Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula, Ikutin Strategi ini Yuk~

by Husna Rahman
cara jualan di tiktok shop untuk pemula

Hari ini, sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memiliki akses pada internet. Karena itu, semakin banyak e-commerce yang bermunculan dan membuka kesempatan untuk para pebisnis baru. TikTok Shop merupakan salah satunya. Sebagai penjual yang mungkin baru terjun di TikTok Shop,penting rasanya bagi Sobat MEA mengetahui bagaimana cara jualan di TikTok Shop untuk pemula.

Nggak hanya akan membahas cara dan langkah-langkahnya, kita juga akan membahas bagaimana tips dan trik yang bisa Sobat MEA praktekan saat berjualan lewat TikTok Shop sebagai pemula. Nah berikut ini penjelasan selengkapnya. Check this out~

Table of Contents

Apa itu TikTok Shop?

Mau jualan di TikTok Shop tapi bingung mulai dari mana?
Yuk belajar bersama seller lainnya di Komunitas Seller TikTok Shop MEA!

Pertama, sebelum membahas cara jualan di TikTok Shop untuk pemula, ada baiknya kita mengenal TikTok Shop terlebih dahulu.

TikTok Shop adalah menjadi salah satu platform yang memiliki sarana jual beli yang dihubungkan dengan aplikasi TikTok. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjual dan membeli berbagai produk secara langsung di aplikasi TikTok.

Yup, TikTok Shop memudahkan pengguna yang sedang mencari produk unik, seperti fashion, kosmetik, elektronik, dan lainnya melalui konten video pendek yang ditonton. 

Melalui konsep yang inovatifnya, TikTok Shop memudahkan penjual untuk terhubung langsung dengan pembeli secara interaktif dan menarik. Pembeli dapat melihat produk dalam video TikTok dari penjual dan bertanya langsung mengenai produk tersebut. 

Inilah yang kemudian menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih dinamis. Nggak hanya itu, TikTok Shop menjadi wadah alternatif bagi para UMKM yang ingin memasarkan produk atau jasa secara online

8 Tips Jualan di TikTok Shop Untuk Pemula

Setelah mengetahui apa itu TikTok Shop, kini Sobat MEA bisa mulai mengatur strategi untuk berjualan dan mendapatkan penghasilan di TikTok. Nah, berikut ini adalah tips berjualan di TikTok Shop untuk pemula yang perlu Sobat MEA lakukan, antara lain:

1. Daftar Akun TikTok Shop

  1. Kunjungi laman TikTok Seller Center di sini
  2. Selanjutnya, daftarkan akun jualan Sobat MEA dengan klik tombol Sign Up. Sobat MEA bisa mendaftar dengan nomor telepon atau email.
  3. Selain itu, Sobat MEA juga bisa mendaftar akun dengan akun TikTok biasa secara langsung dengan cara klik bagian Sign Up With TikTok Account.
  4. Selanjutnya, ikuti instruksi dan arahan dari halaman TikTok Shop.
  5. Setelah itu, Sobat MEA bisa mulai mengisi formulir yang berkaitan dengan bisnis atau toko yang Sobat MEA miliki.
  6. Isi alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Mulai dari alamat toko, telepon dan email yang aktif.
  7. Isi informasi produk dan toko. Mulai dari nama toko, jenis bisnis dan keterangan produk.
  8. Isi registrasi bisnis untuk mendapat verifikasi TikTok. Sobat MEA juga harus ngisi rekening bank toko online kamu.
  9. Selanjutnya, tunggu konfirmasi dari pihak TikTok Shop.
  10. Proses pendaftaran sebagai TikTok Shop seller sudah selesai!

2. Siapkan Profil Bisnis yang Menarik

Mau dapat komisi ekstra dari TikTok Affiliate?
Yuk langsung gabung aja di MCN TikTok MEA sekarang juga!

Jika Sobat MEA sudah memiliki akun TikTok Shop yang terdaftar, Sobat MEA dapat lanjut ke tahap menyesuaikan profil bisnis yang menarik di mata audiens. 

Profil bisnis ini memuat identitas atau informasi lainnya yang berhubungan dengan bisnis yang Sobat MEA jalankan. Untuk membuat profil bisnis yang menarik dan profesional, silakan Sobat MEA ikuti tips-tips berikut ini, antara lain:

  1. Upload gambar atau logo bisnis yang berkualitas.
  2. Masukkan deskripsi singkat yang menggambarkan bisnis secara menarik. 
  3. Bila perlu, tambahkan link eksternal di bio TikTok yang mengarahkan pengunjung ke situs web bisnis agar lebih profesional. 

Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA sudah memasukkan informasi bisnis dengan benar-benar akurat dan terpercaya. Ini penting untuk meyakinkan pengunjung untuk melakukan pembelian di TikTok Shop yang Sobat MEA miliki.

3. Buatlah Deskripsi Produk yang Jelas

Di TikTok Shop, ada dua kunci sukses pemasaran bisnis yang perlu diketahui. Pertama, pastikan untuk menambahkan deskripsi produk menggunakan copywriting yang menarik. Kedua, pastikan foto menggunakan foto produk yang menarik dan sesuai. 

