Gampang, Ini Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima!

by Viki
cara mengembalikan barang di shopee yang sudah diterima

Siapa sih yang tidak kenal Shopee? Salah satu platform e-commerce terbesar yang memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penjual dan pembeli. Salah satunya adalah layanan cara mengembalikan barang di Shopee yang sudah diterima beserta dananya.

Fitur ini dibuat karena terkadang pembeli perlu untuk mengurus pengembalian pesanan yang sudah diterima karena barang cacat, tidak sesuai pesanan, atau alasan lainnya. 

Yuk, Gabung Komunitas Shopee MEA!
Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya mengenai Shopee dan layanannya, hingga berbagai strategi cuan dari Shopee. Full bimbingan. 100% GRATIS!!!

Tidak dipungkiri bahwa kesalahan pesanan sering terjadi. Bisa saja karena pesanan yang terlalu banyak atau kesalahan input stok barang yang membuat konsumen mendapatkan barang yang tidak sesuai. Hal ini terkadang membuat pembeli tidak puas saat berbelanja di Shopee. Nah, jika sudah begini, bisakah kita komplain dan melakukan pengembalian barang dan dana yang sudah diterima kepada seller? Yuk, simak!

Table of Contents

Syarat Mengembalikan Barang di Shopee

Selain Jualan di Shopee, Penting Juga Jualan di Website!
Yuk, mulain dengan website profesional dari GOWEBIN!

Menyadur dari laman resmi Shopee, setiap pembeli mendapatkan fitur garansi yang memungkinkan pembayaran ke penjual ditahan sementara waktu oleh pihak Shopee. Itulah mengapa pengguna dapat melakukan cara mengajukan pengembalian barang di shopee selama pesanan masih dalam masa garansi Shopee dan memilih opsi ‘Pesanan Diterima’ di aplikasi. 

Dalam hal ini, jika ingin pengajuan cara mengembalikan barang shopee dapat diproses dengan lancar, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu:

Untuk Barang Non Shopee Mall

  • Dana akan disimpan oleh pihak Shopee ketika pembeli mengajukan klaim menerima barang dalam kondisi yang berbeda. Misalnya, barang tidak berfungsi atau rusak, hingga tidak sesuai dengan foto atau deskripsi di etalase toko.
  • Pembeli harus menyertakan bukti foto dan atau video yang menunjukkan alasan pengembalian barang dengan jelas.
  • Permasalahan tidak akan ditindaklanjuti jika penjual tidak setuju atau menolak dan mengajukan bantuan ke Shopee.
  • Pihak Shopee akan mengumpulkan bukti yang diperlukan dari pembeli berupa foto atau video yang menunjukkan alasan yang disampaikan, sekaligus foto kemasan barang dengan resi yang tertera.

Untuk Barang Shopee Mall

  • Dana akan disimpan oleh pihak Shopee ketika pembeli mengajukan pengembalian barang dengan alasan menerima barang dalam kondisi yang berbeda.
  • Pembeli dapat mengembalikan barang maksimal 5 hari setelah pengajuan disetujui.
  • Pihak Shopee akan mengecek barang terlebih dahulu selama 3-5 hari kerja sejak barang dikembalikan ke gudang Shopee.
  • Pembeli harus menyertakan bukti foto dan video untuk memperkuat alasan pengembalian barang yang diajukan.

Cara Mengembalikan Barang di Shopee yang Sudah Diterima

  • Buka aplikasi Shopee di HP.
  • Pergi ke halaman Saya yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih menu Dikirim, dan pilih produk yang ingin diretur. 
  • Lalu pilih opsi Rincian Pesanan, dan pilih menu Ajukan Pengembalian pada barang yang akan diretur.
  • Pilih salah satu alasan pengajuan retur barang di Shopee. Sesuaikan dengan kondisi barang yang diterima, seperti produk mengalami kerusakan, cacat, tidak orisinal atau tidak sesuai pesanan.
  • Isi data yang diperlukan seperti bukti foto atau video dan deskripsi barang yang akan diretur.
  • Pilih solusi yang sesuai dengan memilih Solusi, lalu klik Kirim.
  • Jika sudah, pengajuan pengembalian barang akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email
  • Jika proses disetujui, Sobat MEA akan diminta untuk mengembalikan barang sesuai prosedur dan jasa kirim yang tertera.

Selanjutnya, Sobat MEA tinggal menunggu konfirmasi dari seller Shopee atau customer service Shopee. Biasanya, penjual akan membutuhkan waktu tertentu untuk memproses permintaan pengembalian, misalnya dalam 1-3 hari kerja. 

Jika dalam waktu tersebut tidak menerima konfirmasi dari penjual, Sobat MEA bisa menghubungi customer service Shopee untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Sementara itu, jika proses pengembalian sudah selesai, uang yang Sobat MEA bayarkan pun juga akan dikembalikan oleh pihak Seller. Pengembalian dana ini biasanya akan dikirimkan ke ShopeePay. Tapi ada juga cara mengajukan pengembalian dana di Shopee yang sudah diterima ke metode pembayaran lain seperti rekening bank. Tapi hal ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Ya, demikian informasi mengenai cara mengembalikan barang di Shopee yang sudah diterima. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment