Ini Format Ukuran Video TikTok Paling Ideal. TikTokers Wajib Tahu!

format ukuran video tiktok

Aplikasi TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling digandrungi masyarakat hari ini. Karena punya jumlah pengguna yang tinggi, banyak konten kreator pemula yang mencoba peruntungan. Sayangnya, nggak sedikit konten kreator muda yang nggak tahu format ukuran video TikTok yang ideal.

Sama seperti di platform-platform video pada umumnya, TikTok juga punya format ukuran video yang ideal yang ditampilkan pada news feed miliknya. Meski begitu, TikTok nggak mewajibkan atau menentukan format-format video tertentu. Nah untuk Sobat MEA yang mungkin ingin mengidealkan konten-konten TikTok, Simak!

Resolusi Video TikTok

Banyak orang yang udah tahu format video TikTok yang paling ideal

Yuk dapetin pelajarannya cuman di Grup Creator TikTok MEA GRATIS!

Sobat MEA pasti pernah mendengar istilah resolusi video. Hal ini sangat penting terutama untuk para pembuat konten, TikTok aflliate maupun mereka yang punya TikTok Shop. Semakin meningkatnya pengguna, TikTok kini sudah menerapkan standar resolusi video yakni High Definition (HD) alias 1080p.

Tentu saja resolusi video yang besar ini akan membuat penonton nyaman. Jadi Sobat MEA lebih baik mengupload konten dengan resolusi yang tinggi. 

Cara mengupload video resolusi tinggi juga mudah. Sobat MEA hanya perlu klik opsi More Options kemudian klik Upload HD pada menu Upload. Soal pengeditan, Sobat MEA bisa menggunakan aplikasi apapun sesuai

Ukuran Video TikTok Paling Ideal

ukuran video tiktok

Jika Sobat MEA ingin menjadi seorang konten kreator TikTok, sudah saatnya untuk membuat sebuah video in yang memiliki kualitas agar terlihat lebih profesional. Untuk itu, ada banyak hal yang mesti Sobat MEA perhatikan.

Singkatnya, ada format video TikTok yang ideal agar bisa dinikmati banyak orang. Jangan sampai video yang sudah Sobat MEA buat dan persiapkan justru kurang maksimal hanya karena format yang kurang ideal. Untuk itu, yuk simak aja langsung format-format selengkapnya di bawah ini!

Ukuran File Format Video TikTok

Pertama ada ukuran file format video. Video yang Sobat MEA punya ukuran maksimal. Untuk iOS, Video nggak boleh lebih dari 287,6 MB sementara untuk Android 72 MB. Jika lebih dari itu, lebih baik Sobat MEA kompres video terlebih dahulu. Khusus untuk file video iklan, video boleh sampai ukuran 500 MB

Orientasi

Saatnya kamu dapat endorse dari konten TikTok

Yuk ketahui rahasianya lewat Kelas Top Creator TikTok MEA!

Kedua ada orientasi. Singkatnya, orientasi adalah format video paling ideal untuk para user. Karena TikTok lebih sering digunakan di ponsel, Sobat MEA lebih baik membuat video vertikal. Yup, Sobat MEA harus mengikuti ukuran layar dari smartphone semua user. Kendati begitu, TikTok juga nggak melarang video horizontal.

Dimensi

Kemudian ada bagian dimensi terbaik adalah 1080 x 1920. Yup dimensi video TikTok Sobat MEA harus punya dimensi 1080 x 1920 agar lebih HD dan jelas. Dengan dimensi video TikTok yang ideal, penonton akan betah untuk menonton konten Sobat MEA sampai habis.

Rasio Aspek

Mau cepat berkembang di TikTok

Cobain pakai Robotok aja!

Lalu ada rasio aspek. Rasio Aspek sendiri merupakan format untuk menyesuaikan dengan layar ponsel. Karena itu, Sobat MEA harus menyesuaikan aspek rasio seperti layar smartphone yakni 9:16. Rasio 1:1 juga boleh hanya saja nggak akan tampil penuh dalam satu layar.

Jenis File

Terakhir adalah jenis file. Sama seperti di Instagram atau YouTube, TikTok juga mendukung beberapa format yakni .mp4 dan .mov. Sementara untuk video iklan, TikTok juga mendukung format .avi dan .gif.

Durasi Video TikTok Paling Ideal

Terkenal sebagai aplikasi video pendek, sekarang TikTok sudah memiliki durasi video yang lebih lama. Format durasi ini mulai dari 15 detik sampai 3 menit. Nah, untuk pemula alangkah lebih baik membuat konten 15 detik saja.

Jika memang sudah memiliki audiens dan followers, maka nggak salah untuk Sobat MEA mengupload konten video yang durasinya bisa lebih dari 60 detik.

Tapi sebelum menentukan durasi video TikTok, harap perhatikan perhatian pendek pengguna. Kehadiran berbagai pilihan konten dalam waktu singkat membuat pengguna lebih cenderung untuk melompat dari satu video ke video lainnya dengan cepat. 

Menurut penelitian, perhatian manusia dapat memudar dalam waktu kurang dari 8 detik. Oleh karena itu, membuat kesan pertama yang kuat dalam waktu singkat adalah kunci keberhasilan konten TikTok.

Gunakan juga narasi yang padat dan efisien agar penonton memahami inti pesan atau cerita yang ingin disampaikan dalam waktu singkat. Hindari penggunaan kata yang berlebihan dan fokuslah pada esensi cerita untuk menjaga minat penonton.

Nah itu dia Ukuran video untuk TikTok yang paling ideal. Gimana menurut Sobat MEA? Apakah Sobat MEA siap untuk jadi konten kreator TikTok profesional ?

You May Also Like

About the Author: Husna Rahman

Husna Rahman telah menekuni dunia SEO selama 4 tahun. Husna Rahman pernah bekerja di beberapa media online seperti Hipwee dan Radar Bandung sebagai SEO Content Writer. Kini, Husna Rahman berposisi sebagai SEO Specialist di MEA Digital Marketing dan Popstation.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.