkan potensi grup yang Sobat MEA jalankan, seperti statistik keterlibatan, partisipasi anggota, dan umpan balik untuk meyakinkan mereka terhadap bisnis yang Sobat MEA jalani.

Nah, itu dia cara monetisasi grup Facebook. Bagaimana? Tertarik untuk menjadi admin grup Facebook dan cuan? Tenang, admin grup di Facebook diberikan tools agar bisa monetisasi grup, dan bisa mendapatkan uang tambahan dari monetisasi tersebut.

You may also like

Leave a Comment