Auto Banjir Orderan, Ini Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee Untuk Penjual!

by Fanny
cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee

Sebagai pembeli, tentunya Sobat MEA akan lebih tertarik untuk membeli produk dengan gratis ongkir, bukan? Jika produk yang diinginkan tidak ada gratis ongkir, Sobat MEA tentu akan mencari produk serupa di toko lain yang menyediakan gratis ongkir agar transaksi lebih hemat. 

Sementara sebagai penjual, mengaktifkan gratis ongkir di toko sendiri dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Jika Sobat MEA ingin omset naik setiap bulan, sobat MEA perlu mengetahui cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee dan mengaktifkan fitur tersebut agar dapat menarik lebih banyak pembeli. 

Dalam artikel ini, MiMe akan membagikan manfaat, syarat, dan cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee untuk penjual. Yuk simak!

Manfaat Mengaktifkan Gratis Ongkir di Shopee

Dapatkan cara jualan di Shopee terbaru

Dengan gabung ke komunitasnya secara gratis di sini!

Perlu diketahui, fitur gratis ongkir tidak hanya menguntungkan pembeli di mana mereka bisa berbelanja lebih hemat, lho! Tapi mengaktifkan cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee juga memiliki manfaat bagi penjual. Ini dia beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika mengaktifkan gratis ongkir pada toko:

1. Meningkatkan penjualan

Ya, mengaktifkan gratis ongkir di Shopee dapat membantu meningkatkan penjualan. Toko Shopee akan lebih mudah bersaing dengan toko lain karena pembeli akan lebih memilih toko yang memberikan layanan gratis ongkir. Termasuk tokomu. 

Selain itu, ada beberapa voucher gratis ongkir yang dapat digunakan jika konsumen membeli produk dengan minimal tertentu. Misalnya, voucher gratis ongkir dengan minimal belanja 30 ribu, sedangkan mereka hanya ingin membeli produk yang memiliki harga di bawahnya

Mau omset naik tiap bulan?

Pakai Jasa Optimasi Shopee jawabannya!

2. Biaya ditanggung Shopee

Mungkin Sobat MEA bertanya-tanya, jika pembeli menggunakan voucher gratis ongkir, siapa yang membayarkan biaya ongkirnya? Tentu saja program yang dicetuskan oleh Shopee ini juga akan ditanggung oleh Shopee. Tapi dengan kondisi tertentu, ya.

Shopee sendiri memberikan subsidi maksimal 20 ribu untuk biaya pengiriman. Jika ternyata biaya ongkir lebih dari itu, maka sisa biayanya akan dikenakan kepada pembeli. Jadi Sobat MEA sebagai penjual, tidak perlu memikirkan biaya ongkir setelah melakukan cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee ini.

Tapi perlu diingat, gratis ongkir yang ditanggung hanya untuk jasa pengiriman tertentu, seperti:

  • Shopee Express Standard, SiCepat REG, J&T Express, ID Express, Ninja Express, ataupun Anteraja.
  • Pengiriman instan dengan Shopee Express Instant.
  • Pengiriman hemat J&T Economy, SiCepat Halu, atau Shopee Express Hemat.
  • Pengiriman kargo JNE Trucking (JTR) dan SiCepat Gokil.
  • Pengiriman J&T Jemari.

3. Mempercepat proses pembelian

Voucher gratis ongkir biasanya hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu. Inilah yang mampu mendorong konsumen untuk langsung membeli produk yang mereka inginkan karena tidak ingin ketinggalan voucher gratis ongkir.

Syarat Mendaftar Gratis Ongkir Untuk Penjual

Belajar cara jualan di Shopee kapan aja dan di mana aja

Dengan gabung ke Kelas Shopee yang dipandu oleh Coach profesional!

Setelah mengetahui manfaat dari memberikan gratis ongkir, saatnya Sobat MEA menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan cara mendapatkan gratis ongkir untuk produk-produk yang Sobat MEA jual di Shopee.

  1. Harus mengaktifkan jasa pengiriman J&T Express dan Shopee Xpress.
  2. Siapkan dokumen e-KTP asli, KITAS asli, atau Resi KTP asli maupun legalisir.
  3. Perlu diingat bahwa 1 e-KTP, KITAS, atau Resi KTP berlaku maksimal untuk 5 toko yang akan didaftarkan pada program gratis ongkir.
  4. Pastikan dokumen dalam kondisi baik dan bisa dibaca, terutama untuk bagian nama dan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Mudah sekali bukan? Meski demikian, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan pengajuan mengaktifkan gratis ongkir untuk penjual akan ditolak. Berikut beberapa kemungkinan tersebut:

  • Nama dan nomor pada kartu identitas yang digunakan tidak terlihat dengan jelas.
  • Nomor pada kartu identitas yang dimasukkan pada kolom tidak sesuai dengan yang tercantum di foto.

Dalam hal ini, Sobat MEA perlu lebih teliti dan hati-hati saat mengunggah dokumen. Pastikan foto dan nomor yang dicantumkan jelas dan sesuai. Jika ini terjadi, Sobat MEA bisa menghubungi pihak Customer Service Shopee untuk membantu menyelesaikan permasalan ini. 

Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee Untuk Penjual

Setelah mengetahui manfaat dan syaratnya, sekarang kami akan membagikan cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee untuk penjual yang bisa Sobat MEA lakukan dengan melalui ponsel dan komputer.

1. Melalui Ponsel

Pertama, program gratis ongkir dapat Sobat MEA lakukan melalui ponsel, tepatnya dengan membuka aplikasi Shopee secara langsung melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan foto KTP dan foto diri  memegang KTP dengan jelas.
  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun Shopee Seller Center.
  • Klik menu Gratis Ongkir di halaman utama Shopee, lalu klik Daftar Sekarang.
  • Isi nomor KTP dan unggah foto KTP serta foto diri.
  • Klik pada bagian Syarat dan Ketentuan untuk menyetujuinya, kemudian klik Kirimkan.
  • Terakhir, Sobat MEA perlu menunggu setidaknya 2×24 jam agar proses pendaftaran diproses oleh pihak Shopee hingga mendapatkan notifikasi pengajuan sudah disetujui dan dapat diaplikasikan pada toko Shopee.
  • Selesai!
Artikel Terkait  Jangan Khawatir, Berikut Cara Mengubah Jasa Pengiriman di Shopee Melalui Hp!

2. Melalui Komputer

Kedua, Sobat MEA bisa juga dapat gratis ongkir dengan menggunakan PC atau komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman Shopee Seller Center di sini, dan login akun toko.
  • Pilih menu Gratis Ongkir di halaman beranda.
  • Klik Semua Gratis Ongkir, dan klik Daftar Sekarang.
  • Selanjutnya akan muncul QR code yang bisa Sobat MEA pindai melalui aplikasi Shopee di ponsel agar dapat dihubungkan ke halaman pendaftaran gratis ongkir.
  • Terakhir, lanjutkan langkah selanjutnya seperti cara mendaftaran gratis ongkir pada ponsel.
  • Selesai!

Itu dia pembahasan lengkap mengenai manfaat, syarat, dan cara mendapatkan gratis ongkir di Shopee untuk penjual yang bisa dicoba. Baca juga artikel lainnya seputar tips jualan di Shopee biar Sobat MEA nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!

You may also like

Leave a Comment