Cara Pengembalian Dana Shopee ke Rekening. Mudah dan Cepat!

by Fanny
cara pengembalian dana shopee ke rekening

Shopee menjadi salah satu marketplace dengan pengguna terbesar di Indonesia. Untuk itu agar penggunanya mendapatkan pengalaman terbaik, Shopee menyediakan berbagai macam fitur yang menunjang setiap kebutuhan penggunanya. Salah satunya adalah fitur pengembalian dana. Pertanyaanya, bagaimana cara pengembalian dana Shopee ke rekening jika kita tidak jadi memesan sebuah produk?

Fitur ini dibuat karena berbelanja di Shopee juga pasti ada kendalanya. Seperti produk yang tidak segera diproses pengirimannya oleh seller atau produk yang tidak segera sampai dan tidak ada kabar dari kurir, atau produk yang sampai tidak sesuai, atau masalah lainnya. Inilah mengapa Shopee menyediakan fitur pengembalian dana Shopee agar Sobat MEA tidak dirugikan atas pembelian yang dilakukan.

Menurut laman resmi Shopee, proses pengembalian dana sendiri beragam. Sobat MEA bisa menggunakan akun ShopeePay agar lebih mudah dan cepat. Namun karena tidak semua orang melakukan transaksi di Shopee dengan ShopeePay, maka Sobat MEA juga bisa melakukan cara pengembalian dana Shopee ke rekening bank. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai pengembalian dana ke rekening bank. Yuk simak!

Table of Contents

6 Syarat dan Ketentuan Pengembalian Dana Shopee

Tingkatkan omset di Shopee tiap bulan
Dengan belajar cara jualan di Shopee yang cuan langsung dari pakarnya sekarang juga!

Sebelum membahas tentang cara pengembalian dana Shopee ke rekening, Sobat MEA perlu memperhatikan syarat dan ketentuan agar bisa mengajukan pengembalian dana kepada pihak Shopee. Berikut adalah 6 syarat dan ketentuan yang dimaksud:

  1. Transaksi yang dilakukan sudah berhasil dari Sobat MEA sebagai pembeli, namun ternyata gagal dari sistem merchant.
  2. Jumlah uang yang dibayarkan tidak sesuai dengan nominal harga yang dikenakan. Seperti misalnya saja Sobat MEA membayarkan produk dengan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah.
  3. Sobat MEA bisa melakukan cara pengembalian dana Shopee ke rekening apabila terjadi pembayaran ganda, seperti Sobat MEA membayarkan 2 kali kepada merchant dengan pada satu pesanan yang sama.
  4. Pengembalian dana dapat dilakukan hanya dengan beberapa alasan yang jelas, diantaranya Produk Tidak Diterima, Produk Tidak Lengkap, Produk di bawah kategori Barang Mudah Rusak, atau Produk dan Layanan Digital.
  5. Pengembalian dana hanya dapat dilakukan jika pesanan dibatalkan oleh pihak penjual dan pengajuan dana akan disetujui jika produk tidak diterima.
  6. Produk masih dalam masa garansi dan Sobat MEA belum mengklik tombol Pesanan Diterima.
Artikel Terkait  5 Cara Meningkatkan Followers Shopee dengan Cepat

Berapa Lama Pengembalian Dana Shopee Lewat Transfer Bank?

Saatnya cuan lewat Shopee Affiliate dengan komisi sampai 30%!
Yuk langsung daftar aja ke MCN Shopee MEA sekarang juga!

Setelah memahami dan memenuhi syarat beserta ketentuan di atas, Sobat MEA juga perlu mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan untuk melakukan cara pengembalian dana Shopee ke rekening bank. Untuk jangka waktunya sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis toko yang Sobat MEA beli. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami jabarkan secara lebih lengkap.

1. Shopee Mall

Jika Sobat MEA membeli produk dari toko Shopee Mall dan barangnya telah sampai di Warehouse Shopee, maka pihak Shopee akan membutuhkan waktu setidaknya 3-5 hari kerja. Hal ini karena pihak Shopee perlu melakukan validasi, penyelidikan, dan mengumpulkan data pendukung terkait pengendalian dana. Pihak Shopee juga akan menghubungi pihak penjual dan Sobat MEA sebagai pembeli untuk memastikan permintaan pengembalian dana tersebut.

