Cara Komplain di Shopee Untuk Pesanan yang Tidak Sesuai. Anti Rugi!

by Viki
cara komplain di shopee

Seperti yang kita ketahui, Shopee telah lama menjadi marketplace andalan konsumen untuk membeli berbagai produk secara online. Tapi dalam transaksi online, terkadang konsumen bisa menghadapi masalah atau mengalami ketidakpuasan terkait dengan pembelian mereka. Oleh karena itu, Shopee menyediakan layanan komplain sebagai mekanisme untuk membantu konsumen dalam menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Dalam hal ini, harap ketahui cara komplain di Shopee untuk mengatasinya.

Tertarik Untuk Lebih Cuan di Shopee?

Yuk, gabung komunitas seller Shopee MEA! Dapatkan berbagai insight, ide, dan bimbingan khusus seputar jualan sampai cuan di Shopee. GRATIS!!!

Perlu diketahui, saat berbelanja di Shopee, ada aturan tidak tertulis yang harus Sobat MEA lakukan seperti cek kelengkapan barang saat paket sampai.  Jika perlu, buatlah video unboxing agar saat Sobat MEA mengajukan komplain, Sobat MEA memiliki bukti bahwa barang yang sampai memang tidak lengkap. Sobat MEA bisa melampirkan video  saat Sobat MEA mengajukan pengembalian dana di aplikasi Shopee.

Kita memang tidak bisa lepas dari pesanan yang tidak sesuai. Agar Sobat MEA bisa terhindar dari kerugian akan hal ini, Sobat MEA jangan langsung klik “Pesanan diterima” terlebih dahulu sebelum mengetahui kondisi barang di dalam paketmu. Dengan begitu, pengembalian danamu akan lebih mudah untuk di proses.

Cara Menyampaikan Komplain di Shopee

Berikut adalah panduan lengkap untuk menyampaikan komplain di Shopee, antara lain:

Identifikasi Masalah

Langkah pertama dalam melakukan komplain di Shopee adalah mengidentifikasi masalah yang Sobat MEA hadapi. Misalnya, produk yang Sobat MEA terima rusak, tidak sesuai dengan deskripsi di dalam iklan, atau belum di terima dalam waktu yang telah di tentukan. Sobat MEA juga dapat mengajukan komplain terkait dengan pelayanan atau kebijakan yang dijalankan oleh penjual atau Shopee itu sendiri.

Cek Kebijakan Pengembalian dan Komplain Shopee

Sebelum mengajukan komplain, pastikan Sobat MEA memahami kebijakan pengembalian Shopee. Setiap toko atau penjual di Shopee mungkin memiliki kebijakan yang berbeda terkait pengembalian atau komplain. Baca dengan teliti kebijakan yang berlaku untuk toko atau penjual yang Sobat MEA beli barangnya. Sobat MEA bisa menemukan informasi ini di halaman produk atau halaman toko penjual.

Dapatkan Ribuan Orderan dari Shopee Lewat Strategi Ini!

Udah gak jaman jualan dengan cara biasa, saatnya pakai strategi jitu agar jualanmu langsung soldout ribuan orderan! Yuk dapatkan hanya di sini!

Hubungi Penjual

Langkah selanjutnya adalah menghubungi penjual melalui fitur “Hubungi Penjual” di aplikasi Shopee. Sobat MEA bisa mengirim pesan kepada penjual untuk menjelaskan masalah yang Sobat MEA hadapi. Berikan informasi yang jelas dan detail mengenai masalah yang terjadi, serta sertakan bukti-bukti yang relevan, seperti foto barang rusak atau tangkapan layar pesanan yang salah. Jika penjual responsif, mereka mungkin akan memberikan solusi atau tawaran penggantian atau pengembalian barang.

Gunakan Fitur Komplain

Jika Sobat MEA tidak menerima respons yang memuaskan dari penjual, Sobat MEA bisa menggunakan fitur “Komplain” yang di sediakan oleh Shopee. Fitur ini memungkinkanmu untuk mengajukan komplain secara resmi kepada Shopee sebagai mediator antara Sobat MEA dan penjual. Sobat MEA bisa mengakses fitur “Komplain” melalui aplikasi Shopee pada halaman pesanan yang bermasalah.

Isi Formulir Komplain

Setelah mengakses fitur “Komplain”, Sobat MEA akan diminta untuk mengisi formulir komplain. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan jelas. Jelaskan masalah yang Sobat MEA hadapi, sertakan bukti-bukti yang relevan, dan pilih solusi yang di inginkan, seperti penggantian barang atau pengembalian dana. Pastikan informasi yang Sobat MEA berikan akurat dan sesuai dengan permasalahan yang terjadi.

Jasa Iklan Shopee MEA Profesional

Jangan sampai menguras budgetmu! Yuk, kerja bareng tim kami untuk hasilkan iklan dengan maksimal dengan budget minimal! Pasti anti boncos~

Tunggu Proses Penanganan Komplain

Setelah mengajukan komplain, Shopee akan menangani permasalahan yang Sobat MEA sampaikan. Shopee pun akan menghubungi penjual dan meminta penjual untuk memproses komplain secepatnya. 

Selanjutnya, respon yang akan Sobat MEA terima tergantung solusi yang Sobat MEA inginkan. Jika ingin penggantian barang, maka akan penjual kirimkan produk penggantinya. Sedangkan jika memilih pengembalian dana, maka dana yang Sobat MEA salurkan untuk barang yang di beli tersebut, akan di salurkan kembali melalui Shopeepay mu.

Kira-kira seperti itulah cara komplain di Shopee yang bisa Sobat MEA lakukan. Barang yang mengecewakan memang menyebalkan. Tapi tetap pastikan Sobat MEA komplain dengan baik, ya. Karena bisa jadi hal tersebut di sebabkan oleh ketidaksengajaan. Nah, melalui fitur komplain ini sekiranya bisa jadi solusi agar tidak ada yang merasa keberatan. Semoga bermanfaat!

You may also like

Leave a Comment

kursus jualan online

Kontak

+6282117932648

Head Office

Jl. Rajawali Barat No 77A, Kota Bandung, 40184

Branch Office

Jl. Kasuari No.9, Kota Bandung, 40184

Jl. Aki Padma Utara No.11, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat