Akun Shopee Dibekukan? Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya!

akun shopee dibekukan

Akhir-akhir ini banyak pengguna Shopee baik seller maupun customer menerima notifikasi bahwa akun Shopee dibekukan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Terus, gimana sih cara mengatasi akun Shopee dibekukan dan dibatasi pemakaiannya?

Jika akun Shopee Sobat MEA mengalami hal ini, maka banyak aktivitas Sobat MEA yang dibatasi oleh Shopee. Misalnya, Sobat MEA nggak bisa melakukan proses jual beli di Shopee. Biasanya, hal ini terjadi karena Sobat MEA dianggap melanggar peraturan yang ditetapkan pihak Shopee.

Ada 2 macam akun Shopee dibekukan, yaitu pembatasan secara sementara dan pembatasan secara permanen. Semua tergantung dari tingkat pelanggaran yang Sobat MEA lakukan. Akun Shopee dibekukan sementara dapat kembali normal dalam waktu 1×24 jam. Sedangkan akun Shopee dibekukan permanen hanya bisa dipulihkan dengan melakukan banding pemulihan akun.

14 Penyebab Akun Shopee Dibekukan

Makin seru belajar bisnis bareng

Yuk gabung Komunitas Grup Bisnis MEA GRATIS!

Setelah mengetahui jenis pembekuan akun, Sobat MEA juga harus mengetahui apa saja penyebab akun Sobat MEA dibatasi oleh pihak Shopee. Ada cukup banyak penyebabnya dan ada beberapa yang kadang nggak Sobat MEA sadari. Berikut ini adalah 14 penyebab akun Shopee dibekukan:

  1. Membuat akun hingga 5 toko dengan data yang sama.
  2. Ada percobaan peretasan terhadap akun Sobat MEA, sehingga akun Shopee dibekukan untuk mengurangi resiko akun diretas.
  3. Pemalsuan data atau informasi penjualan.
  4. Penyalahgunaan pemakaian promosi, voucher, atau gratis ongkir.
  5. Penipuan dalam bentuk apapun.
  6. Penyalahgunaan pemakaian akun Shopee, termasuk spam.
  7. Mengunggah produk duplikat.
  8. Membuat pesanan palsu.
  9. Mengarahkan pembeli untuk melakukan pembayaran di luar Shopee.
  10. Tagihan SPayLater yang nggak dilunasi.
  11. Melakukan pelanggaran akan Syarat Layanan.
  12. Produk Sobat MEA sudah dihapus lebih dari 20 kali oleh Shopee.
  13. Melanggar kebijakan mengenai informasi profil dan logo toko.
  14. Memasukkan produk digital dan Jasa ke kategori yang nggak sesuai.

Ciri Ciri Akun Shopee Dibatasi

Butuh bantuan kelola Shopee?

Saatnya pakai Jasa Optimasi Shopee biar banjir orderan!

Meski sudah tahu penyebabnya, Sobat MEA pasti juga bingung, gimana sih ciri-ciri akun kita dibekukan oleh pihak Shopee? Nah berikut ini adalah beberapa ciri-ciri akun Shopee dibatasi:

1. Mendapat Notifikasi

Ciri pertama adalah adanya notifikasi. Biasanya, Sobat MEA akan mendapat notifikasi dengan kode A02. A02 adalah notifikasi pemberitahuan mengenai akun yang dibekukan termasuk pembatasan pada pemakaian akun.

2. Menerima Email

Selain mendapat notifikasi, Sobat MEA juga akan menerima email pemberitahuan pembekuan akun. Dalam email tersebut, pihak Shopee biasanya memberi penjelasan rinci mengapa akun dibekukan dan nggak bisa melakukan transaksi jual-beli.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibekukan

Nggak ada kata terlambat untuk belajar

Gabung Kelas Shopee biar kamu makin jago jualan online!

Ketika akun Shopee dibekukan, Sobat MEA nggak bisa melakukan aktivitas seperti pembelian, penjualan, transfer, penarikan saldo maupun chat ke akun maupun toko Shopee. 

Singkatnya, aktivitas Sobat MEA sangat-sangat terbatas. Dalam beberapa kasus, akun Shopee Sobat MEA bisa jadi keluar secara otomatis dan nggak bisa login sebelum akun pulih.

