Ada Komplain? Lakukan 3 Cara Chat Seller Shopee, Biar Gak Mengecewakan!

cara chat seller shopee

Hingga saat ini, Shopee menjadi salah satu e-commerce yang paling digemari. Shopee memudahkan kita dalam menemukan barang yang diinginkan. Tapi terkadang kita butuh berkomunikasi dengan penjual terkait ketersediaan barang atau hal lainnya. Sehingga butuh cara chat seller Shopee yang mudah diikuti. 

Tapi terkadang berkomunikasi dengan penjual di Shopee bisa menjadi hal yang menantang. Di artikel ini, MiMe akan membahas beberapa cara chat seller Shopee yang efektif dan efisien. 

Fitur Chat Seller Shopee

Adapun cara utama yang bisa kita lakukan untuk menghubungi seller di Shopee yaitu melalui fitur Chat Penjual atau Live Chat. Fitur ini sendiri memang berfungsi sebagai layanan chatting yang memudahkan pembeli untuk berkomunikasi dengan penjual sebelum atau sesudah melakukan transaksi. 

Melansir laman Shopee Seller Centre, Live Chat Shopee tersedia bagi akun penjual dan pembeli, serta dapat diakses di aplikasi ShopeeSeller Centre dan Portal Fitur Chat Penjual.

Bongkar Tips n Trik Jualan Laris di Shopee

Yuk, diskusi bareng seller Shopee berpengalaman dan gabung komunitas seller Shopee MEA!

Bagi pembeli, fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Shopee yang akan muncul dan bisa diklik pada lapak/toko atau produk Shopee. Melalui fitur tersebut, pembeli dapat menanyakan berbagai hal terkait produk yang dijual di toko Shopee.

Misalnya, pertanyaan tentang stok produk, varian (warna, ukuran, model, dll), kelengkapan informasi produk, dan berbagai pertanyaan penting lainnya. Dengan begitu, pembeli memperoleh kejelasan sebelum melakukan pemesanan dan pembayaran.

Bagaimana Cara Chat Seller Shopee?

cara mengembalikan akun shopee yang hilang

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa cara chat seller Shopee bisa diakses melalui aplikasi Shopee, Seller Centre, dan Portal Fitur Chat Penjual. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara mulai menghubungi penjual di Shopee? 

Sebenarnya ada 3 cara chat seller Shopee yang bisa dilakukan. Menurut laman Shopee Seller Center, fitur chat penjual di Shopee bisa juga dilakukan melalui Halaman Produk, Pesanan Saya, dan Portal Fitur Live Chat

Apa saja yang harus dilakukan dari ketiga metode tersebut?

Melalui Halaman Produk

Cara yang pertama hanya bisa Sobat MEA gunakan jika belum membeli produknya. Sobat MEA bisa menghubungi penjual terkait ketersediaan produk, varian produk, dan sebagainya. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka Aplikasi Shopee di HP.
  2. Cari produk yang ingin dibeli.
  3. Klik produk tersebut, lalu Sobat MEA akan diarahkan ke halaman produk.
  4. Baca deskripsi dan informasi lengkap pada produk tersebut.
  5. Jika masih ada yang kurang jelas, klik ikon Chat/Pesan ke Penjual yang ada di pojok kiri bawah.
  6. Tanyakan informasi yang dibutuhkan, misalnya untuk stok barang, warna, ukuran, produk apakah ready stok, dll.
  7. Tunggu hingga penjual membalas pesanmu.
  8. Selesai!

Jasa Iklan Shopee Profesional MEA

Saatnya merasakan manfaat dari promosi di Shopee Ads bersama ahlinya. Pasti joss dengan strategi anti boncos~

Melalui Pesanan Saya

Cara selanjutnya bisa Sobat MEA gunakan jika sudah terlanjur membeli produknya. Sobat MEA bisa menghubungi penjual untuk mengajukan pertanyaan, komplain, permintaan, dan sebagainya. 

Misalnya, permintaan untuk segera mengirimkan barang, perubahan alamat, atau hal lainnya. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP.
  2. Pilih menu Profil Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  3. Klik menu Pesanan Saya, lalu klik pesanan yang Dikemas atau Dikirim
  4. Pilih produk yang ingin ditanyakan kepada penjual.
  5. Klik Hubungi Penjual, lalu Sobat MEA akan dialihkan ke halaman chat. Setelah itu, tulis pesan yang akan ditanyakan ke penjual.
  6. Selesai!

Melalui Portal Fitur Live Chat

Sobat MEA juga bisa menghubungi penjual melalui fitur chat langsung di Shopee yang berada di pojok kanan atas aplikasi Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi Shopee di HP.
  2. Klik ikon Chat di pojok kanan atas aplikasi.
  3. Tulis ID Toko atau Nama Toko yang akan dichat pada kolom pencarian.
  4. Setelah itu, klik toko tersebut dan bisa langsung melakukan chat.
  5. Tulis pesan yang akan disampaikan ke penjual, lalu klik Kirim
  6. Terakhir, Sobat MEA tinggal menunggu balasan dari penjual.
  7. Selesai!

Jualan Makin Mantul, ya dengan Shopeasytools!

Yuk rasakan manfaat kehebatan Shopeasytools MEA yang ampuh scale up bisnismu secara pesat!

Penting untuk diingat bahwa ketika melakukan cara chat seller Shopee, biasakan gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti agar penjual dapat langsung merespon pesanmu. 

Tenang saja, nilai performa chat dibalas merupakan hal yang penting untuk bisa menjadi Star Seller Shopee bagi penjual. Oleh karena itu, penjual pun akan berusaha semaksimal dan sebaik mungkin dalam merepon pesan pelanggannya. 

Hanya saja, terkadang ada tanda seru di kolom chat penjual. Hal ini merupakan tingkat keamanan dari akun penjual Shopee, di mana akun toko tersebut memiliki masalah terkait penjualan.

Misalnya, pernah melanggar kebijakan Shopee. Oleh karena itu, Sobat MEA harap waspada jika menemukan tanda seru di salah satu penjual Shopee. Sebaiknya jangan bertransaksi di sana. Semoga informasi ini dapat membantu dan selamat berbelanja!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.