Tools TikTok Marketing Terbaik yang Cocok untuk Seller dan Affiliate!

by Husna Rahman
tools tiktok marketing

Dewasa ini, TikTok menjadi sosial media sekaligus marketplace yang digandrungi oleh banyak orang. Bukan hanya para pembeli, para pebisnis kecil, menengah dan besar juga mulai menggunakan TikTok sebagai tempat mengembangkan bisnisnya masing-masing.

Sebagai sosial media, TikTok ini sangat unik. Pasalnya, TikTok memiliki platform marketplace bernama TikTok Shop. Karena keunikan konsep inilah, TikTok terkenal dengan istilah social commerce. Artinya, pengguna bukan hanya mendapatkan hiburan, melainkan juga dapat melakukan aktivitas jual beli dalam satu platform tersebut.

Table of Contents

Apa itu TikTok Marketing?

TikTok marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang menggunakan aplikasi TikTok dan TikTok Shop sebagai wadah atau medianya. TikTok marketing dapat tercipta karena TikTok Shop sendiri memiliki banyak keunggulan, baik dari segi komunitas pengguna maupun berbagai fitur yang ditawarkan.

Karena serius menggarap platformnya sebagai tempat berbisnis, TikTok bahkan menyediakan fitur bernama TikTok For Business dimana fitur ini dapat memfasilitasi para pelaku bisnis dengan memberikan statistik dan tools TikTok Marketing tambahan. Mulai dari tools analisa engagement sampai performa konten terhadap audiens.

Kalodata, Tools TikTok Marketing Terbaik

Seperti sudah dibahas sebelumnya, fitur TikTok For Business sebenarnya sudah menyediakan tools yang mendukung pebisnis dalam melakukan aktivitas TikTok marketing. Namun, ada tools TikTok marketing yang punya fitur analisa yang jauh lebih lengkap, yakni Kalodata.

Kalodata sendiri merupakan tools yang dapat menyediakan analisa data dan membantu pengembangan bisnis di TikTok Shop. Kalodata telah terbukti meningkatkan efisiensi akun TikTok dengan menyediakan berbagai analisa data mulai dari iklan video populer, strategi live streaming, mencari affiliate untuk produk, analisa kompetitor sampai analisa produk populer.

7 Fitur Utama Tools Kalodata

tools tiktok marketing

1. Analisa Produk Terbaik

Hal mendasar dari penjualan online adalah melakukan riset produk. Yup, di setiap marketplace punya produk terbaiknya masing-masing. Karena itu, mengetahui produk terbaik di TikTok Shop adalah hal yang sangat penting. 

Nah fitur Katadata yang pertama adalah Analisa Produk. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan riset produk terlaris, harga, fitur dan metode pejualan.

2. Analisa Toko

Fitur berikutnya adalah analisa toko. Lewat fitur ini, pengguna dapat mempelajari mengenai produk terlaris sampai strategi brand dan konten yang dibuat oleh sebuah toko.

Fitur ini dapat melakukan filter toko berdasarkan harga produk, tipe seller, trend GMV sampai waktu live streaming. Dengan menggunakan akun ini, pengguna dapat membuat strategi penjualan di TikTok yang lebih matang.

3. Analisa Ads

Iklan atau ads memainkan peran fundamental dalam TikTok marketing. Kendati demikian, kita nggak bisa memasang ads secara sembarangan. Dengan tools Kalodata yang memiliki fitur Analisa Ads, maka pekerjaan ads akan lebih mudah. 

Sebab, fitur ini dapat mengintip budget iklan video, memahami konten dan live streaming ads agar pengguna dapat melakukan optimasi pada strategi iklan.

4. Analisa & Strategi Live Streaming

Hari ini, live streaming menjadi salah satu tonggak utama dalam penjualan lewat TikTok Shop. Karena itu, optimalisasi live streaming ini menjadi sangat penting. Hal yang menjadi menarik kemudian adalah tools Kalodata memiliki fitur Analisa Livestream yang memungkinkan pengguna melihat analisa mendalam mengenai informasi ruang live streaming yang dapat menghasilkan GMV tinggi.

5. Analisa Video Pendek Populer

6. Analisa Kreator

Selain seller, hari ini TikTok menjadi tempat bagi para affiliate. Selain menguntungkan content creator, affiliate marketing ini juga punya potensi yang besar bagi brand maupun MCN (Multi-Channel Network) yang menaungi para affiliate. Dengan fitur Analisa Creator, pengguna dapat terbantu untuk menemukan affiliator potensial yang membantu peningkatan penjualan.

7. Analisa Kategori

Sama seperti namanya, analisa kategori sendiri merupakan fitur yang memungkinkan penggua untuk mencari kategori yang memiliki perkembangan pesat dengan tingkat persaingan yang kecil. 

Beberapa variabel yang dapat dilihat mulai dari GMV tiap negara, interval transaksi, tingkat pertumbuhan transaksi, proporsi dari top 10 toko dan berbagai hal lain. Singkatnya, fitur ini dapat memberikan dukungan data yang kuat untuk keputusan bisnis.

Nah itulah penjelasan mengenai TikTok marketing beserta TikTok analytics tools terbaik yang dapat digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk periksa dan coba gunakan Kalodata untuk meningkatkan penjualan di TikTok Shop.

You may also like

Leave a Comment