Itu baru proses validasi, ya. Untuk proses pengembalian dananya sendiri pihak Shopee membutuhkan waktu sekitar 7-9 hari kerja. Cukup lama, bukan? Tenang aja, Sobat MEA akan menerima notifikasi di akun Shopee dan melalui email jika pengajuan pengembalian dana telah disetujui.

2. Toko Non-Shopee Mall

Cara pengembalian dana Shopee ke rekening dari toko Non-Shopee Mall akan sedikit lebih cepat dibandingkan pengembalian dana di Shopee Mall. Jika produk yang Sobat MEA kembalikan sudah diterima oleh penjual namun penjual tidak mengajukan banding, maka proses pengembalian dananya akan diatur oleh pihak Shopee.

Cara Menghubungkan Rekening Bank ke Shopee

cara pengembalian dana shopee ke rekening

Agar bisa melakukan cara pengembalian dana Shopee ke rekening, Sobat MEA perlu menghubungkan rekening bank terlebih dahulu ke metode pembayaran Shopee. Berikut adalah langkah-langkah mudahnya:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu masuk ke menu Saya.
  2. Klik menu Pengaturan yang ada di sebelah kanan atas, di sebelah ikon keranjang.
  3. Klik menu Kartu/Rekening Bank.
  4. Di bagian bawah, ada menu + Tambah Rekening Bank. Klik menu tersebut.
  5. Masukkan informasi rekening bank yang akan Sobat MEA gunakan. Detail informasi yang dibutuhkan adalah Nama pemilik rekening, nomor rekening, dan jenis bank yang digunakan.
  6. Pastikan Sobat MEA sudah mengisikan informasi yang lengkap dan benar.
  7. Klik Lanjutkan pada bagian bawah.
  8. Konfirmasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui WhatsApp. Lalu klik Verifikasi.
  9. Rekening bank berhasil ditambahkan sebagai metode transaksi!

Cara Pengembalian Dana Shopee ke Rekening Bank

Jika semua syarat sudah terpenuhi, nomor rekening juga sudah tersambung, sekarang Sobat MEA bisa melanjutkan ke cara pengembalian dana Shopee ke rekening bank dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke menu Saya yang bisa di klik di sebelah kanan bawah.
  2. Pilih opsi Dikirim pada menu Pesanan Saya.
  3. Pilih produk yang ingin Sobat MEA ajukan pengembalian dananya.
  4. Jika sudah, klik Rincian Pesanan, kemudian gulir ke bawah dan temukan pilihan Ajukan Pengembalian.
  5. Aplikasi akan menampilkan pilihan alasan pengembalian dana yang ingin diajukan. Sobat MEA bisa memilih salah satu alasannya sesuai dengan kondisi Sobat MEA.
  6. Selanjutnya Sobat MEA perlu melengkapi informasi yang dibutuhkan seperti bukti dan deskripsi produk yang akan dikembalikan.
  7. Setelah itu, klik Pilih Solusi. Sobat MEA bisa memilih Pengembalian dana dan barang atau Pengembalian dana (sebagian atau penuh) tanpa pengembalian barang. Pilih salah satu dan klik Kirimkan.
  8. Kemudian, pihak Shopee akan memastikan mengenai permintaan pengembalian dana melalui aplikasi maupun email yang terdaftar. Jika pengajuan Sobat MEA disetujui, maka Sobat MEA akan diarahkan langsung untuk memproses pengembalian dana. Nah pada langkah ini, Sobat MEA bisa memilih pengembalian dana melalui ShopeePay atau rekening bank. Pastikan pilih opsi Rekening Bank agar cara pengembalian dana Shopee ke rekening dapat dilakukan.
  9. Selesai!
Artikel Terkait  Daftar Shopee Video Creator, Dari Penjelasan Sampai Cara Gabung

Nah Itu dia 9 langkah cara pengembalian dana Shopee ke rekening bank. Mudah, cepat, dan aman sekali, bukan? Akhir kata, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat MEA yang ingin melakukan pengembalian dana di Shopee. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment