3 Cara Cancel Orderan Shopee yang Sudah Dikirim. Anti Ribet!

cara agar live shopee banyak penonton

Shopee merupakan marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya promo menarik seperti gratis ongkir, voucher cashback, dan promo menarik lainnya. Karena banyak promo inilah banyak orang yang membeli barang secara impulsif kemudian mencari cara cancel orderan Shopee.

Tentu Shopee menyediakan fitur di mana Sobat MEA bisa membatalkan pesanan di Shopee. Tapi, bagaimana jika ternyata barang sudah dikirimkan? Apakah tetap bisa melakukan cancel orderan di Shopee? Lalu, adakah tips agar pembeli tidak melakukan pesanan produk? Tenang aja, semua akan kami bahas di sini!

Table of Contents

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Mau tau tips jitu meningkatkan omzet di Shopee?
Gabung ke Komunitas MEA yang dipandu oleh Coach Shopee secara langsung. Gratis!

Cara cancel orderan Shopee banyak dicari oleh pengguna karena ada banyak alasan, seperti salah memesan produk, salah memilih varian atau ukuran, ingin mengubah alamat pengiriman, atau alasan lainnya. Untungnya, Shopee menyediakan fitur ini agar Sobat MEA bisa membatalkan pesanan dengan mudah.

Perlu diingat bahwa Sobat MEA hanya bisa melakukan pembatalan pesanan jika sudah melakukan pembayaran. Akan lebih mudah untuk membatalkan pesanan di Shopee jika produk belum dikemas atau diserahkan kepada kurir. Beda lagi ceritanya jika Sobat MEA ingin melakukan cara cancel orderan Shopee yang sudah dikirim.

Nah berikut ini adalah cara membatalkan pesanan di Shopee yang masih dalam proses pengemasan dan sedang diatur tanggal pengirimannya:

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat Sobat MEA.
  • Pilih menu Saya di sebelah kanan bawah.
  • Masuk ke menu Pesanan Saya dan masuk ke menu Dikemas.
  • Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  • Gulir ke bawah dan klik Batalkan Pesanan.
  • Akan muncul opsi alasan Sobat MEA membatalkan pesanan. Pilih alasan yang paling sesuai.
  • Pesanan berhasil dibatalkan.

Sobat MEA tidak perlu khawatir jika pesanan sudah dibayar karena nantinya saldo ShopeePay akan dikembalikan secara otomatis setelah mendapatkan persetujuan dari penjual. Jadi Sobat MEA tidak akan rugi apapun. Mudah dan cepat, bukan?

Cara Cancel Orderan Shopee yang Sedang Dikirim

cara cancel orderan shopee

Lalu, apakah cara cancel orderan Shopee yang sedang dikirim sama caranya dengan membatalkan pesanan yang belum dikirim? Tenang aja, caranya juga mudah dan hampir mirip dengan cara sebelumnya, kok. Berikut adalah tahapan cara membatalkan pesanan menurut laman resmi Shopee:

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah pertama dalam cara cancel orderan Shopee adalah dengan membuka aplikasi Shopee di perangkat Sobat MEA. Lanjutkan dengan masuk ke menu Saya di sebelah kanan bawah.

2. Batalkan Pesanan

cara cancel orderan shopee

Pada menu Pesanan Saya, pilih menu Dikirim untuk melihat produk yang sedang dikirim ke alamat Sobat MEA. Pilih pesanan yang ingin Sobat MEA batalkan. Kemudian gulir ke bagian bawah dan temukan tombol Batalkan Pesanan. Klik tombol tersebut untuk melanjutkan cara cancel orderan Shopee.

3. Pengembalian Dana

Karena barang sedang dikirimkan, maka untuk proses pengembalian dananya sendiri akan membutuhkan sedikit waktu. Sebenarnya, Sobat MEA cukup menunggu persetujuan pembatalan dari pihak penjual saja. Namun tidak ada salahnya jika Sobat MEA menghubungi penjual melalui fitur chat untuk mengkonfirmasi pembatalan pesanan.

Jika permintaan pembatalan pesanan sudah disetujui oleh pihak penjual, maka Sobat MEA hanya perlu menunggu 1×24 jam untuk pengembalian dana. Namun proses pengembalian dana bisa memakan waktu sampai 7-14 hari tergantung dari metode pembayaran yang digunakan. 

Jika Sobat MEA melakukan pembayaran menggunakan ShopeePay, maka proses pengembalian dana bisa dilakukan lebih cepat. Akan berbeda tahapannya jika Sobat MEA melakukan pembayaran dengan transfer bank dan tidak mengaktifkan ShopeePay.

3 Cara Mencegah Pembatalan Pesanan Oleh Pembeli

Mau ngembangin toko Shopee kamu ke next level?
Yuk langsung aja kerja bareng tim Shopee Specialist MEA Digital Marketing!

Sebagai penjual, mendapatkan pembatalan pesanan oleh konsumen menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan kerugian waktu dan material. Hal ini karena Sobat MEA sudah mengorbankan waktu dan tenaga untuk mengemas produk dan menyiapkan pengiriman. Oleh karena itu agar tidak timbul masalah lain dari cara cancel orderan Shopee yang mudah dilakukan, Sobat MEA bisa melakukan beberapa cara ini agar konsumen tidak membatalkan pesanan:

1. Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Pastikan Sobat MEA mencantumkan deskripsi produk yang lengkap, jelas, dan mudah dimengerti oleh pembeli. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan pesanan yang dilakukan oleh pembeli. Jadi hindari penggunaan kata-kata yang rumit dipahami, ya.

2. Responsif

Tips kedua untuk menghindari dampak dari cara cancel orderan Shopee adalah Sobat MEA perlu menjadi penjual yang responsif. Pembeli menyukai penjual yang bisa membalas pesan berupa pertanyaan seputar produk dengan cepat. Berikan jawaban yang jelas juga ya selama merespon pertanyaan pembeli.

3. Kirim Pesanan Tepat Waktu

 Alasan lain pembeli melakukan cara cancel orderan Shopee adalah karena penjual terlalu lama mengatur pengiriman produk. Pembeli akan membatalkan pesanan jika mereka membutuhkan produk dalam waktu cepat namun penjual tidak juga segera mengirimkan pesanan. Jadi pastikan untuk langsung mengirimkan pesanan yang masuk di hari yang sama, ya.

Itu dia cara cancel orderan Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan dengan mudah dan cepat. Pastikan untuk selalu mengecek pesanan dengan teliti agar Sobat MEA tidak perlu membatalkan pesanan di Shopee, ya. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.