
Sobat MEA yang menggunakan Shopee, jika mengalami ketidaksesuaian produk, pasti akan mengajukan pengembalian dana. Bagaimana cara pengembalian dana di Shopee?
Perlu Sobat MEA tahu, cara untuk pengembalian dana di Shopee cukup mudah, selama masih memiliki garansi pada produk tersebut.
Shopee menyediakan fitur garansi untuk mempermudah pengguna, jika mendapatkan produk yang tidak sesuai. Fitur garansi akan menahan sementara dana pada penjual, selama garansi produk berlkau.
Shopee Mastery Premium
Jika produk yang diterima oleh pengguna sudah sesuai, maka dana baru akan masuk pada penjual. Jadi selama pilihan Pesanan Diterima pada aplikasi, Sobat MEA masih bisa mengajukan pengembalian dana.
Pahami hal ini sebelum mengajukan pengembalian dana

Sebelum Sobat MEA mengajukan pengmebalian dana, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu hal berikut ini :
- Informasi yang harus terisi dalam pengajuan dana akan berbeda, tergantung dengan alasan pengembalian dana yang Sobat MEA pilih
- Langkah pengembalian dana ataupun barang akan sama yang berbeda hanya pada bukti pendukung yang terlampirkan
- Untuk pilihan alasan ada beberapa, yaitu Produk Tidak Diterima, Produk Tidak Lengkap, Produk di bawah Kategori Barang Mudah Rusak dan Produk dan Layanan Digital
- Pengmbalian dana akan bisa, jika pesana dibatalkan oleh penjual dan disetujui karena pesanan tidak diterima ataupun produk rusak dan tidak sesuai
- Pesanan masih dalam masa garansi
Cara pengembalian dana
Ketika semua ketentuan yang ada sebelumnya sudah terpenuhi, maka bisa mengajukan pengembalian dana dengan mengikuti langkah berikut ini :
Marketplace (e-commerce) Management
- Buka aplikasi Shopee
- Klik menu Dikirim
- Pilih produk yang akan dikembalikan > klik opsi Rincian Pesanan lalu pilih menu Ajukan Pengembalian
- Tulis alasan pengembalian dana
- Lengkapi semua data
- Terakhir pilih Kirim > klik pilih Solusi dan pilih Kirim
Shopee akan memberikan informasi tentang pengajuan yang Sobat MEA ajukan melalui aplikasi serta email yang terdaftar.
Jika mendapat persetujuan, maka otomatis dana akan kemabli pada pengguna melalui ShopeePay atau nomor rekening.
Nah jika Sobat MEA mengajukan pengembalian dana pada toko Shopee Mall, akan membutuhkan waktu tiga hingga lima hari kerja.
Shopeasytools
Untuk non-Shopee Mall membutuhkan waktu tujuh hari kerja sejak resi masuk atau maksimal dua hari sesudah pengiriman.
Jika pengembalian dana masih belum terproses, bisa menghubungi pihak Customer Service Shopee.
Itulah penjelasan mengenai cara pengembalian dana di Shopee, Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MEA.