Ingin Makin Cuan? Gunakan 5 Ide Konten Jualan di TikTok Ini! Auto Laris~

ide konten jualan di tiktok

Setiap pebisnis pasti ingin bisnisnya cepat viral dan berkembang pesat. Konten jualan di sosial media tentunya ingin selalu ramai. Tapi kadang malah kalah saing dengan akun-akun receh. Ini artinya Sobat MEA butuh ide konten jualan di TikTok yang baru dan fresh.

Mengapa demikian? Ide konten berpengaruh besar terhadap perkembangan akun, loh. Terutama akun bisnis. Sobat MEA tidak bisa upload konten yang asal-asalan. Tentunya, konten TikTok harus dapat menyampaikan pesan atau tujuan dari konten yang dibuat. 

Hanya saja banyaknya video yang bertebaran di FYP TikTok, membuat Sobat MEA kadang bingung mengenai konten yang cocok untuk bisnismu. Atau mungkin Sobat MEA bingung mengapa konten masih saja sepi penonton padahal upload konten sudah berhari-hari.

Table of Contents

Perbedaan Konten Biasa dan Konten Jualan TikTok

Mau belajar jualan di TikTok dari 0 sampai bisa?
Yuk langsung aja gabung ke komunitas seller TikTok sekarang juga. GRATIS!

Emang ada perbedaan antara konten jualan dengan konten biasa? Dari namanya saja tentu ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Sama seperti namanya, konten jualan memang ditujukan untuk berjualan produk atau jasa. Jenis konten jualan juga umumnya digunakan sebagai bahan iklan.

Konten TikTok Biasa

Konten biasa adalah video pendek TikTok yang dibuat dengan tujuan menghibur. Tentu saja, konten-konten ini juga bertujuan untuk masuk ke FYP dan menjangkau sebanyak-banyaknya audiens. Umumnya konten ini dibuat para content creator TikTok dengan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari menghibur, mengedukasi sampai memberi informasi.

Konten Jualan TikTok

Sama seperti namanya, konten ini dibuat dengan tujuan untuk berjualan Umumnya, konten ini adalah bentuk promosi, penawaran atau bahkan brand awareness tertentu untuk sejumlah audiens. Konten jualan TikTok juga bisa Sobat MEA gunakan sebagai bahan iklan di berbagai platform. Konten jualan ini biasanya dibuat oleh seller di TikTok Shop atau para creator TikTok Affiliate.

5 Ide Konten TikTok untuk Bisnis Terbaru

Saatnya tingkatkan penghasilan TikTok Shop kamu sekarang juga!
Yuk mulai kerja sama bareng tim kelola TikTok Shop MEA sekarang juga!

Meski berjudul ide konten jualan di TikTok, bukan berarti konten yang sudah Sobat MEA posting itu salah. Bisa jadi kurang sesuai niche market atau kurang relevan dengan produkmu. Maka mungkin Sobat MEA perlu mulai menggunakan beberapa ide konten jualan di TikTok untuk bisnismu berikut ini:

1. Kisah Sukses

Sobat MEA tentu pernah mendengar bahwa konsumen juga bisa terpengaruh secara emosional, dan story telling terbukti mampu menstimulasi emosi konsumen sampai bertransaksi. Dalam hal ini, Sobat MEA menggunakan Kisah Sukses sebagai konten promosi. 

Nah, Sobat MEA bisa banget membuat video tentang perjalanan bisnis yang pernah dialami. Bisa Sobat MEA mulai dari saat awal membangun bisnis hingga berada di titik sekarang. 

Dalam videonya, Sobat MEA bisa menggunakan foto atau video yang terkait dengan bisnis. Lalu ceritakan apa yang Sobat MEA lakukan dan alami. Jangan salah konten ini bukan meratapi nasib, melainkan sebuah trik menarik perhatian konsumen, loh. 

2. Review Tempat Usaha

Ide konten selanjutnya yang patut Sobat MEA buat adalah review tempat usaha. Sobat MEA bisa membuat video dengan memperlihatkan sekitaran tempat usaha, mulai dari bagian produksi, pengemasan, pengiriman, dll.

Dengan menunjukkan tempat usaha, secara tidak langsung, Sobat MEA mempromosikan tempat usaha selama video diputar. Maka kemaslah semenarik mungkin. Buatlah konsep dan alur cerita yang menarik agar penonton tidak bosan saat menontonnya. 

3. Video Tutorial

Meski sudah banyak yang membuat konten ini, nyatanya tutorial masih menjadi konten promosi yang sangat efektifUsahakan Sobat MEA membuat video tutorial yang lebih menarik dari video-video lainnya. Pastikan tutorialnya yang berkaitan dengan produk yang dijual dan belum pernah dibuat sebelumnya agar dapat menarik lebih banyak penonton. 