4. Pahami Target Konsumen

Selanjutnya, pastikan Sobat MEA telah memiliki target konsumen yang jelas untuk menentukan siapa yang akan membeli produkmu. Karena produk yang unggul saja nggak cukup. 

Hal ini mencakup apakah Sobat MEA ingin menyasar ke kalangan millennial, ibu rumah tangga, atau orang dewasaSobat MEA perlu menganalisa target konsumen ini. Karena hal ini akan mempengaruhi bagaimana strategi yang harus Sobat MEA gunakan dalam memasarkan produk yang dijual. 

Misalnya, Sobat MEA menjual produk fashion modern, tentunya Sobat MEA harus menyasar target konsumen berupa milenial muda. Nantinya Sobat MEA juga perlu menyesuaikan konten marketing yang relevan dengan kalangan tersebut.

Jika Sobat MEA nggak paham siapa target konsumen yang dituju, Sobat MEA nggak bisa memahami konten apa yang cocok untuk dibagikan ke akun TikTok Shop. Dengan demikian, strategi pemasaran di TikTok nggak akan efektif. 

5. Ciptakan Konten yang Menarik

Kemudian hal yang paling penting dalam berjualan di TikTok adalah membuat konten yang menarik. Memang konten jualan itu sangat sulit untuk menembus FYP. Karena itu, Sobat MEA harus membuat konten kreatif dengan konsep soft selling. Gunakan CTA sebaik mungkin dalam setiap konten. 

Sobat MEA bisa membuat konten mengenai perkenalan produk, sistem penjual, pengemasan sampai membuat konten drama yang menghadirkan produk Sobat MEA. Iya, TikTok membebaskan para seller untuk membuat konten sekreatif mungkin tanpa melewati panduan komunitas yang berlaku.

6. Manfaatkan Fitur Live TikTok

Untuk memaksimalkan penjualan di TikTok Shop, Sobat MEA juga harus pandai dalam memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Salah satu fitur perlu Sobat MEA gunakan adalah live streaming TikTokLive TikTok adalah fitur siaran langsung di TikTok yang memungkinkan pengguna untuk berjualan dan berinteraksi secara langsung dengan audiens. 

Jika Sobat MEA tertarik untuk memanfaatkan live TikTok untuk berjualan, sebaiknya ikuti tips-tips live streaming TikTok yang sukses berikut ini:

Meskipun live TikTok sangat populer dan kerap digunakan oleh pebisnis untuk berjualan, pastikan Sobat MEA telah mempersiapkan dan ekseskusi secara matang agar lebih efektif. 

7. Bekerjasama dengan TikTok Affiliate

Perlu diketahui, TikTok juga memiliki program affiliate marketing bernama TikTok Affiliate yang memungkinkan penjual dapat berkolaborasi dengan content creator dalam penjualan produk. 

TikTok Affiliate dapat membantumu berjualan di TikTok lebih mudah melalui content creator yang sesuai dengan jenis produk yang Sobat MEA jual. Kemudian mereka akan membantumu untuk mempromosikan produk-produk tersebut.

Nggak hanya itu, content creator TikTok yang terdaftar sebagai affiliate marketer ini akan menaruh produk yang Sobat MEA tawarkan ke dalam keranjang kuning yang mereka dan audiens bisa langsung mengekliknya dan melakukan pembelian secara langsung. Hal ini tentu saja dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih luas dan berpotensi meningkatkan penjualan secara pesat. 

Hanya saja, untuk bergabung dalam program TikTok Affiliate, ada syarat-syarat tertentu yang perlu dipenuhi, seperti akun TikTok telah mendapatkan minimal 50 video view dalam 28 hari terakhir.

8. Promosikan Melalui TikTok Ads

Selain itu, TikTok juga memiliki fitur TikTok Ads yang memungkinkan pebisnis untuk menjalankan iklan berbayar dengan tujuan menyebarkan produk secara lebih luas. 

Dalam hal ini, Sobat MEA perlu menentukan target audiens secara spesifik berdasarkan lokasi, minat, dan rentan usia. Buatlah video yang interaktif dan dapat menarik perhatian audiens TikTok, lalu arahkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Setelah memasang iklan di TikTok, Sobat MEA dapat mengakses fitur analitik untuk memantau performa iklan. Ini penting untuk membuat promosi lebih efektif dan tepat sasaran.

Sehingga itulah mengapa TikTok Ads dapat Sobat MEA manfaatkan sebagai alat yang tepat untuk meningkatkan penjualan secara cepat melalui penargetan audiens yang relevan dan tepat sasaran.

Nah itulah langkah-langkah mengenai cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang bisa diterapkan. Gimana menurut Sobat MEA? Nggak susah kan? Semoga saja artikel ini membantu Sobat MEA yang ingin memulai jualan lewat TikTok Shop.

You may also like

1 comment

Cara Lacak Paket TikTok. Mudah, Praktis dan Nggak Ribet. Gini Loh~ Desember 20, 2022 - 2:57 pm

[…] melakukan pelacakan secara langsung, Sobat MEA juga bisa melakukan pelacakan dengan cara cek resi TikTok Shop setelah dibayar untuk dikirim. Sobat MEA bisa mengetahui posisi paket lebih tepat karena bisa […]

Reply

Leave a Comment