Nah, untuk memulihkan akun Shopee, menurut laman Pusat Edukasi Penjual Shopee, Sobat MEA bisa melakukan banding pihak Shopee dengan mengisi beberapa formulir yang dibutuhkan. Nah berikut ini kebutuhan formilur naik banding untuk akun Shopee yang dibekukan.

Formulir Pengajuan Banding Akun Shopee

akun shopee dibekukan

Ada beberapa data dan informasi yang perlu Sobat MEA siapkan dan isi untuk mengajukan banding pada pihak Shopee. Berikut ini penjelasan lengkapnya;

  • Foto kartu identitas yang sah seperti KTP atau kartu pelajar.
  • Fotokopi kartu ijin usaha
  • Bukti pengiriman produk.
  • Bukti Sobat MEA pernah memiliki produk, seperti lampiran resi, faktur supplier, dan bukti-bukti kuat lain
  • Informasi lengkap bisnis mulai dari cara menjalankan bisnis, ukuran bisnis serta informasi bisnis pada platform marketplace lain jika ada.
  • Mengisi surat pernyataan agar nggak mengupload produk yang sudah Shopee hapus.
  • Mengisi surat pernyataan kalau Sobat MEA nggak akan lagi mengupload, membuat produk baru, sampai mengubah produk yang melanggar peraturan Shopee.

Setelah memenuhi data dan formulir di atas, Sobat MEA bisa memulai proses untuk naik banding dan mengatasi akun Shopee dibekukans selama 30 hari.

4 Langkah Mengatasi Akun Shopee Dibekukan

Jika sudah mengisi semua data pada formulir, Sobat MEA bisa mulai pada langkah selanjutnya. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa Sobat MEA tempuh agar akun Shopee yang dibekukan bisa cepat pulih;

1. Hubungi Customer Service Shopee

Hal pertama yang bisa Sobat MEA lakukan adalah menghubungi CS Shopee melalui email, live chat Shopee, atau lewat halaman kontak Shopee yang ada di website Shopee. CS Shopee akan membantu Sobat MEA untuk memberikan informasi lebih lanjut dan membantu Sobat MEA mengatasi masalah.

2. Verifikasi Identitas

Salah satu kasus umum yang terjadi pada banyak orang adalah soal verifikasi identitas. Yup, akun Shopee Sobat MEA dibekukan bisa terjadi karena masalah pada verifikasi identitas semata. Hal ini bisa terjadi jika identitas akun tidak sesuai dengan data transaksi. Jika akun Shopee dibekukan karena hal ini, Sobat MEA bisa memberikan dokumen identitas yang diperlukan untuk mengembalikan akun seperti sebelumnya.

Singkatnya, hal ini bisa terjadi karena identitas akun Sobat MEA nggak sesuai dengan data transaksi yang ada. Jika ini merupakan masalah utama, maka Sobat MEA bisa memberi dokumen identitas yang dibutuhkan untuk proses pengembalian akun.

3. Periksa dan Perhatikan Aktivitas Akun

Setiap platform marketplace pasti memiliki peraturannya masing-masing. Karena itu, Sobat MEA harus memastikan aktivitas akun nggak melanggar peraturan. Sobat MEA bisa membaca syarat dan ketentuan layanan Shopee selengkapnya pada aplikasi Shopee untuk mengetahui pelanggaran aktivitas akun.

4. Selalu Ikuti Panduan Shopee

Sebagai pengguna yang baik, Sobat MEA harus selalu mengikuti panduan Shopee. Yup, platform Shopee sendiri sudah menyusun panduan dengan jelas tentang cara menggunakan akun Shopee baik untuk penjual maupun pembeli. Karena itu, pastikan Sobat MEA terus mengikuti panduan untuk menghindari pembekuan akun.

Nah itulah penjelasan lengkap mulai dari penyebab sampai cara mengatasi akun Shopee dibekukan dan dibatasi. Gimana? Semoga saja artikel ini bisa membantu Sobat MEA untuk menyelesaikan masalah pada akun Shopeenya ya. Amin!

You May Also Like

About the Author: Fanny

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.