4. Proses Pengemasan atau Unboxing

Mau tingkatkan omzet TikTok Shop kamu sekarang juga?
Saatnya gunakan jasa kelola TikTok MEA Digital Marketing

Ide selanjutnya yang bisa Sobat MEA gunakan adalah konten saat mengemas produk atau membuka produk yang biasa orang-orang sebut dengan unboxing. Padukan dengan suara ASMR dari proses tersebut agar penonton lebih menikmati video tersebut. 

Tapi sebelumnya, pastikan Sobat MEA sudah menggunakan pengemasan yang bagus pada produk jualanmu. Dengan begitu, penonton bukan hanya menikmati video, bisa jadi langsung tertarik untuk membeli karena pengemasan produkmu. 

5. Video Katalog

Nah, jika dulu pengunjung hanya menemukan katalog dalam bentuk kumpulan foto di buku atau etalase, kini pengunjung bisa menemukannya dalam bentuk video. Lebih efisien, bukan? Nah, Sobat MEA bisa gunakan konsep ini untuk konten promosi. 

Hal ini ampuh membuat katalog toko sekaligus akun TikTokmu menjadi lebih hidup. Karena konsumen yang sedang mencari produk hanya perlu menonton kontenmu. 

Untuk membuatnya, bisa sesuaikan dengan produk. Misalnya fashion, Sobat MEA bisa banget membuat video pergantian outfit yang Sobat MEA jual. Jangan lupa tambahkan teks mengenai produk seperti kelebihan dan varian yang Sobat MEA miliki.

5 Tips dan Trik Membuat Konten Jualan di TikTok

Setelah mengetahui beberapa ide konten jualan di TikTok, kami juga akan membagikan beberapa tips dan trik dalam membuat dan memaksimalkan sebuah konten jualan di TikTok. Dari pada berlama-lama lagi, yuk langsung simak aja penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Menentukan Ide Konten

Tips pertama dan wajib banget Sobat MEA lakukan adalah menentukan ide konten. Sobat MEA harus peka dengan apa yang sedang trending. Selain itu, Sobat MEA juga harus memperluas referensi. 

Semakin banyak referensi, akan semakin banyak juga ide yang bisa Sobat MEA dapatkan dan buat. Oiya, Sobat MEA juga bisa mendapatkan dan menentukan ide konten untuk Sobat MEA buat. Nah berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Menjelaskan permasalahan dan isu-isu terkini atau memberi solusi pada pembeli.
  2. Buat konten behind the scene. Orang Indonesia suka pada proses pembuatan konten
  3. Membuat konten trivia produk yang informatif dan juga menjual
  4. Buat konten tips dan trik yang umum namun tetap relevan dengan produk Sobat MEA.

2. Wajib Membuat Script Video

Banyak content creator atau juga seller TikTok yang masih meremehkan sebuah script video. Padahal, script video untuk TikTok adalah hal yang sangat penting dan menentukan kualiatas sebuah konten. 

Pada dasarnya script adalah panduan untuk membuat konten. Dengan adanya script, Sobat MEA akan lebih mudah saat membuat konten, mengedit dan melakukan revisi. Sobat MEA juga nggak akan banyak melakukan improvisasi.

3. Gunakan Peralatan yang Proper

Selanjutnya ada kamera dan mikrofon atau hal-hal teknis yang harus Sobat MEA pikirkan. Untuk membuat konten yang berkualitas, Sobat MEA perlu kamera dan mikrofon untuk menangkap gambar dan suara. 

Meski begitu, Sobat MEA nggak memerlukan kamera dan mikrofon yang terlalu mahal. Sobat MEA bisa menggunakan kamera handphone dan mikrofon tambahan dan jangan lupa untuk mengatur lokasi pembuatan konten.

4. Gunakan Aplikasi Editing yang Mudah Digunakan

Saat ini ada banyak aplikasi edit video gratis di hp. Selain bisa mengedit langsung lewat TikTok, Sobat MEA juga bisa memanfaatkan beragam aplikasi edit video untuk membantu mengedit video, filter dan hal-hal teknis lain. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Sobat MEA gunakan

  1. CapCut.
  2. Adobe Premiere Plus.
  3. FilmoraGo.
  4. Kinemaster.
  5. dan masih banyak lainnya.

5. Atur Teknis Video Sebelum Upload

Salah satu hal terpenting dalam membuat konten jualan di TikTok adalah mengatur teknis video sebelum mulai upload. Seperti kita ketahui, ada banyak hal yang harus kita atur sebelum mulai posting video TikTok. Mulai dari hashtag, caption, deksripsi, teks, efek, sound dan masih banyak hal lain. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Sobat MEA perhatikan:

  • Tulis semua deskripsi dan juga keunggulan produk pada caption.
  • Gunakan hashtag yang relevan dengan kata kunci produk dengan volume pencarian yang tinggi.
  • Gunakan sound komersial.
  •  Munculkan produk menggunakan keranjang kuning TikTok.

Sekian 5 ide konten jualan di TikTok yang fresh dan bisa Sobat MEA gunakan untuk promosi. Tapi ingat, konten saja tidak cukup. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan menarik, ya. Karena sangat berpengaruh pada keputusan pembeli. Semangat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.