Kenapa Pesanan Shopee Dibatalkan? Ini Penjelasan & Tips Bagi Penjual!

by Viki
apa itu pusat resolusi shopee

Shopee memang telah menjadi platform e-commerce yang asyik untuk belanja online. Tidak heran jika Shopee memiliki banyak pengguna yang memudahkan penjual dalam meningkatkan penjualan. Tapi hal ini tentu tidak berjalan mulus, ada saja pembeli yang membatalkan pesanan. Kenapa pesanan Shopee dibatalkan?

Ya, setiap pembeli bisa mengajukan pembatalan pesanan di Shopee jika mereka berubah pikiran atau ingin mengubah pesanannya. Sehingga pembatalan pesanan di toko Shopee memang sering dialami penjual Shopee. 

Tapi ada alasan lain yang menyebabkan pesanan dibatalkan di tokomu. Sobat MEA tentu ingin tahu alasannya, bukan? Yuk simak penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan secara lengkapnya!

Table of Contents

Kenapa Pesanan Shopee Dibatalkan?

Mau promosi lebih efektif tanpa kena pembatalan?
Yuk collab bareng partner MCN Shopee MEA yang expert dan handal agar lebih cuan!

Ada beberapa kemungkinan penyebab tokomu mendapatkan pembatalan pesanan dari pelanggan. Ini perlu diketahui agar Sobat MEA memahami bagaimana cara mencegahnya. Dan berikut uraian penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan, antara lain:

  • Penjual tidak menjawab chat.
  • Permintaan langsung dari penjual.
  • Pembeli ingin mengubah rincian dan membuat pesanan baru.
  • Produk memiliki ulasan buruk.
  • Pembeli ingin mengubah alamat pengiriman barang.
  • Pembeli menemukan produk dengan harga yang lebih rendah.
  • Penjual membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesanan.
  • Pembeli berubah pikiran.
  • Lainnya. 

Jenis-Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Jualan yang cuan anti pembatalan?
Yuk kupas tuntas semua strategi sukses ala Seller dan Mentor Expert di Komunitas Bisnis MEA!

Melansir laman Shopee, ada 3 jenis pembatalan pesanan Shopee yang bisa dilakukan oleh pembeli. Berikut uraian lengkapnya:

1. Pembatalan Instan

Pembatalan pesanan ini juga berlaku bagi pembeli yang memilih berbagai jasa pengiriman seperti pengiriman instant (Shopee Xpress Instant, GoSend Instant, GrabExpress Instant), Sameday (Shopee Xpress Sameday, GoSend Sameday, GrabExpress Sameday, SiCepat Sameday), JNE Reguler (Non Cashless), Pos Kilat Khusus, Indah Logistik, Termasuk Ongkos Kirim, dan Pesanan Pre-order.

2. Pembatalan Non Instan

Selanjutnya, ada Pembatalan Non Instan yang dapat dilakukan oleh pembeli meskipun penjual telah mengatur pengiriman dan memberikan nomor resi pengiriman pesanan. Tapi ini berlaku selama paket belum diterima oleh jasa kirim. 

Hanya saja, penjual juga harus menyetujui pengajuan pembatalan pesanan ini. Jika penjual tidak kunjung memberikan respons, sistem Shopee akan otomatis membatalkan pesanan tersebut dalam waktu 1×24 jam berikutnya. 

3. Pembatalan Otomatis

Selain itu, ada juga jenis Pembatalan Otomatis bagi penjual yang tidak kunjung memproses pesanan yang masuk dari pembeli.

Shopee memberikan batas waktu pengemasan dan pengiriman untuk setiap pesanan yang diterima. Pesanan akan otomatis dibatalkan jika penjual tidak menyerahkan pesanan kepada jasa kirim setelah dua hari sejak masa pengemasan atau sejak nomor resi keluar dari sistem Shopee. 

Bukan hanya itu, Shopee juga akan otomatis membatalkan pesanan jika penjual tidak login ke akun Shopee selama 7 hari sejak pembeli membayar pesanannya. 

Tips Menghindari Pembatalan Pesanan di Shopee

apa itu pusat resolusi Shopee

Setelah mengetahui apa saja penyebab kenapa pesanan Shopee dibatalkan, tentunya banyak juga yang menyebabkan tingkat pembatalan/pengembalian yang cukup tinggi.

Tapi tenang saja, melansir laman Shopee, ada beberapa tips menghindari pembatalan pesanan di Shopee yang bisa dilakukan:

  1. Hindari Stok Habis, maka pastikan selalu periksa stok secara teliti dan update stok secara berkala. 
  2. Kirimkan pesanan secara tepat waktu dan jangan sampai terlambat!
  3. Aktifkan “Toko Libur” jika tidak bisa memenuhi pesanan untuk sementara waktu. 
  4. Tuliskan deskripsi produk secara akurat dan sesuai dengan kondisi produk yang terkait mulai dari variasi hingga foto/video.
  5. Kemas produk secara aman dan hati-hati, tambahkan bubble wrap jika perlu. 
  6. Tempelkan label pengiriman yang jelas dengan benar. 
  7. Pantau produk yang sering dikembalikan, kenali masalahnya, dan pelajari apa yang harus diperbaiki. 
Artikel Terkait  Syarat Jualan Online di Shopee Untuk Produk Parfum Agar Cepat Laku

Nah, itu dia penjelasan tentang kenapa pesanan Shopee dibatalkan, jenis-jenis pembatalan, serta tips pentingnya. Hal ini tentu penting untuk dipahami Sobat MEA yang aktif berjualan di Shopee. Sobat MEA tidak ingin mengalami penurunan omzet, bukan? Yang terpenting, pastikan buat pelanggan merasa nyaman agar mereka yakin untuk berbelanja di tokomu. Semoga sukses!

 

You may also like

Leave a Comment