Cara Sematkan Komentar di TikTok, Mengganti, Hingga Membatalkannya. Mudah!

cara sematkan komentar di tiktok

Sebagai pengguna TikTok yang aktif, pasti Sobat MEA tahu jika kita bisa mendapatkan like dan komen dari pengguna lain yang melihat unggahan kota. Bahkan komentar yang kita dapatkan dari penonton ini bisa kita sematkan dengan mudah. Bagi yang belum tahu caranya, di artikel ini, MiMe akan membagikan cara sematkan komentar di TikTok. 

Cara sematkan komentar di TikTok ini biasanya dilakukan untuk memilih komentar terbaik dan untuk ditempatkan pada posisi teratas. Hal ini bisa Sobat MEA lakukan menggunakan fitur yang bernama pin atau sematan, di mana pengguna dapat membuat komentar dapat dibaca pertama kali karena komentar inilah yang muncul di bagian paling atas. Tidak hanya itu, Sobat MEA juga bisa membatalkan penyematan komentar tersebut. 

Table of Contents

Gabung Komunitas Kreator TikTok MEA!
Untuk mengetahui lebih banyak tips n trick menarik lainnya dalam bermain TikTok, full bimbingan, full support, 100% GRATIS!!!

Sobat MEA tentu setuju, bahwa engagement sangatlah penting bagi akun TikTok agar dapat berkembang. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam buku Analisis Manual Data Kualitatif Dampak FYP TikTok pada Pemasaran Digital, yang di susun oleh Chusnul Rofiah, Rica Sanpuspita Rahayu (2022:32). 

Dikutip dari buku tersebut, interaksi berupa saling berbalas komentar pada video akan menaikkan engagement suatu konten. Semakin tinggi engagement, akan berbanding lurus dengan jumlah likes, komentar, dan jangkauan konten video tersebut.

Tidak hanya itu, pin komentar TikTok juga memberikan keuntungan tersendiri, yaitu Sobat MEA dapat menjaga akun senantiasa memiliki citra atau image yang baik. Dengan pin komentar postitif, maka komentar kebencian atau negatif akan berada di urutan bawah dan tidak langsung terbaca. Hal ini tentu akan membawa pengaruh positif dalam menggunakan media sosial.

Itulah mengapa cara sematkan komentar di TikTok banyak dilakukan karena hal ini menjadi salah satu untuk meningkatkan engagement konten. Namun sebelum Sobat MEA melakukan cara pin komentar di TikTok, ada 2 hal yang harus Sobat MEA perhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  • Sobat MEA hanya bisa menyematkan satu komentar dalam satu waktu. Jika ingin pin komentar TikTok yang lain, maka pin komentar sebelumnya akan tergantikan.
  • Sobat MEA hanya dapat menyematkan komentar sendiri atau orang lain pada konten video. Jadi tidak bisa menyematkan lebih dari satu komentar TikTok.

Lalu, bagaimana cara sematkan komentar di TikTok? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Menyematkan Komentar di Video TikTok dan Membatalkannya

Umumnya, menyematkan memiliki istilah “pinned”, inilah mengapa menyematkan komentar di TikTok juga disebut dengan pin komentar TikTok. Adapun cara pin komentar sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan oleh pengguna pemula sekalipun. 

Perlu diingat bahwa ketika Sobat MEA menyematkan komentar, maka komentar tersebut akan menjadi komentar yang pertama kali dilihat oleh orang lain yang menonton video tersebut. Dengan kata lain, komentar yang disematkan akan selalu berada di bagian atas. 

Menyematkan komentar juga bisanya berlaku untuk komentar yang mengandung informasi yang pengguna lain butuhkan. Atau bisa juga untuk komentar terbaik yang mendapatkan banyak tanggapan. Sobat MEA juga dapat mengganti komentar, karena membatalkannya sama mudahnya dengan cara sematkan komentar di TikTok.

Langkah-Langkah Cara Pin Komentar di TikTok

Dilansir dari laman resmi TikTok, berikut langkah-langkah cara menyematkan komentar di TikTok, mengganti, maupun membatalkan sematan komentar yang ada pada video TikTok:

  1. Buka aplikasi TikTok di HP Sobat MEA. Lalu masuk ke akun jika belum login.
  2. Pilih menu Profil yang ada di sebelah kanan bawah, dan pilih video dengan komentar akan Sobat MEA sematkan. 
  3. Klik kolom Komentar.
  4. Pilih komentar yang akan Sobat MEA sematkan.
  5. Tekan dan tahan komentar tersebut, lalu klik Sematkan komentar.
  6. Jika ingin membatalkan pin komentar, klik Batalkan Sematan Komentar.
  7. Untuk mengganti pin komentar TikTok, klik Sematkan dan Ganti.
  8. Selesai! Pin akan otomatis terpasang ataupun terlepas pada komentar sesuai perintah yang Sobat MEA berikan. 

Langkah-langkah tersebut di atas bisa Sobat MEA terapkan pada komentar sendiri maupun komentar dari pengguna lain. Untuk cara menyematkan komentar sendiri di TikTok, Sobat MEA hanya perlu meninggalkan komentar pada unggahan sendiri, kemudian lanjutkan langkah-langkah di atas. Mudah sekali, bukan?

Itulah cara sematkan komentar di TikTok yang bisa Sobat MEA coba. Semoga informasi ini dapat Sobat MEA gunakan sebaik mungkin untuk berbagi informasi maupun meningkatkan engagement untuk akun yang Sobat MEA jalankan. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.