Cara Pasang Iklan di TikTok Untuk Pemula. Wajib Tahu Nih!

pilar TikTok selling

Saat ini, TikTok menjadi salah satu platform paling digandrungi oleh warganet Indonesia. Dengan 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, Nggak mengherankan rasanya jika TikTok mempersilahkan dan memberikan layanan  berupa cara pasang iklan di TikTok bagi para pebisnis menggunakan TikTok Ads 

Terlebih TikTok juga semakin populer lantaran inovasinya yang terus berkembang. Kini TikTok meluncurkan format video pendek terbaru yang memungkinkan pengguna membagikan konten berdurasi 6-10 menit. Sehingga nggak heran juga jika TikTok semakin dianggap menguntungkan untuk berbisnis. 

Dengan begitu, ini tentunya semakin memudahkanmu untuk memaksimalkan pemasaran melalui video pendek di TikTok. Sobat MEA dapat menyampaikan informasi yang lebih lengkap berupa iklan produk yang panjang layaknya iklan profesional. 

Hanya saja, sama seperti memasang iklan-iklan di berbagai platform digital lain, tentu saja ada cara-cara yang harus diikuti oleh Sobat MEA yang mungkin ingin menjadikan promosi produk melalui TikTok Ads dapat menaikan penjualan produk. Emang bagaimana sih cara pasang iklan di TikTok beserta pendaftarannya?

Table of Contents

Apa itu TikTok Ads?

Mau belajar lebih dalam tentang TikTok Ads bareng ahli dan praktisi?
Yuk masuk Grup WA TikTok Komunitas MEA GRATIS

Sebelum jauh membahas cara memasang iklan di TikTok, ada baiknya Sobat MEA mengetahui lebih dahulu apa itu TikTok Ads. Singkatnya, TikTok Ads adalah sebuah perangkat yang menyediakan fitur-fitur untuk beriklan di TikTok.

Melansir laman resmi TikTok, TikTok Ads menjadi tools yang dapat digunakan untuk para pengiklan yang ingin mendapat perhatian dari para pengguna TikTok di seluruh dunia. Tentu saja, tools ini akan sangat membantu Sobat MEA yang ingin meningkatkan brand awareness sampai konversi dan penjualan produk di tokonya.

Menariknya, TikTok Ads juga memiliki pilihan budget iklan yang dapat disesuaikan. Sehingga berapa pun budget yang Sobat MEA miliki, Sobat MEA dapat memanfaatkan fitur “Customs Audience” dan “Lookalike Audience” untuk menjangkau audiens baru dengan audiens serupa yang sudah ada sebelumnya. 

5 Cara Pasang Iklan di TikTok dengan Efektif

Saatnya gampang dapet sampel gratis TikTok Affiliate!
Yuk gabung ke MCN TikTok MEA sekarang juga!

Terus, bagaimana sih cara pasang TikTok Ads yang baik dan benar? Apakah ada syarat-syarat tertentu untuk memasang iklan di platform konten video pendek satu ini? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan cara pasang iklan di TikTok dengan efektif ini!

1. Buat Akun TikTok Ads

Pertama, Sobat MEA tentu saja harus mempunyai akun TikTok Ads terlebih dahulu. Sobat MEA bisa membuat akun baru menggunakan nomor handphone dan email. 

Selain itu, Sobat MEA juga bisa membuat akun TikTok Ads menggunakan akun TikTok biasa . Untuk membuat akunnya, Sobat MEA bisa masuk ke situs TikTok Ads atau klik di sini. Nah untuk menggunakan Dashborad berikut ini cara mendaftar untuk pasang iklan di TikTok;

  1. Pertama buka laman website TikTok Ads Manager atau TikTok For Business
  2. Selanjutnya klik tombol Get Started
  3. Selanjutnya, buat akun dengan pilih tombol Sign Up
  4. Terakhir, isi semua informasi yang diminta dalam laman Register

2. Mulai Buat Campaign

Jika sudah login, Sobat MEA akan masuk dalam tampilan dashboard. Dalam laman tersebut, ada beragam menu yang tersedia. Untuk membuat iklan pertama, Sobat MEA tinggal memilih bagian Campaign yang ada di bagian pojok kanan atas lalu pilih Create.

Setelah itu, Sobat MEA harus membuat tujuan campaign iklan. Sobat MEA bisa memilih untuk tujuan beriklan dari mulai meningkatkan engagement ratetraffic, konversi, meningkatkan jumlah pengunduh aplikasi atau app install, dan juga video views.

3. Detil Iklan Mengatur Placement, Detail, Target

cara pasang iklan di tiktok

Selanjutnya ada tiga opsi yang harus diisi. Sobat MEA bisa mulai masuk dashboard situs TikTok Ads detail dan target iklan. Pada tahap ini, Sobat MEA bisa menentukan penempatan dan target pasar untuk menjangkau user.

Detil yang harus kamu isi antara lain tampilan, gambar, kategori, deskripsi dan lain sebagainya. Sementara untuk target pasar, Sobat MEA bisa pilih tujuan target lewat umur, minat, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Selain itu, pada bagian ini juga Sobat MEA harus memasukan semua detail untuk mulai menjalankan iklan. Termasuk memasukan URL atau link website atau toko online Sobat MEA. Selanjutnya ada detil nama tampilan, gambar dan kategori yang relevan. Sobat MEA bisa memilih sampai 20 kata kunci.

4. Anggaran dan Jadwal Iklan

Terakhir, Sobat MEA bisa menentukan jadwal sampai anggaran yang akan Sobat MEA keluarkan. Pada tahap ini, Sobat MEA wajib untuk menetapkan waktu memasang iklan. Apakah selama satu minggu, di waktu-waktu tertentu atau hanya sehari saja. 

Setelah itu, Sobat MEA tinggal mengatur budget sesuai kebutuhan dan menunggu persetujuan dari TikTok. Sobat MEA bahkan bisa memilih anggaran no limit di bagian bawah.

5. Menentukan Format dan Desain Iklan

Tahap terakhir cara pasang iklan di TikTok adalah menentukan format dan memilih desain iklan yang tepat. Ada beberapa format yang bisa Sobat MEA buat. Misalnya menggunakan format iklan sampai ukuran video horizontal, vertikal atau persegi.

Sobat MEA bisa mengaturnya dengan tools Video Creation Kit. Fitur-fitur dalam tools ini ada beragam. Mulai dari template video dan gambar yang bisa Sobat MEA pakai sampai 300 lebih pilihan background gratis.

Jika sudah mengikuti 5 langkah di atas, Sobat MEA tinggal menunggu persetujuan dari pihak TikTok untuk menjalankan iklan. Jika memang lolos, maka kampanye iklan mulai berjalan dan Sobat MEA bisa memantau kinerja iklan lewat dashboard TikTok Ads.

Nah itu dia cara mudah pasang iklan di TikTok untuk bisnis Sobat MEA. Nggak susah kan? Semoga saja Sobat MEA bisa terbantu untuk belajar memasang iklan lewat platform TikTok ini.

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.