Cara Pengembalian Dana di Shopee Jika Pesanan Tidak Sesuai

cara pengembalian dana di shopee

Saat berbelanja di Shopee, terkadang ada saja hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pesanan tidak lengkap, barang tidak sesuai, hingga pesanan tidak sampai. Tentu sangat menyebalkan, apalagi kita sudah membayarnya. Jika Sobat MEA mengalami hal ini, penting untuk memahami cara pengembalian dana di Shopee.

Dalam hal ini, Shopee sendiri telah menyediakan fitur pengembalian barang dan dana di aplikasinya. Sehingga Sobat MEA dapat mengajukan komplain secara langsung atas peermasalahan ini.

Adapun cara pengembalian dana di Shopee bisa dilakukan dengan beberapa ketentuan. Ini juga berlaku untuk barang yang sudah diterima. Dalam artikel ini, MiMe akan menjelaskan bagaimana cara pengembalian dana di Shopee. Buat kamu yang membutuhkan, simak penjelasan selengkapnya sampai selesai ya!

Table of Contents

Ketentuan Pengembalian Barang dan Dana di Shopee

Saatnya cuan dengan komisi up to 30% Shopee Affiliate!
Yuk langsung daftar ke MCN Shopee MEA

Mengutip laman Bantuan Shopee, Pastikan Sobat MEA belum mengklik tombol Pesanan Diterima setelah menerima pesanan Shopee. Karena proses pengembalian hanya akan diproses jika Sobat MEA belum memilih tombol tersebut di halaman pesanan. 

Sementara jika Sobat MEA sudah mengeklik Pesanan Diterima, garansi untuk produk pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan diteruskan ke penjual. 

Sehingga pastikan Sobat MEA mengajukan pengembalian dana dengan mengikuti ketentuan tersebut. Begitu pun dengan pengembalian barang. Jika ada barang yang tidak sesuai, produk bisa ditukarkan asalkan barang diterima dalam kondisi baik. 

Tutorial Cara Pengembalian Dana di Shopee

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pengembalian barang atau pengembalian berupa uang bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee asalkan belum mengeklik Pesanan Diterima. Ada pun cara pengembalian dana di Shopee sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee di HP, pastikan sudah login akun. 
  • Pilih menu Saya di pojok kanan bawah. 
  • Lalu pilih opsi Dikirim, dan klik Pesanan
  • Selanjutnya klik tombol Ajukan Pengembalian.
  • Pilih produk yang ingin dikembalikan. 
  • Kemudian pilih Alasan Pengembalian
  • Berikan bukti dan deskripsi terkait alasan yang dipilih (jika ada). 
  • Jika sudah, pilih solusi yang sesuai yaitu Pengembalian Barang dan Dana atau Pengembalian Dana Saja (ini untuk alasan Tidak Menerima Pesanan atau Produk Tidak Lengkap, Sobat MEA bisa memasukkan jumlahnya).

Alasan Pengembalian Barang atau Dana

program jadi jawara

Perlu dicatat, bukti atau informasi dalam pengajuan pengembalian barang/dana di Shopee bisa berbeda-beda tergantung alasan yang dipilih. Misalnya, jika Sobat MEA memilih alasan Tidak Menerima Pesanan, tidak perlu menyertakan bukti atau informasi lainnya. Nah berikut ini adalah beberapa alasan pengembalian barang atau dana di Shopee yang bisa Sobat MEA pilih:

  • Produk Tidak Sampai.
  • Produk Tidak Lengkap/Kosong 
  • Produk Salah. 
  • Produk Cacat. 
  • Produk Tidak Berfungsi dengan Baik. 
  • Produk Tidak Original. 
  • Produk Berbeda dengan Deskripsi/Foto.

Sedangkan untuk pengembalian dana saja, Sobat MEA hanya bisa memilih alasan-alasan sebagai berikut:

  • Produk Tidak Diterima.
  • Produk Tidak Lengkap
  • Produk di bawah kategori Barang Mudah Rusak.
  • Produk dan Layanan Digital.

Sementara itu, berapa lama proses pengembalian barang/dana tergantung pada jenis toko di mana Sobat MEA membeli produk tersebut. 

Untuk produk Shopee Mall, proses pengembalian barang/dana akan memakan waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di Gudang Shopee. Sedangkan untuk produk non-Shopee Mall, proses pengembalian barang/dana akan memakan waktu 7 hari kalender sejak input resi atau maksimal 2 hari kalender sejak status pengiriman terkirim. 

Adapun hasil pengajuan pengembalian barang/dana akan diinformasikan melalui aplikasi Shopee atau email. Jika Sobat MEA memilih pengembalian dana, Shopee akan meninjau pengajuanmu dan menghubungimu kembali untuk penyelesaiannya. 

Cara Menukar Barang Shopee yang Sudah Diterima

cara pengembalian dana di shopee

Pengembalian barang/dana memang tidak akan diproses jika sudah mengeklik Pesanan Diterima. 

Tapi Sobat MEA dapat mencoba menghubungi penjual secara langsung melalui fitur chat di aplikasi Shopee untuk solusi yang dapat diambil, terutama jika produk yang diterima itu salah, rusak, cacat, garansi tidak valid, atau lainnya. 

Jika penjual tidak merespon permintaan pengembalian barang/dana di Shopee, Sobat MEA bisa menghubungi customer service Shopee melalui fitur chat di aplikasi atau melalui email Shopee untuk menyelesaikan permasalahan.

Demikian penjelasan mengenai ketentuan dan cara pengembalian dana di Shopee, serta cara menukar barang di Shopee yang sudah diterima. Hal ini memang bisa terjadi oleh siapapun. 

Tapi dengan langkah-langkah di atas, dapat membantumu mengatasi kemungkinan permasalahan setelah bertransaksi di Shopee. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam satu juta pembeli!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.