6 Cara Menggunakan Fitur TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan

cara menggunakan fitur tiktok shop untuk meningkatkan penjualan

Sobat MEA tentu menyadari bahwa TikTok telah mengalami perkembangan yang luar biasa pesatnya. Bahkan semakin banyak saja pengguna TikTok Shop yang berlomba-lomba meningkatkan penjualan bisnisnya. Hal ini tentu tidak lepas dari berbagai fiturnya. Oleh karenanya, penting bagi seller TikTok untuk memahami cara menggunakan fitur TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan.

Seperti yang kita ketahui, TikTok Shop adalah social commerce yang memberikan kesempatan bagi penjual untuk memasarkan produk dan layanan melalui aplikasi TikTok. 

Cara Menggunakan fitur TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan

buku tiktok shop

Menariknya, TikTok Shop menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk meningkatkan penjualan melalui konten-konten kreatif yang dibuat sesuka hati. Fitur-fitur tersebut tentu saja bisa digunakan untuk seller yang ingin performa toko lebih maksimal seperti TikTok Live Shopping, TikTok Ads, TikTok Cart, dan masih banyak lagi. 

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan dengan efektif? Merangkum dari buku 0-1 Juta Dollar dalam 6 Bulan di TikTok Shop yang ditulis oleh Yohan Agustian, ada 6 cara yang bisa dan perlu Sobat MEA lakukan, antara lain:

1. Riset Produk Melalui Pencarian

Cara menggunakan fitur TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan yang pertama, pastikan Sobat MEA sudah mengetahui produk yang akan dijual. Pastikan Sobat MEA memilih produk yang laris di TikTok. Untuk hal ini, Sobat MEA bisa mencari tahu produk terlaris dengan mengetikkan kata kuncinya pada menu Pencarian. Di sana, Sobat MEA bisa melihat produk-produk terlaris hingga jumlah produk yang terjual. 

Selain itu, Sobat MEA juga perlu memetakan siapa saja yang akan menjadi kompetitor. Hal ini bisa Sobat MEA mulai dengan membuat list 10 toko kompetitor yang paling berat dan perhatikan apa saja yang menjadi kelebihan-kelebihan mereka.

Untuk mengetahuinya, Sobat MEA bisa mengecek ulasan atau review yang mereka dapatkan mulai dari bintang 1, 2, 3, hingga 5. Dari sana, Sobat MEA bisa mendapatkan insight mengenai apa saja yang konsumen inginkan terkait kualitas dan pelayanannya.

2. Buatlah Konten yang Menarik

Sobat MEA juga tentu saja perlu membuat konten yang menarik. Bukan hanya itu, pastikan konten yang dibuat sesuai dengan target pasar yang dituju, bukan hanya yang Sobat MEA sukai ataupun konten yang baik menurutmu saja. 

Artinya, Sobat MEA perlu membuat konten yang dapat menghubungkan antara produkmu dan audiensmu. Dalam hal ini, pastikan Sobat MEA sudah melakukan riset mengenai konten yang sedang tren hingga konten yang sedang disukai oleh audiens. Pastikan konten ini masih relevan dengan produk yang dijual. 

3. Kolaborasi dengan Influencer

Mau tahu cara jualan di sosial media yang baik dan benar?
Yuk diskusi bareng seller sosial media berpengalaman di Komunitas Seller Sosmed MEA sekarang juga!

Pernah dengar istilah influencer marketing? Nah, ini merupakan metode pemasaran yang sedang booming di pasaran. Pasalnya Sobat MEA bisa lebih mudah mempengaruhi audiens untuk membeli produkmu melalui influencer yang terkenal. 

Untuk hal ini, Sobat MEA bisa melakukannya melalui TikTok Agency atau MCN (Multi-Channel Network) TikTok. Di sana, ada berbagai jenis influencer yang bisa dipilih sesuai kebutuhan bisnismu.

Atau Sobat MEA juga bisa memanfaatkan TikTok Affiliate yang bisa mempromosikan produkmu kepada audiensnya. Jangan salah, program ini juga marak dimanfaatkan oleh pengguna TikTok. Kemudian komisi untuk mereka hanya akan dipotong dari penjualanmu. Jadi, Sobat MEA bisa menawarkan kerja sama afiliasi dengan mereka secara menguntungkan. 

4. Melakukan Live TikTok

Akhir-akhir ini semakin banyak juga seller yang melakukan live streaming di TikTok untuk mendapatkan hasil penjualan yang luar biasa. Bahkan ada juga yang mencapai rekor live miliaran!

Nah, inilah saatnya Sobat MEA juga perlu melakukan live streaming di TikTok. Tapi jangan hanya siaran, Sobat MEA juga perlu membawakan promosi produk selama siaran berlangsung. Selain itu, Sobat MEA juga perlu memahami waktu terbaik untuk live serta bagaimana pricing strategy yang akan dibawakan. Ini penting agar live TikTok yang dilakukan tidak berujung sia-sia. 

5. Maksimalkan TikTok Ads

Temukan TikTok Partner Terbaik untuk Promosi di MCN TikTok MEA
Cukup hanya bergabung dan berkonsultasi di program ini! Kamu juga berkesempatan dapat insight menarik lainnya~

Jaman sekarang bukan hanya iklan konvensional yang bisa diterapkan, TikTok juga memiliki fitur TikTok Ads untuk menghasilkan penjualan yang lebih maksimal. Karena itu, Sobat MEA harus punya akun TikTok Ads terlebih dahulu.

Pastikan Sobat MEA terapkan strategi pasang iklan di TikTok yang tepat untuk mencegahmu dari kemungkinan boncos yang bisa terjadi. Dalam hal ini, pastinya Sobat MEA perlu memahami konten yang works, waktu terbaik untuk menampilkan iklan, strategi penawaran yang berhasil, dan berbagai hal lainnya. 

Bahkan Sobat MEA juga perlu sabar dan konsisten untuk melihat hasilnya. Jika hari pertama dirasa hasilnya kurang, bisa jadi hari ketiga dan seterusnya makin bagus dan winning. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi setelah memasang iklan di TikTok.

6. Shopping Cart Optimization

Pada pertengahan 2023, TikTok telah mengembangkan fitur terbaru bernama TikTok Cart Optimization dimana dapat menjadi strategi untuk membuat produkmu muncul di halaman pertama ketika pengguna TikTok mencari produk di TikTok Shop. 

Untuk hal ini, pastikan Sobat MEA memahami kata kunci yang perlu digunakan pada produkmu dan postingan videomu. Pastikan Sobat MEA juga memahami dan menerapkan keyword yang sering dicari di TikTok. Untuk memudahkanmu, pastikan Sobat MEA juga memahami SEO di TikTok dan cara optimasinya.

Perlu diketahui, Shopping Cart ini berhubungan dengan konten dan live streaming. Itulah mengapa keduanya perlu dibuat semenarik mungkin karena ini dapat meningkatkan jumlah klik pada produk yang Sobat MEA jual. Semakin sering produk diklik, semakin besar potensi produkmu muncul di tab Shop dan halaman “You May Also Like“. 

Demikian 6 cara menggunakan fitur TikTok Shop untuk meningkatkan penjualan yang patut dilakukan. Sehingga Sobat MEA tidak perlu galau lagi tentang bagaimana memaksimalkan penjualan di TikTok Shop. Semoga artikel ini dapat membantu, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Viki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.